Agustus, Pemerintah Akan Terapkan Uji KIR Kendaraan Pribadi

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 22 Mei 2017 - 18:07 WIB

Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)
Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mewajibkan seluruh kendaraan pribadi ikut KIR atau pengujian berkala kendaraan bermotor paling cepat dilaksanakan dalam tiga bulan ke depan. Saat ini, dengan mulai dilibatkannya pihak swasta Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), maka kedepannya seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan raya akan diwajibkan mengikuti pengujian KIR.

 "Yang akan datang iya, kendaraan pribadi wajib ikut KIR, karena semua yang menggunakan fasilitas publik (jalan raya) harus di KIR semua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Budi mengatakan saat ini pihaknya tengah memberikan waktu kepada pihak ATPM untuk berbenah dan mempersiapkan segala sarana dan prasarana, sistem, termasuk juga sumber daya manusia (SDM), sebelum nantinya pengujian berkala/KIR untuk kendaraan pribadi diwajibkan.

"Akan diberlakukan segera, 3-4 bulan kita akan laksanakan bersamaan dengan ini. Gaikindo juga kan jual mobil pribadi, saya pikir ada juga yang dipakai intensif itu wajib di KIR. Urgensinya adalah semuanya keselamatan," tuturnya.

Budi tak menampik  kewajiban kendaraan pribadi untuk mengikuti pengujian berkala/KIR itu berhubungan dengan diwajibkannya taksi berbasis online untuk mengikuti uji kelaikan dan uji berkala/KIR. Meski demikian, ditegaskan kembali bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Dengan adanya ini tentunya kita harapkan taksi online untuk menindaklanjuti, karena di Jakarta saja ada 45 (Bengkel swasta pengujian KIR), di tempat lain (seluruh Indonesia) ada 110 (bengkel). Barangkali dalam satu hari tambah dari 45, apalagi gratis 3 bulan ini, jadi taksi online gunakan kesempatan ini dengan baik," tukasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…