SPN Minta Maybank Pertimbangkan Restrukturisasi Utang Pan Brothers

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 30 Juni 2021 - 16:48 WIB

Karyawan pabrik PT Pan Brothers Tbk sedang sibuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Total karyawan perusahaan garmen tersebut hingga kini telah mencapai 31.000 orang. (Foto: Humas PT Pan Brothers Tbk)
Karyawan pabrik PT Pan Brothers Tbk sedang sibuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Total karyawan perusahaan garmen tersebut hingga kini telah mencapai 31.000 orang. (Foto: Humas PT Pan Brothers Tbk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT Pan Brothers Tbk (PBRX) memohon Maybank untuk mempertimbangkan restrukturisasi utang perseroan. Jika restrukturisasi utang perusahaan garmen tersebut dipertimbangkan, maka Maybank diharapkan tidak lagi melanjutkan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Dalam pernyataan tertulis yang diterima industry.co.id, Rabu (30/06/2021), Rukati, Ketua SPN Pan Brothers, menyampaikan, agar langkah tersebut dapat dipertimbangkan Maybank untuk dilaksanakan mengingat kondisi yang berlangsung selama ini berdampak buruk terhadap nasib ribuan pekerja perseroan dan keluarganya serta dampak sosial ekonomi ribuan masyarakat di lingkungan perseroan.

Lebih lanjut, Rukati mengungkapkan, Pan Brothers adalah industri padat karya yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun. Pan Brothers adalah Perusahaan garment berorientasi ekspor terbesar di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan devisa negara dan berkomitmen untuk terus menarik buyer agar mempercayakan produknya agar dapat diproduksi di Indonesia.

Oleh karena itu, demikian Rukati, SPN Pan Brothers sebagai mitra kerja yang mewakili pekerja perseroan akan terus mendukung sepenuhnya kelangsungan usaha Pan Brothers sebagai industri padat karya dengan jumlah pekerja lebih dari 31.000 pekerja pabrik di Tangerang-Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut Rukati, permohonan PKPU Maybank yang diajukan kepada Pan Brothers dianggap kurang tepat karena akan berdampak buruk terhadap kelangsungan operasional perseroan dan kelangsungan hidup lebih dari 31.000 ribu pekerja dan keluarganya.

Sejak awal 2020, Pan Brothers sangat terdampak pandemi Covid-19, tetapi pihak perseroan berusaha untuk tidak melakukan pengurangan pekerja. Namun sejak pertengahan 2020, perseroan mengalami kesulitan modal kerja akibat pembekuan fasilitas perbankan, salah satunya dilakukan Maybank. Padahal, berdasarkan informasi yang ada, Maybank  sudah bekerja sama ± 20 tahun dengan Pan Brothers.

Selama ini, Pan Brothers adalah industri padat karya yang menyerap ribuan tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran. Jika diberikan ruang untuk terus tumbuh dan berkembang maka Pan Brothers akan menyerap lebih banyak tenaga kerja Indonesia. Hal ini sejalan dengan kampanye resolusi SPN untuk memperjuangkan Kepastian Pekerjaan, Kepastian Pendapatan dan Kepastian Jaminan Sosial.

Rukati mengemukakan, SPN Pan Brothers juga memohon kepada pemerintah untuk memberikan dukungan berupa kebijakan dan regulasi perbankan kepada dunia usaha khususnya industri padat karya yang saat ini mengalami kesulitan modal kerja dari fasilitas perbankan akibat  pandemik Covid-19.

Oleh karena itu, SPN Pan Brothers juga memohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menolak permohonan PKPU Maybank terhadap Pan Brothers demi kelangsungan hidup lebih dari 31.000 pekerja beserta keluarganya. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Menjadi UKM Lean, Agile, dan Kreatif dengan Memanfaatkan Stay-at-Home Economy di Program Aksilerasi III

Berdasarkan data yang terbitkan Kemenkop UMK Republik Indonesia April 2021 lalu, ada lebih dari 64 juta UKM di Indonesia, yang berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas, 60% total investasi,…

Presiden Jokowi dan CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel Resmi Berdiri, CEO Krakatau International Port Optimis Industri Logam Nasional Dapat Terus Berjaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Pabrik yang dibangun…

Internet (Ist)

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

9 Tips Etika saat Berinteraksi di Ruang Digital

Internet sangat membantu kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Ilustrasi SPKLU

Rabu, 22 September 2021 - 13:33 WIB

Ini Tiga Skema Bisnis Infratruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatur tiga skema bisnis perizinan berusaha untuk Infrastruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).…