Begini Cara Menjadi Top of Mind Anak di Era Digital, Seperti Apa?

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:55 WIB

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)
Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pengasuhan anak di era digital berbeda dengan cara mengasuh sebelum hadirnya gadget dan internet. Hellen Citra Dewi, Psikolog dan Trainer SEJIWA menyampaikan saat ini ada banyak isu online pada anak.

Isu-isu tersebut di antaranya, online grooming, cyber bullying, hoaks, cyber crime, adiksi online games, dan adiksi pornografi. Isu-isu ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, sebagai orang dewasa pun masih banyak yang merasakan ini.

"Hal lain lagi yang dekat dengan diri kita, yaitu perilaku kita atau kebiasan kita sehari-hari di era digital. Dapat dilihat di gambar, di mana ada tiga orang yang sibuk dengan gadgetnya. Tidak ada lagi interaksi hangat atau sapaan," ujar Hellen selaku pembicara dalam Webinar Literasi Digital di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Gadget membuat tidak sedikit orang menjadi kurang peka terhadap keadaan sekitar. Pola perilku yang terjadi di dunia digital membuat kita terhanyut dari dunia nyata. Dengan berbagai macam isu online dan kebiasaan dalam dunia digital tersebut, apakah orang dewasa mampu membangun anak menjadi netizen unggul?

Netizen unggul adalah netizen yang cerdas, berkarakter, dan mandiri. Cerdas juga dapat dikatakan sebagai kemampuan memilah konten di dunia digital dan bertanggung jawab. 

Kemudian, mempunyai keterampilan yang baik dengan memanfaatkan teknologi digital secara cerdas dan bijak. Hellen mengatakan juga, netizen unggul harus memiliki social skills yang baik dan mampu berinteraksi, berempati, bertanggung jawab, disiplin, serta kebiasaan baik di dunia nyata maupun dunia digital.

"Kita hidup di era digital juga ada komunikasi di dalamnya. Untuk itu kita perlu menjadi orang yang punya komunikasi asertif. Asertif ini kita mampu menghargai, mendengarkan orang lain, serta mengutarakan pendapat kita dengan baik. Jangan juga menjadi orang pasif yang pasrah dan hanya ikut-ikut," jelasnya.

Hellen menyampaikan, dalam mendidik anak di era digital. Orang tua harus mampu menjadi top of mind bagi anak saat anak mengalami masalah. Orang tua  top of mind dapat dilakukan dengan menerapkan konsep FAB (fungky, asyik, dan bergaul). Konsep FAB ini menjadikan orang tua menyenangkan, mampu mendengarkan anak, serta terbuka dengan anak. Sering kali orang tua melupakan hal itu pada anak-anak mereka. 

Hellen memaparkan cara untuk menjadi orangtua top of mind di antaranya:

1. Cakap di dunia digital agar mendapat respect dari anak,
2. Memahami aturan-aturan di dunia digital serta konten postifi yang dapat dibagikan kepada anak,
3. Mencegah konten negatif untuk dikonsumsi anak dengan mendampingi anak secara bijak di dunia digital,
4. Memasang fitur kontrol orang tua di gadget anak, serta menjelaskan dan mendiskusikan bersama anak alasan-alasannya.

Penggunaan gadget pada anak memiliki tiga hal penting. Pertama, sreen time yakni durasi penggunaan gadget agar anak tidak kecanduan. Kedua, free screen zone, yaitu ruangan di mana tidak seorangpun boleh menggunakan gadget pribadi. Free zone ini juga harus diterapkan secara konsisten oleh orang tua sebagai contoh kepada anak. Ketiga, screen breaks, yakni waktu untuk istirahat dalam penggunaan gadget.

Menurut Hellen, orangtua jangan pernah membelikan anak gadget pribadi saat masih di bawah umur. Pinjamkan anak personal HP orang tua. Alasannya karena jika anak dibelikan gadget, maka akan menggunakan gadget itu semaunya tanpa batasan waktu dan adanya rasa memiliki hak atas gadget tersebut. 

Hindari memberikan gawai untuk menenangkan anak. Alihkan menjadi kegiatan positif dibandingkan menyediakan gawai saat anak sedang tantrum.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021) juga menghadirkan pembicara, Monica Eveline (Digital Strategist Diana Bakery), Vivi Andriyani (Marcomm & Promotion Specialist), Reza Hidayat (CEO OREIMA FILMS), dan Manda Utoyo.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…