Bijaklah Saat Bertransaksi dengan Dompet Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 23 Juli 2021 - 19:20 WIB

Ilustrasi Transaksi Digital (Ist)
Ilustrasi Transaksi Digital (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat ingin bertransaksi secara digital pilih platform yang terdaftar di otoritas terkait yakni Kominfo, OJK dan lainnya. Untuk semua perusahaan teknologi yang beroperasi di Indonesia pastinya harus terdaftar di Kominfo.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) punya dua otoritas untuk keuangan capital market yaitu pasar modal juga non pasar modal serta satu lagi Satgas Waspada yang bekerjasama dengan polisi. Penggunaan dompet digital di zaman serba digital adalah sebuah keharusan. Dompet digital memudahkan kita melakukan pembayaran secara non tunai. 

"Tapi jangan lupa transaksi harus pintar dan bijak. Cara pintar maksudnya adalah kita bisa menggunakan promo yang platform berikan. Kita bisa membandingkan promo mana yang menguntungkan itu tidak masalah. Namun tentu harus bijak juga, apakah kita memang butuh belanja atau transaksi itu. Jadi seimbang antara pintar memilih promo dan tentu bijak sesuai dengan kebutuhan," ungkap Bowo Witjaksono Suhardjo, Konsultan Keuangan dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menurut Bowo, seperti pay later, sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Asal kita tetap pembayaran dengan tepat waktu. Malah justru akan membantu kita untuk mempunyai cash flow yang lebih rapi. Kita bisa membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Selama bertransaksi digital, jaga data pribadi dan privasi sebelum, saat, dan setelah transaksi. Sebelum transaksi ketika kita ingin memiliki akun, kita harus membuat username. Buat username yang unik dan mudah diingat, umumnya merupakan kombinasi huruf dan angka. Sebaiknya dilakukan perubahan secara berkala misal tiga bulan atau enam bulan sekali. Dibuat pola yang mirip dari beberapa akun yang dimiliki. 

"Untuk password minimal delapan digit gabungan huruf angka dan karakter. Huruf dibuat pola misalnya 4 digit pertama adalah 2 huruf kecil dan huruf kapital. Selanjutnya tiga digit berikutnya karakter dan tambahkan kode menunjukkan akun Anda acak namun berpola dan selalu berganti secara berkala. Jangan bagi username password OTP dan PIN kepada pihak lain," jelasnya.

OTP, one time password adalah sebuah kode otentifikasi klasifikasi yang biasanya dikirimkan lewat email atau SMS. Hal ini merupakan langkah tambahan dalam memperkuat otentifikasi atau klarifikasi ketika memasukkan username juga password. OTP diberlakukan di setiap aplikasi terumata dompet digital atau transaksi digital demi mencegah berbagai tindak kejahatan dan tindakan kriminal yang merugikan satu pihak

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKomInfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara, Dicky Renaldi (Kreator Siberkreasi), Leni Fitriani (RTIK Garut), Bambang Iman Santoso (Neuronesia Learning Center) dan Almira Yunita sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…