Sudah 1 Tahun ditutup, Gunung Fuji Akhirnya Kembali dibuka untuk Pendakian

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:30 WIB

Musim Gugur di Gunung Fuji (Foto:wallup.net)
Musim Gugur di Gunung Fuji (Foto:wallup.net)

INDUSTRY.co.id - Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi dan merupakan destinasi wisata paling ikonik di Jepang, bahkan menjadi gunung populer bagi para pendaki.

Terletak di pulau Honshu, Jepang, Gunung Fuji memiliki ketinggian 3.776 meter. Gunung Fuji menjadi salah satu gunung pilihan para pendaki. Tidak heran jika setiap musimnya gunung tersebut dikunjungi oleh pendaki dari berbagai negara. 

Tahun 2020, sayangnya Gunung Fuji terpaksa ditutup akibat pandemi Covid-19 yang melanda Jepang, bahkan dunia. Hal ini dilakukan oleh pemerintah agar mencegah penular dan penyebaran Covid-19 yang semakin parah. 

Dilansir dari laman Soranews24, kini Gunung Fuji kembali dibuka untuk para pendakian. Kebijakan ini dilakukan karena, pemerintah Jepang tengah menjalankan program vaksinasi kepada warganya. 

Pada hari Kamis, 1 Juli 2021 akhirnya, Gunung Fuji secara resmi dibuka di sisi Prefektur Yamanashi. Keputusan ini dilakukan agar para pendaki bisa mulai hiking pada saat musim panas saat ini.

Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus, ada beberapa persyarataan atau peraturan yang harus ditaati oleh para pendaki maupun wisatawan. Hal yang pertama, pendaki harus melakukan check-in di tempat parkir Fuji-Subaru Skyline kyline 5th Station. Di sana merupakan tempat mobil dan bus diberhentikan. 

Para pendaki harus mendaftarkan nama dengan staf administrasi, menjawab serangkaian pertanyaan tentang kondisi kesehatan fisik, dan pengecekan suhu. Lalu, jika semua sudah dicek, pendaki sudah bisa melanjutkan perjalanan. 

Aturan baru juga berlaku untuk Mountain Huts Gunung Fuji, sebuah pondok penginapan di mana pendaki bisa mendapatkan sesuatu untuk dimakan atau tempat beristirahat sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Tahun ini, aturan reservasi pemesanan akan menjadi persyaratan, dan pondok pengina[an hanya akan menerima setengah dari kapasitas pengunjung yang biasana. Pihaknya pun juga memasang partisi untuk membantu menjaga jarak, dan meningkatkan ventilasi interior. Musim pendakian Gunung Fuji dijadwalkan berlanjut hingga 10 September.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…