Pandemi Percepat Transformasi Digital dan Membawa Perubahan Interaksi Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Agustus 2021 - 22:30 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Menurut data We Are Social tahun 2021, sebanyak 174,5 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet. Dari total 272,1 juta keseluruhan penduduk, di antaranya 160 juta menggunakan media sosial.

Berbeda dengan zaman analog di mana untuk melakukan sambungan telepon luar kota dan dalam negeri saja ketika itu sangat mahal, kini dengan adanya teknologi internet semua menjadi lebih mudah dan murah. 

"Ada perubahan interaksi sosial yang nyata, apalagi pandemi semuanya untuk meeting tidak bisa offline jadi melalui ruang virtual. Dari zaman internet ini kita juga menemukan ada banyak platform yang muncul untuk edukasi, entertaint seperti musik, film kita bisa akses semua. Kita tidak bisa ke bioskop tapi bisa mengakses berbagai platform film streaming atau musik streaming," kata Dee Rahma, seorang Digital Marketing Specialist yang menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menurut Dee, pandemi dan keberadaan teknologi ini merupakan salah satu transformasi digital Indonesia yang mengalami percepatan akselerasi selama pandemi, sehingga merevolusi cara masyarakat berinteraksi sosial. 

Transformasi digital di era industri 4.0 tidak hanya dari sisi sosial saja, industri pabrik sudah mengalami otomatisasi dengan teknologi robot agar lebih efisien memproduksi  dan mendistribusikan barang menggunakan cloud technology, big data, virtual assistant 24 jam. 

Hal tersebut merupakan perubahan besar, di mana pada abad ke-18 saat industri 1.0 masih menggunakan tenaga uap, kemudian menjadi elektrik di abad ke-19 atau industri 2.0, di abad ke-20 yaitu insutri 3.0 mulai menggunakan IT, kemudian sekarang semakin matang abad ke-21 industry 4.0 punya teknologi yang lebih pintar dengan loT, cloud techology dan big data.
 
"Fenomena revolusi masif perubahan interaksi di era digital kita sudah harus menggunakan internet di setiap aspek kehidupan kita. Bahkan dari transaksi digital, ketika di rumah harus belanja online, pakai e-banking, e-money, juga interaksi sosial secara virtual dan telemedicine," jelas Dee.

Fenomena revolusi masif perubahan interaksi sosial juga terjadi pada dunia pendidikan di mana internet juga digunakan untuk belajar online baik sekolah, kuliah, dan kursus. Bekerja pun saat ini dilakukan secara remote dan tidak wajib setiap hari pergi ke kantor. Dengan begitu wifi pun sudah menjadi kebutuhan pokok. 

Dengan segala perubahan yang terjadi ini, perlu adanya perubahan mindset untuk menyambut sekaligus adaptif terhadap budaya digital. Informasi yang semakin terbuka membuat setiap orang harus menyaring segala sesuatunya sebelum menyebarkan.

Rajin adaptasi menambah skill  baru sesuai kebutuhan industri era digital dan berfikir lebih kritis terhadap apa yang bisa dilakukan agar lebih produktif dengan adanya budaya digital baru tersebut. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Nikita Dompas, Producer & Music Director dan Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…