Cegah Penularan Varian Delta Covid-19, Spanyol dan Yunani Mula Lakukan Pembatasan Wilayah

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 16 Juli 2021 - 11:30 WIB

Kota Barcelona, Spanyol (Foto: Istimewa)
Kota Barcelona, Spanyol (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 varian Delta, Spanyol dan Yunani kini mulai memperketat pembatasan wilayah lokal. Jam malam pun telah diberlakukan kembali di lebih dari 30 kota Mediterania, termasuk Valencia yang terkenal dengan Sungai Turia dan Laut Mediterania.

Di wilayah Catalan, langkah untuk menutup bar pada pukul 12:30 pagi dan melarang makan dan minum di tempat umum sedang dipertimbangkan. 

Dilansir dari laman Travel and Leisure, menurut Dr. Rafael Bengoa, salah satu pendiri Institut Kesehatan dan Strategi Bilbao, mengatakan kepada layanan berita bahwa ia percaya negara itu sudah ahli dalam pelonggaran pembatasan dini.

Tingkat infeksi virus Corona di Spanyol meningkat tiga kali lipat dalam beberapa minggu terakhir. Pada Minggu 5 Juli, Spanyol melaporkan 120.351 kasus baru Covid-19, menurut data terbaru yang tersedia dari Organisasi Kesehatan Dunia, peningkatan lebih dari 82 persen dari minggu sebelumnya.

"Datanya lebih dari mengkhawatirkan, dan sangat buruk," kata sekretaris kesehatan masyarakat Catalonia Josep Maria Argimon baru-baru ini kepada wartawan di Barcelona.

Sementara itu, di Yunani upaya vaksinasi telah terhenti karena lonjakan kasus Covid-19. "Setelah satu setengah tahun, tidak ada yang bisa mengklaim ketidaktahuan tentang virus corona lagi," kata Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis.

Yunani melaporkan pada Minggu, 5 Juli hampir 12 ribu terinfeksi Covid-19. Menurut WHO, meningkat lebih dari 156 persen dari minggu sebelumnya. Namun, Mitsotakis menjelaskan bahwa Yunani tidak akan melakukan lockdown lagi.

"Negara tidak akan ditutup lagi karena sikap orang-orang tertentu. Bukan Yunani yang berbahaya, tapi orang Yunani yang tidak divaksinasi," jelasnya.

Menurut laporan Reuters, pemerintah Yunani mewajibkan pengunjung yang makan di bar, restoran, dan kafe harus memberikan bukti vaksinasi Covid-19. Sementara, warga yang ingin pergi ke klub malam dan teater juga perlu menunjukan kartu vaksinasi Covid-19. Wisatawan Inggris yang sepenuhnya divaksinasi yang melakukan perjalanan ke Spanyol dan Yunani tidak diberlakukan karantina mulai 19 Juli.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”