Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Era Digitalisasi
Ilustrasi Era Digitalisasi

INDUSTRY.co.id - Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan media digital ini sebagai kerumunan. 

Menurutnya, selaku pengguna kita harus mampu memilah, menyeleksi, serta menegaskan apa yang kita butuhkan dan kita cari. Sementara itu, kesulitannya adalah mengarahkan bagaimana kita di kerumunan tersebut.

"Setelah pandemi ini kita semakin merasakan bagaimana media digital ini menjadi sangat akrab. Ada grup Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Youtube. Kemudian, kita bisa melihat dari karakter kerumunan masing-masing ini," tutur Arief, selaku pembicara dalam Webinar Literasi Digital di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

"Bagaimana kemudian di kerumunan ini kita bisa membuat orang membaca konten kita. Kerumunan ini seringkali digunakan untuk hal negatif yang cepat meledak," tambahnya.

Arief mencontohkan, dalam  grup Relawan Jabar Baik di platform Whatsapp yang aktif di masa pandemi. Grup menjadi aktif karena menjadi relawan untuk membantu di wilayah Majalengka, menyediakan peralatan medis dan sebagainya.  Kemudian, ini juga disebar secara terus-menerus. Grup Whatsapp ini merupakan contoh sederhana dari respon di masa pandemi. Artinya, kesadaran teknis dan skill berjalan sesuai dengan semestinya.

Ia juga memaparkan program dari Jabar Baik, yaitu Hit&Run Free Food di mana pada program ini bekerja sama dengan rumah tuli untuk memasak makanan dan dibagikan kepada pasien covid yang sedang melakukan isolasi. Pergerakan ini pun dibawa hingga ke sebuah museum kontemporer di Korea Selatan untuk dipamerkan secara virtual.

"Jadi dari kerumunan grup yang sederhana ini, kemudian menjadi sebuah gerakan yang lama-lama bergulir dan membangun kesadaran-kesadaran baru. Saya kira ini bisa dilakukan oleh lebih banyak orang. Lalu, bagaimana kita memiliki kemampuan yang cakap di arena yang baru," jelasnya.

Adanya pandemi juga mempermudah kegiatan negosiasi virtual. Secara anggaran juga, kegiatan ini lebih memakan sedikit budget. Selain itu juga, mudahnya diplomasi digital untuk mencari kesepakatan secara budaya politik dan ekonomi.

Arief juga menyatakan, pandemi ini melatih kita untuk menuju kehidupan virtual di masa depan dan menjadi kebiasaan yang tidak bisa kita hindari. Akan tetapi, pandemi ini juga memperlambat roda pembangunan yang sifatnya aksi reaksi. Infrastruktrur yang sudah dibangun secara masif tidak bisa digunakan secara cepat karena adanya pembatasan. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah  Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021) juga menghadirkan pembicara, Ace Herdiana (Penggiat Komunitas), Shandy Susanto (Dosen Podomoro University), Fitria Angeliqa (Anggota Japelidi dan Dosen Universitas Pancasila), dan Lady Kjaernett.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.