GETI Incubator Berikan Pendampingan dan Pelatihan Ekspor

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Juni 2021 - 11:51 WIB

Pembentukan Asosisasi Ekspor
Pembentukan Asosisasi Ekspor

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kapasitas ekspor Indonesia, GETI Incubator bergabung ke dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI) dengan program pendampingan dan pelatihan ekspornya.

APDEI sendiri telah diresmikan pada 16 Juni lalu, dihadiri oleh  para anggota asosiasi, atase perdagangan RI dan juga beberapa duta besar dari negara sahabat.

Wadah ini dibentuk berdasarkan semangat bersama mendorong ekspor secara lebih massif melalui platform digital melalui 3 (tiga) pilar utama yaitu regulasi, digitalisasi dan kolaborasi.

Ketiga pilar tersebut dijalankan bersama melalui gerakan #PDEkspor, yang juga merupakan akronim dari nama asosiasi.

Hastag ini mengkampanyekan kebanggaan terhadap buatan Indonesia ke pasar global, PeDe atau percaya diri bahwa produk dan jasa Indonesia mampu bersaing di luar negeri melalui Plaform Digital.

Dengan memanfaatkan perkembangan digital melalui platform, APDEI atau #PDEkspor diinisiasi oleh 14 platform digital ekspor Indonesia yang dan diketuai oleh Hadi Lee selaku Ketua Umum dari IDNStore.

Adapun kepengurusan lainnya diisi oleh perwakilan dari IndonesiaHub.com, ExportHub.id, Madeinindonesia.com, IndonesiaDirect.org, Blibli.com, Goorita.com dan Andalin.com

Kepengurusan juga diperkuat oleh bidang-bidang yang akan menggelorakan kampanye #PDEkspor dengan dukungan BukaLapak, GETI Incubator, Kadin D-Commerce, Aspenku.com, IndonesiaInYourHand.com, GoPlay dan juga beberapa platform digital lainnya.

GETI sendiri merupakan singkatan dari Global Edukasi Talenta Inkubator dan telah menjadi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terakreditasi pada tahun 2020. GETI juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan 5 Skema Kompetensi yang berlisensi BNSP berikut; Sertifikasi Online Store Operation, Sertifikasi Digital Marketing, Sertifikasi Digital Creative, Sertifikasi Global E-Commerce dan Sertifikasi Logistics Administration.

Di dalam APDEI, Kepala LPK GETI Incubator Amalia Prabowo dipercaya menjadi Ketua Program Pendampingan dan Pelatihan untuk seluruh pemangku kepentingan di industri ekspor.

“Kami mendengar keprihatinan Bapak Presiden Jokowi mengenai marketplace yang dipenuhi barang import, karenanya kami berinisiasi mencetak sebanyak-banyaknya anak muda yang memiliki kompetensi sebagai E-Commerce Expert,” kata Amalia dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id ,Selasa (29/6/2021).

“Anak-anak muda ini akan kami ‘kawinkan’ dengan UKM yang telah memiliki toko online.  Perkawinan ini akan mendorong produk-produk UKM agar memiliki toko online baik di skala lokal maupun global yang aktif dan produktif,” tambah Wanita yang pernah dinobatkan sebagai ‘Pejuang Tangguh’ oleh Kick Andy ini. 

“Namun yang terpenting adalah Indonesia membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham Global E-commerce ini untuk mendorong ekspor, khususnya melalui platform digital,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…