Sudah dibuka untuk Wisatawan Asal Asia Selatan, Berikut Aturan Terbaru ke Maldives

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juli 2021 - 10:15 WIB

Club Med Finolhu di Maldives (Foto: clubmed.com.au)
Club Med Finolhu di Maldives (Foto: clubmed.com.au)

INDUSTRY.co.id - Maldives merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan wisatawan dari berbagai negara, tempatnya yang indah dan romantis membuat destinasi ini menjadi tempat favorit berbulan madu. Namun, semenjak pandemi pulau ini sepi pengunjung karena lonjakan kasus Covid-19 yang merajalela. 

Kini, Maladives dibuka kembali pada 15 Juli 2021 bagi wisatawan asal Asia Selatan. "Maladewa (Maldives) sekarang dibuka untuk wisatawan dari India. Negara kepulauan ini juga membuka kembali perbtasannya untuk negara-negata Asia Selatan mulai hari ini (15 Juli 2021)," kata Presiden Maldivian Ibrahim Mohamed Solih.

Dilansir dari laman Times of India, walaupun sudah dibuka untuk wisatawan protokol kesehatan yang sangat ketat juga diterapkan. Berikut apa saja yang perlu diketahui jika berkunjung ke Maldives. 

Tes dan vaksinasi Covid-19

Mereka yang memiliki gejala akan diminta untuk menjalani tes PCR, dan akan dikirim ke tempat isolasi sampai hasilnya keluar. Semua wisatawan, yang sudah meneria kedua dosis vaksinasi Covid-19 akan diminta untuk memberikan laporan tes negatif PCR.

Protokol karantina dan aturan pengujian

Sampai sekarang, karantina wajib tidak diberlakukan. Mereka yang tiba dari India harus memberikan hasil laporan tes PCR negatif yang tidak lebih dari 96 jam sebelum tiba di negara itu. Sementara, untuk bayi di bawah usia satu tahun akan dibebaskan dari aturan ini. Sesuai laporan, pemegang visa tertentu (seperti mereka yang memegang visa kerja) akan dibebaskan dari persyaratan tes pra-kedatangan.

Selanjutnya, mereka yang tiba dari Maladewa ke India, juga perlu membawa tes PCR negatif yang telah dilakukan 72 jam sebelum naik pesawat. Untuk ini, pengunjung dapat menghubungi hotel mereka di Maladewa untuk memesan tes PCR mandiri, dan begitu mereka menerima hasil tes negatif mereka, itu akan diunggah di portal Air Suvidha. Mereka yang memberikan laporan tes PCR negatif tidak akan diwajibkan menjalani karantina.

Juga, mungkin ada pemeriksaan tes PCR acak di bandara, yang akan bersifat sukarela, dan biaya yang akan ditanggung oleh Pemerintah Maladewa.

Pedoman untuk wisatawan

Pengunjung yang tiba untuk berwisata harus memiliki reservasi yang dikonfirmasi di resor, dan tiket pulang. Sampai sekarang masa inap resor adalah wajib, karena tinggal di pulau itu belum diizinkan. Pengunjung jangka pendek harus memiliki sertifikat negatif PCR dalam bahasa Inggris yang telah diterbitkan tidak lebih dari 96 jam sebelum keberangkatan.

Selanjutnya, mereka yang bepergian dengan visa bisnis juga diharuskan memiliki sertifikat negatif PCR dalam bahasa Inggris, yang dikeluarkan tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Memakai masker wajah wajib dilakukan saat berada di tempat umum. Selain itu wisatawan juga akan diminta untuk mengunduh aplikasi pelacakan kontak Maladewa, TraceEkee, sebelum melakukan perjalanan ke Maladewa, dan menyerahkan Deklarasi Kesehatan di portal imigrasi Maladewa 24 jam sebelum kedatangan.

Visa

Sesuai laporan terbaru, Maladewa telah mulai mengeluarkan visa turis pada saat kedatangan, mulai dari 15 Juli hingga mereka yang bepergian dari Asia Selatan. Namun, mereka juga akan membutuhkan PCR negatif untuk memasuki Maladewa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…