Film Jadi Medium Komunikasi Budaya yang Efektif

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:15 WIB

Ilustrasi Perfilman (Ist)
Ilustrasi Perfilman (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyak sekali budaya yang berubah atau tiba-tiba muncul, termasuk cara baru untuk berinteraksi yang salah satunya dilakukan lewat film. Di satu sisi juga, banyak karya broadcast yang mengubah suatu negara. Film selalu erat dengan budaya.

Reza Hidayat, CEO OREIMA FILMS mengatakan terdapat hal fundamental dalam suatu karya film. Sebuah karya atau konten bisa viral umumnya harus personal, punya rasa, dan speak up. Penganalogian paling sederhana adalah ketika sebuah karya seperti dibuat untuk orang yang spesial valuenya akan baik dan positif. Kemudian, umut karya pada dunia digital akan panjang.

"Alangkah baiknya ketika membuat sebuah karya, postingan, atau engagement itu dilakukan dengan kualitas yang bisa dinikmati 15-20 tahun mendatang," ujar Reza saat menjadi pembicara di Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Pemaparan dari Reza, dalam pembuatan film, sponsor menjadi hal yang penting. Karena, sponsor bisa membuat daya jelajah dari konten dan karya menjadi jauh lebih luas. Misalnya, budaya nomor satu saat ini adalah kepo. Hal ini dibutuhkan sponsor karena bisa membuat sebuah karya menjadi mendunia.

Adanya pandemi yang telah berlangsung selama 1,5 tahun ini merubah kebiasaan masyarakat. Misalnya, cara berkomunikasi, bekerja, belajar, mendapatkan hiburan. Reza mengatakan, perubahan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi jauh lebih diperkuat lagi dengan adanya pandemi.

"Digital itu semakin memperkuat lagi sekarang. Platformnya juga banyak. Fundamental budaya digital ini sama seperti yang ada pada produk. Pertama, awarenessnya," paparnya.

Platformnya ada bermacam-macam, dalam dunia perfilman atau streaming, yang menguasai adalah Netflix dan Amazone Prime, serta Disney+. Di Indonesis sendiri terdapat beragam platform, seperti Viu, Iflix, Video, Mola TV, dan sebagainya. Misalnya, film Susi Susanti yang eksklusif berada pada platform Disney+. Dengan bentuk perjanjiannya eksklusif selama tiga tahun. 

Ia mengatakan, sekarang ini sebuah budaya benar-benar bisa didorong maju dan dipromosikan secara internasional. Oleh karena itu, budaya Indonesia pun bisa dibuat menjadi sebuah karya film. Menurutnya juga, milenials saat ini menjadi etalase untuk sebuah interaksi, serta bagaimana sekarang ini budaya dan image Indonesia berada di tangan mereka.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021) juga menghadirkan pembicara, Maria Natasya P. (Graphic Designer), Vivi Andriyani (Marcomm & Promotion Specialist), Mardiana R.L (Vice Principal in Kinderhouse Pre-School), dan Janna Soekasar Joesoef.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…