Pentingnya Digital Skills, Tips Membuat Konten yang Menarik Auto Viral

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Juli 2021 - 13:45 WIB

Ilustrasi Mengupload Konten (Ist)
Ilustrasi Mengupload Konten (Ist)

INDUSTRY.co.id - Di era yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan saat ini kecakapan digital sangatlah diperlukan. Bukan hanya dari segi penggunaan teknologinya saja namun kecerdasan pengguna dalam memahami fungsi berikut etika di ruang digital.

"Banyak banget perubahan di era pandemi, kita semua semakin dipaksa untuk belajar menggunakan dan mengasah digital skills," ujar Whisnu Bakker, Head of Digital Marketing Paragon Pictures saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan digital skills bukan hanya meliputi keterampilan menggunakan komputer, mengakses internet, berkomunikasi 
menggunakan email, hingga transaksi keuangan secara online. Namun termasuk dalam menghandle informasi dan konten yang ada sebab setiap orang harus paham bahwa tidak semua di internet itu benar. 

Di samping itu memanfaatkan berbagai platform, saat ini internet sudah digunakan sebagai digital marketing untuk mengenalkan brand, produk maupun sebuah karya apakah film atau musik. Dia pun membagikan tentang tips dan trik membuat konten yang menarik.

Secara singkat, Whisnu membagikan poin-poin terkait memulai komunitas di sosial media dengan konten marketing, sebagai berikut:

1.Tentukan segmentasi
Untuk memulai sosial media awalnya tentukan dulu jenis segmentasi masyarakat dengan ruang lingkup spesifik. "Pertama tentukan passion masing-masing yang setiap hari kalian lakukan, merasa senang dan pede untuk membagikan hal tersebut," kata Whisnu. 

Dengan membuat content yang disukai atau berdasarkan passion ini, Anda bisa membuatnya dari kegiatan sehari-hari. Lalu ketika punya passion yang sama dengan followers kita akan lebih nyambung dengan mereka, sehingga komunikasinya lebih mudah. 

2.Tentukan platform social media
Setiap platform memiliki keunggulannya masing-masing. Segmentasi pengguna yang berbeda serta mengkonsumsi informasi yang berbeda.

Ada beberapa yang sedang populer di Indonesia, ada YouTube, Instagram, TikTok bisa disesuaikan dengan format. Bila formatnya panjang sebaiknya di YouTube, kalau pendek videonya bisa di TikTok. Lalu bisa tentukan juga dari jenjang usianya misal Instagram lebih banyak dipakai oleh usia 18-24 tahun, sementara Facebook 25-29 tahun. Setelah fokus di satu platform baru bisa mengembangkan.

3.Mengenal target followers
Mengenal apa kebutuhan dari target followes supaya ketahuan kapan merilis target konsumen. Sebagai contoh mengapa penting memastikan hal ini, agar bila target followers anak sekolah maka jangan merilis di saat jam sekolah.

4.Menentukan content strategy
Yaitu bagaimana cara agar orang suka dnegan content yang kita buat. Disebut content yang baik adalah memiliki 6 kriteria yaitu kontekstual, relatable, informatif, aktual, on-trend, serta interaktif yaitu terjadi komunikasi dua arah antara kita dengan followers sehingga bisa jadi ada diskusi dan sharing. Selain itu melihat algoritma di sosial media membuat postingan yang interaktif akan sangat bagus.

5.Tentukan Hastag

Tentukan #hastag yang sesuai dengan market atau juga bisa dengan ciptakan #hastag baru. Jangan lupa untuk jalin komunikasi dengan followers yang paling loyal. Jalin hubungan juga sebanyak-banyaknya dengan orang atau influencer lain. 

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Syarief Hidayatulloh, Digital Strategic Hello Monday Morning, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI, dan Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

JULO meluncurkan fitur lengkap kredit digital untuk dapat Hidupkan Hidupmu melalui stabilitas keuangan

Kamis, 23 September 2021 - 20:36 WIB

Dahsyat! Perusahaan Teknologi Karya Anak Bangsa Ini Ciptakan JULO, Kredit Digital Lengkapi Fitur Isi Pulsa Hingga Scan QRIS

JAKARTA- Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash.

Direktur Human Capital Pegadaian Ridwan Arbian Syah

Kamis, 23 September 2021 - 20:18 WIB

Paling Disasar Pencari Kerja, BUMN Pegadaian Beberkan Rahasia Kelola SDM sehingga Raih Berbagai Penghargaan

Jakarta- PT Pegadaian menorehkan prestasi menggembirakan di bidang sumber daya manusia pada ajang penghargaan regional dan nasional. Perseroan meraih penghargaan HR Asia Best Companies to Work…