Gelisah Hadapi Pandemi Iwan Fals Ajak Sandrayati Fay Bergoyang Dalam Lagu 16/01

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 31 Juli 2021 - 07:45 WIB

Iwan Fals dan Sandrayati Fey
Iwan Fals dan Sandrayati Fey

INDUSTRY.co.id - JAKARTA -- Pandemi yang belum usai, perang mungkin terjadi, adanya saling curiga, bahkan ketidakadilan begitu jelas di depan mata. Hal ini telah membuat musisi legendaris, Iwan Fals gelisah.  Dan untuk menutupi kegelisahan itu Iwan menyikapi dengan doa, rasa syukur dan hati yang gembira.

Dan sebagai musisi yang dulu dikenal dengan sebutan  penyanyi balada,  Iwan menuangkan doa, rasa syukur dan hati yang gembira itu lewat lagu berjudul 16/01. Ia mengajak penyanyi muda Sandrayati Fay untuk berduet dalam lagu ini. Lagu yang berdurasi hampir 8 menit ini bercerita tentang berbagai hal. Namun itu semua tercipta berdasarkan cinta.

Iwan Fals mengungkapkan, “Lagu 16/01 ini dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601. Beberapa kali dirubah judul, awalnya 1618 dari 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian menjadi 1610, sampai berapa kali ulang, akhirnya menjadi 1601.”

Iwan Fals bercerita tentang kolaborasinya dengan Sandrayati Fay, “Saya kenal Sandra sejak tahun 2016. Kolaborasi ini terbentuk berkat peran dari Cikal. Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif. Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan disana dan tetap menjaga tali silaturahmi.” ucap Iwan Fals.

Sandrayati Fay mengomentari duetnya dengan  Iwan Fals mengatakan merasa terharu sudah diajak kolaborasi di lagu ini. "Rasanya ini sangat relevan dengan keadaan sulit yang kita alami sekarang. Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang terus pegangan ke cinta kasih ini ke orang banyak. Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar. Saya selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup. Secara khusus, aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musik saya dan membantu perkembangan karirku sampai sekarang.”Katanya melalui jaringan zoom. 

Menurut Iwan Fals pesan yang disampaikan dalam lagu ini adalah Kita perlu mengisi waktu dengan produktif. "Dalam waktu itu ada persoalan adu domba, bukan domba yang di adu, tapi pikirannya sendiri. Masyarakat hidup sederhana, bekerja, lalu menyekolahkan anaknya. Tapi yang punya kepentingan hubungannya dengan rekayasa untuk keuntungan. Atau perlu gesekan supaya lebih cerdas, seperti guru di sekolah terhadap muridnya.”

Lagu 16/01 dari Iwan Fals feat. Sandrayati Fay rilis pada 30 Juli 2021 di seluruh platform musik digital. Untuk video klip resminya tayang pada 1 Agustus 2021 pukul 16:01 WIB di channel Youtube Musica Studio’s. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…