Akhirnya, Jokowi Sampaikan Kabar yang Ditunggu-tunggu Jutaan Masyarakat Indonesia: PPKM Level 4 Diperpanjang sampai 9 Agustus

Oleh : Candra Mata | Senin, 02 Agustus 2021 - 20:10 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan bahwa Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang diberlakukan oleh Pemerintah sejak tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan kebijakan sebelumnya. 

Hal tersebut menurutnya baik dalam hal kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan hingga persentase BOR.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, maka pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang untuk sebagian daerah di Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021, untuk sebagian kabupaten/kota," kata Jokowi dari keterangan di YouTube Sekretariat Presiden, pada Senin malam (2/8/2021).

Menurutnya, pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat disesuaikan dengan kondisi di masing-masing daerah.

"Hal-hal teknis selengkapnya dijelaskan menko dan menteri terkait," ujarnya.

Kemudian, untuk mengurangi beban masyarakat akibat berbagai pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi, menurut Jokowi, pemerintah akan terus menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak PPKM.

"Pemerintah tetap mendorong percepatan dalam penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat. PKH, BST, dan BLT desa. Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan dan program banpres produktif sudah mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli lalu," ujarnya.

Adapun terkait kebijakan penanganan pandemi Covid-19, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan bertumpu pada tiga pilar utama. 

Yang pertama adalah kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi.

Yang kedua, penerapan 3M yang masih di seluruh komponen masyarakat. 

"Ketiga, kegiatan testing, tracing, isolasi dan treatment secara masif," ujarnya.

"Termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen," tandas Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Menjadi UKM Lean, Agile, dan Kreatif dengan Memanfaatkan Stay-at-Home Economy di Program Aksilerasi III

Berdasarkan data yang terbitkan Kemenkop UMK Republik Indonesia April 2021 lalu, ada lebih dari 64 juta UKM di Indonesia, yang berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas, 60% total investasi,…

Presiden Jokowi dan CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel Resmi Berdiri, CEO Krakatau International Port Optimis Industri Logam Nasional Dapat Terus Berjaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Pabrik yang dibangun…

Internet (Ist)

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

9 Tips Etika saat Berinteraksi di Ruang Digital

Internet sangat membantu kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Ilustrasi SPKLU

Rabu, 22 September 2021 - 13:33 WIB

Ini Tiga Skema Bisnis Infratruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatur tiga skema bisnis perizinan berusaha untuk Infrastruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).…