Melihat Peluang Profesi Content Creator di Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Juli 2021 - 13:00 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi telah melahirkan banyak profesi baru seperti content creator, influencer, maupun YouTuber. Profesi pendukungnya seperti graphic desainer, fotografer dan editor pun ikut menjadi profesi penting yang berkaitan dengan digital, di mana visual dan video menjadi elemen penting untuk menyampaikan pesan dalam sebuah konten. 

"Media social specialist, big data analisis, dan content writer hari ini juga sangat dibutuhkan yang saya sebutkan ini influencer, YouTuber, dan content creator betul-betul sebuah industri, ekosistem dan profesi yang sangat luar biasa," ujar Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Sebagai content creator yang berkecimpung di industri pertunjukan, Dino Hamid mengemukakan tips dan trik kembuat konten menarik, di antaranya:

1.Buatlah konten berdasarkan ketertarikan dan hobi yang kalian sukai. Hal ini menjadi dasar seseorang membuat konten, karena kunci dari membuat konten harus konsisten jika hal itu merupakan hal yang disukai misalnya fotografi atau memasak maka ketika melakukannya setiap hari pun tidak akan masalah 
2.Lakukan riset kecil, bisa menggunakan Google Tren, Sportify, agar tahu tren saat ini berdasarkan riset yang Anda punya. 
3.Buatlah identitas yang kuat. Misalnya jika Anda menyukai foto maka buatlah segmen yang kuat. Sehinga akan mendapatkan pasar yang spesifik juga. 
4.Pastikan faktor Why. Kita harus benar-benar tahu mengapa calon penonton kita menonton tayangan konten yang kita buat atau tulisan yang kita buat di blog maupun mengapa followers harus tetap menjadi pengikut kita dan apa manfaatnya. 
5.Berikan nilai tambah dan konsep dan sisi unik konten.

Webinar Literasi Digital Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI dan Taufik Hidayat, Kepala UPT IT & Dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

JULO meluncurkan fitur lengkap kredit digital untuk dapat Hidupkan Hidupmu melalui stabilitas keuangan

Kamis, 23 September 2021 - 20:36 WIB

Dahsyat! Perusahaan Teknologi Karya Anak Bangsa Ini Ciptakan JULO, Kredit Digital Lengkapi Fitur Isi Pulsa Hingga Scan QRIS

JAKARTA- Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash.

Direktur Human Capital Pegadaian Ridwan Arbian Syah

Kamis, 23 September 2021 - 20:18 WIB

Paling Disasar Pencari Kerja, BUMN Pegadaian Beberkan Rahasia Kelola SDM sehingga Raih Berbagai Penghargaan

Jakarta- PT Pegadaian menorehkan prestasi menggembirakan di bidang sumber daya manusia pada ajang penghargaan regional dan nasional. Perseroan meraih penghargaan HR Asia Best Companies to Work…