SPN Minta Maybank Pertimbangkan Restrukturisasi Utang Pan Brothers

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 30 Juni 2021 - 16:48 WIB

Karyawan pabrik PT Pan Brothers Tbk sedang sibuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Total karyawan perusahaan garmen tersebut hingga kini telah mencapai 31.000 orang. (Foto: Humas PT Pan Brothers Tbk)
Karyawan pabrik PT Pan Brothers Tbk sedang sibuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Total karyawan perusahaan garmen tersebut hingga kini telah mencapai 31.000 orang. (Foto: Humas PT Pan Brothers Tbk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT Pan Brothers Tbk (PBRX) memohon Maybank untuk mempertimbangkan restrukturisasi utang perseroan. Jika restrukturisasi utang perusahaan garmen tersebut dipertimbangkan, maka Maybank diharapkan tidak lagi melanjutkan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Dalam pernyataan tertulis yang diterima industry.co.id, Rabu (30/06/2021), Rukati, Ketua SPN Pan Brothers, menyampaikan, agar langkah tersebut dapat dipertimbangkan Maybank untuk dilaksanakan mengingat kondisi yang berlangsung selama ini berdampak buruk terhadap nasib ribuan pekerja perseroan dan keluarganya serta dampak sosial ekonomi ribuan masyarakat di lingkungan perseroan.

Lebih lanjut, Rukati mengungkapkan, Pan Brothers adalah industri padat karya yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun. Pan Brothers adalah Perusahaan garment berorientasi ekspor terbesar di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan devisa negara dan berkomitmen untuk terus menarik buyer agar mempercayakan produknya agar dapat diproduksi di Indonesia.

Oleh karena itu, demikian Rukati, SPN Pan Brothers sebagai mitra kerja yang mewakili pekerja perseroan akan terus mendukung sepenuhnya kelangsungan usaha Pan Brothers sebagai industri padat karya dengan jumlah pekerja lebih dari 31.000 pekerja pabrik di Tangerang-Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut Rukati, permohonan PKPU Maybank yang diajukan kepada Pan Brothers dianggap kurang tepat karena akan berdampak buruk terhadap kelangsungan operasional perseroan dan kelangsungan hidup lebih dari 31.000 ribu pekerja dan keluarganya.

Sejak awal 2020, Pan Brothers sangat terdampak pandemi Covid-19, tetapi pihak perseroan berusaha untuk tidak melakukan pengurangan pekerja. Namun sejak pertengahan 2020, perseroan mengalami kesulitan modal kerja akibat pembekuan fasilitas perbankan, salah satunya dilakukan Maybank. Padahal, berdasarkan informasi yang ada, Maybank  sudah bekerja sama ± 20 tahun dengan Pan Brothers.

Selama ini, Pan Brothers adalah industri padat karya yang menyerap ribuan tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran. Jika diberikan ruang untuk terus tumbuh dan berkembang maka Pan Brothers akan menyerap lebih banyak tenaga kerja Indonesia. Hal ini sejalan dengan kampanye resolusi SPN untuk memperjuangkan Kepastian Pekerjaan, Kepastian Pendapatan dan Kepastian Jaminan Sosial.

Rukati mengemukakan, SPN Pan Brothers juga memohon kepada pemerintah untuk memberikan dukungan berupa kebijakan dan regulasi perbankan kepada dunia usaha khususnya industri padat karya yang saat ini mengalami kesulitan modal kerja dari fasilitas perbankan akibat  pandemik Covid-19.

Oleh karena itu, SPN Pan Brothers juga memohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menolak permohonan PKPU Maybank terhadap Pan Brothers demi kelangsungan hidup lebih dari 31.000 pekerja beserta keluarganya. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race

Senin, 27 Juni 2022 - 04:00 WIB

Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Fun Bike dan Track Race Danpussenarhanud Cup 2022

Kegembiraan pasca pandemi Covid-19 begitu dirasakan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Cimahi dan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari antusias sangat tinggi masyarakat dan para atlet…

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.