Usung Tema #KitaMenangBersama, Astec Bangun Industri Produk Olahraga Dalam Negeri yang Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Oleh : Ridwan | Rabu, 30 Juni 2021 - 22:26 WIB

Astec grand launching
Astec grand launching

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tingkat kesadaran masyarakat di tengah pandemi Covid-19 untuk melakukan kegiatan olahraga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Berangkat dari hal tersebut, Astec bermaksud memotivasi masyarakat Indonesia untuk berjuang bersama dalam menjaga kebugaran dan meraih tingkat kesehatan fisik yang terbaik tentunya secara individual dan mendapatkan kesehatan optimal.

Dengan mengangkat tema #KitaMenangBersama, Astec hadir sebagai merek asli Indonesia dengan kualitas internasional berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal. 

Selain itu, dengan ini Astec mengumumkan bahwa pihaknya selalu fokus dalam mengembangkan produk dan juga bisnis, untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Astec merupakan usaha rintisan pasangan legenda bulutangkis Indonesia peraih medali emas Olimpiade pada tahun 1992, yaitu Alan Budikusuma dan Susy Susanti. Tidak mau terlena dengan segala kejayaan masa lalunya di ajang profesional sebagai atlet bulutangkis, setelah memutuskan untuk pensiun, keduanya melanjutkan kiprah gemilang mereka di luar lapangan dengan meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Alan dan Susy menjalani bisnis yang akrab dengan dunia yang telah membawa namanya terkenal. Melalui merek peralatan olahraga bulutangkis Astec, keduanya membuktikan bahwa masa depan atlet setelah memasuki masa pensiun tetap bisa terjamin, sekaligus mampu berpartisipasi dalam mengembangkan olahraga yang sudah membesarkan namanya.

"Astec hadir memberikan semangat #KitaMenangBersama agar mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 serta kesibukan aktifitas sehari-hari," ujar Founder Astec, Alan Budikusuma saat konferensi pers secara virtual, Rabu (30/6/2021).

"Pada kesempatan ini, kami pun ingin membagikan pedoman hidup yang dijalani selama menjadi atlet hingga saat ini mengembangkan bisnis Astec, yakni setiap kesulitan dapat diatasi dengan tekad yang kuat dan kerja keras yang konsisten," tambahnya.

Penamaan merek Astec merupakan singkatan dari “Alan Susy Technology” yang sempat mengalami pasang surut di dunia usaha produsen alat olahraga, hingga pada pertengahan Mei 2018 Alan dan Susy bekerja sama dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), untuk mengembangkan produk dan juga bisnis secara pesat. Saat ini produk-produk merek Astec tengah menjajaki pengembangan bisnis ke pasar internasional. 

"Keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia yang berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal selalu berusaha melakukan inovasi terbaru dalam menyediakan berbagai lini produk yang berkualitas dengan harga terjangkau," ucap Susy Susanti, yang juga selaku Founder Astec. 

Dijelaskan Susi, pihaknya ingin membuktikan bahwa merek dalam negeri pun mampu bersaing dengan merek dari luar yang sudah lebih dulu hadir dan mendominasi pasar produk olahraga di Indonesia, bahkan dunia.

Sementara itu, VP Investor Relations, Corporate Communication & Sustainability for MAP Group, Ratih Darmawan Gianda mengatakan, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk sudah turut melakukan penjualan produk Astec sejak pertengahan tahun 2018, serta telah banyak melakukan kolaborasi dari sisi bisnis dan juga produk yang ditawarkan.

"Harapannya di masa yang akan datang produk Astec dapat dijangkau masyarakat secara luas dan mereka dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki merek produk olahraga lokal yang berkualitas tinggi," kata Ratih.

Astec juga menerapkan konsep pemasaran dual track dengan melakukan beberapa kemitraan strategis dalam pengembangan usahanya bersama Shopee sebagai mitra market place. Bersama Shopee, produk-produk Astec akan dapat menjangkau pemasaran yang luas dan efektif dari sisi online. 

Daniel Minardi, Head of Brands Management, Shopee Indonesia mengatakan, pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan merek produk olahraga lokal yang inovatif seperti Astec dalam menghadirkan produk berkualitas dan terjangkau untuk para pengguna Shopee. 

"Kami yakin produk inovasi pelaku usaha lokal dapat memperlihatkan keunggulan serta potensi buatan asli Indonesia dan mendapatkan tempat di hati masyarakat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.