Warga Singapura Boleh Makan Bersama Asalkan Sudah Vaksin Lengkap Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juli 2021 - 14:15 WIB

Marina Bay Sands, Singapura (Foto: www.visitsingapore.com)
Marina Bay Sands, Singapura (Foto: www.visitsingapore.com)

INDUSTRY.co.id - Karena kasus baru semakin meningkat, Singapura kini menerapkan kebijakan terbarunya yaitu terkait makan di restoran. Peraturan tersebut bagi masyarakat yang sepenuhnya sudah vaksin Covid-19 secara lengkap boleh bersantap bersama di restoran maksimal lima orang.

Dilansir dari laman cnbc, Kementerian Kesehatan Singapura dalam konverensi persnya pada Jumat (16/7/2021) mengatakan, aturan terbaru tersebut diterbitkan mulai 19 Juli 2021. Nantinya, gerai makanan dan minuman ini harus menerapkan kebijakan baru di mana pihaknya harus memeriksa status vaksinasi Covid-19 pelanggan mereka. 

Sementara, bagi pelanggan yang tidak divaksinasi harus mengikuti rapid test antigen untuk bergabung dalam kelompok tersebut untuk makan bersama. Hal ini dilakukan karena di dalam ruangan berisiko lebih tinggi adanya penyebaran Covid-19 ketika semua orang membuka masker, dan kebijakan berlaku mulai 19 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Sementara, anak-anak di bawah usia 12 tahun, yang belum dapat menerima vaksinasi, dapat bersantap bersama dengan anggota rumah mereka tanpa mengikuti tes Covid-19. Kelompok-kelompok ini juga dibatasi, maksimal hanya lima orang saja. 

Klub malam, bar, dan KTV atau lounge TV karaoke telah dilarang beroperasi di Singapura sejak tahun lalu karena pandemi virus Corona. Bisnis-bisnis ini dinilai berisiko tinggi karena kegiatan di tempat kadang-kadang melibatkan pelanggan bersosialisasi dengan dengan banyak orang dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pada konferensi pers virtual pada hari Jumat, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan kepada wartawan bahwa 73 persen dari populasi telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dan 45 persen sepenuhnya divaksinasi Covid-19.

"Berdasarkan hitungan vaksinasi, angka itu kemungkinan akan naik menjadi 50 persen pada minggu depan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…