Ketua DPR Puan Maharani Bantu Anak Yatim Piatu yang Ditinggal Orangtua Akibat Covid-19

Oleh : Herry Barus | Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:00 WIB

Ketua DPR Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Vino bocah berusia 10 tahun harus berjuang lepas dari belenggu virus Covid-19 walaupun harus kehilangan kedua orangtuanya akibat Covid-19. Orangtua Vino, lina Safitri (31) dan Kino Raharjo (31) meninggal di sebuah fasilitas kesehatan, Rumah Sakit Insan Sendawar, Kutai Barat. Buah hati satu-satunya, Vino juga terpapar namun tidak bergejala, sehingga Vino menjalani isolasi mandiri di rumah.

Melihat kegetiran Vino membuat rakyat Indonesia menaruh empati. Beragam bantuan diberikan kepada Vino. Tak ketinggalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Indonesia itu memberikan bantuan dan sepeda kepada Vino.

Bantuan dan sepeda tersebut disalurkan melalui jajaran TNI-Polri di Kubar. Vino menjadi yatim piatu usai orangtua, yakni ibunya Lina Safitri dan ayahnya Kino Raharjo yang berprofesi sebagai penjual pentol keliling meninggal akibat terpapar Covid-19.

Kini Vino mendapat perhatian dari berbagai kalangan, termasuk orang nomor satu di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa dana yang ditransfer langsung ke rekening Vino dan sebuah sepeda yang disalurkan melalui Kapolres Kutai Barat, AKBP Irwan Yuli Prasetyo.

“Kemarin Pak Presiden sudah mentransfer ke rekening dik Vino, untuk besarannya pihak keluarga yang tahu. Yang terpenting Bapak Presiden apresiasi dan atensi ke adik kita Vino,” ucap AKBP Irwan, seperti diinformasikan sekertariat PIS, Rabu (4/8/2021)

Selain itu, Penggalangan Donasi dari Karang Taruna Margo Mulyo juga menggalang dana untuk Vino, Mistari Ketua dari penggalangan tersebut mengatakan bantuan tersebut terkumpul hanya delapan hari sejak 20 Juli hingga 28 Juli 2021.

Bantuan tersebut sudah diserahkan oleh tim dan diterima langsung oleh keluarga Vino yakni Mbah Yatin, nenek Vino dari Sragen, Jawa Tengah yang datang langsung ke Kampung Linggang Purworejo, Kutai Barat, Kaltim menjemput Vino untuk pulang ke Sragen, Minggu (1/8/2021).

"Donasi yang terkumpul melalui rekening atas nama Karang Taruna Margo Mulyo berjumlah Rp 234.040.028. Sudah kami serahkan langsung ke nenek Vino," ungkap Mistari.

Tak hanya itu, Bupati Kutai Barat FX Yapan, juga memberikan bantuan secara pribadi dan bantuan pendampingan kepada Vino melalui Dinas Kesehatan, Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Kutai Barat, dan pendampingan dari psikolog.

Bupati FX Yapan berniat mengadopsi Vino yang kini menjadi yatim piatu gara-gara pandemi COVID-19. Yapan prihatin atas apa yang menimpa satu keluarga itu.

"Saya prihatin atas kejadian ini dan saya sudah mengirim orang untuk menemui keluarga anak ini dan meminta langsung kepada mereka agar Vino bisa tinggal bersama kami di Kubar," kata FX Yapan kepada media di kantor Bupati Kubar.

 

Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan bantuan kepada anak yang ditinggal oleh orangtua akibat Covid-19. Bantuan Puan untuk Vino dan Rahmad Dian Agasta serta Heenglay Onglay (Lim), dua anak Sragen yang bernasib sama, diserahkan melalui Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka dan disaksikan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

"Kami diutus oleh Ibu Puan Maharani untuk menyerahkan langsung bantuan ini kepada Vino, Rahmad dan Lim," kata Diah Pitaloka.

Bantuan dari Puan untuk Vino, Rahmad, dan Lim ini berupa biaya pendidikan dan peralatan sekolah, seperti sepatu dan tas.

"Ibu Puan menitip pesan bahwa sebagai seorang ibu, beliau bisa merasakan apa yang Vino dan kawan-kawan rasakan. Ibu Puan juga berpesan agar Vino dan kawan-kawan tetap terus semangat belajar untuk mengejar cita-cita," kata Diah Pitaloka menahan haru.

Selain itu, Diah Pitaloka menyampaikan pesan Puan kepada pemangku kebijakan setempat agar dalam situasi pandemi seperti ini, negara harus hadir menjawab segala kebutuhan anak-anak yang yatim-piatu karena COVID-19.

Sebelumnya, Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat realisasi belanja anggaran penanganan Covid-19. Belanja tersebut salah satunya harus dipergunakan untuk perlindungan anak-anak Indonesia yang terdampak pandemi.

"Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling rentan dalam pandemi ini. Mulai dari mereka yang terinfeksi langsung, ditinggal wafat orangtua, sampai mereka yang belajarnya terganggu karena pandemi," kata Puan.

Oleh karena itu, Puan menyebut pemerintah harus memberi perhatian khusus terhadap anak-anak yang terdampak Covid-19. Salah satunya beasiswa sekolah bagi anak yang orangtuanya meninggal karena Covid-19.

"Perlindungan itu bisa dalam bentuk bantuan alat belajar online, santunan atau beasiswa bagi anak-anak yang ditinggal wafat orangtua mereka. Terlebih jika orangtua mereka adalah salah satu tenaga kesehatan yang gugur karena berjuang di garda terdepan menghadapi pandemi ini," jelas Puan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…