Digitalisasi yang Makin Berkembang, Masyarakat Rawan Terpapar Berita Hoax

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 21 Juli 2021 - 15:45 WIB

Ilustrasi Hoax (Ist)
Ilustrasi Hoax (Ist)

INDUSTRY.co.id - Di era teknologi dan internet yang serba ceoat sepeti sekarang setiap orang dengan mudah dan cepat mendapatkan begitu banyak informasi. Namun sayangnya tak semua informasi yang beredar benar, di antaranya terdapat hoaks atau berita bohong di masyarakat terutama sejak pandemi ada begitu banyak hoaks seputar isu kesehatan. 

Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menurunkan 1758 hoaks seputar vaksin yang tersebar di banyak platform. Paling banyak penyebaran hoaks terdapat di Facebook, twitter, YouTube, hingga TikTok. 

"Ancaman paling sering di era digital lainnya adalah hate comment, bahkan Microsoft mengeluarkan laporan tahunan terbaru yang antara lain mengukur tingkat kesopanan netizen atau pengguna internet dengan tajuk 2020 Digital Civility Index (DCI). Netizen Indonesia termasuk yang diteliti dan menempati ranking bawah yang merupakan tamparan keras bahwa interaksi sosial di era digital diwarnai dengan hal buruk," ujar Aisyah Kamalia, Jurnalis Detik.com saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
 
Resiko terbesar netizen Indonesia adalah paparan hoax dan penipuan naik sekitar 13 persen, ujaran kebencian naik 5 persen, namun kabar baiknya diskriminasi turun 2 persen. 

Namun Indonesia masuk dalam sepuluh besar negara paling dermawan, bahkan di e-commerce bisa dilakukan penyaluran dana dari netizen. Bahkan Tokopedia Salam selama Ramadan lalu melaporkan terjadi peningkatan zakat maal hingga tiga kali lipat yang jumlahnya mencapai lebih dari Rp3 miliar. 

"Interaksi sosial di dunia digital memang mengalami perubahan, tapi ini jadi pilihan kita semua. Mau digunakan untuk hal yang bermanfaat atau tidak," tutur Aisyah.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Fuza Subakti, seorang Agripreneur, Ari Farizal, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, dan Asep Hardiyanto, Dosen Fakultas Teknik UNIS. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…