GETI Incubator Berikan Pendampingan dan Pelatihan Ekspor

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Juni 2021 - 11:51 WIB

Pembentukan Asosisasi Ekspor
Pembentukan Asosisasi Ekspor

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kapasitas ekspor Indonesia, GETI Incubator bergabung ke dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI) dengan program pendampingan dan pelatihan ekspornya.

APDEI sendiri telah diresmikan pada 16 Juni lalu, dihadiri oleh  para anggota asosiasi, atase perdagangan RI dan juga beberapa duta besar dari negara sahabat.

Wadah ini dibentuk berdasarkan semangat bersama mendorong ekspor secara lebih massif melalui platform digital melalui 3 (tiga) pilar utama yaitu regulasi, digitalisasi dan kolaborasi.

Ketiga pilar tersebut dijalankan bersama melalui gerakan #PDEkspor, yang juga merupakan akronim dari nama asosiasi.

Hastag ini mengkampanyekan kebanggaan terhadap buatan Indonesia ke pasar global, PeDe atau percaya diri bahwa produk dan jasa Indonesia mampu bersaing di luar negeri melalui Plaform Digital.

Dengan memanfaatkan perkembangan digital melalui platform, APDEI atau #PDEkspor diinisiasi oleh 14 platform digital ekspor Indonesia yang dan diketuai oleh Hadi Lee selaku Ketua Umum dari IDNStore.

Adapun kepengurusan lainnya diisi oleh perwakilan dari IndonesiaHub.com, ExportHub.id, Madeinindonesia.com, IndonesiaDirect.org, Blibli.com, Goorita.com dan Andalin.com

Kepengurusan juga diperkuat oleh bidang-bidang yang akan menggelorakan kampanye #PDEkspor dengan dukungan BukaLapak, GETI Incubator, Kadin D-Commerce, Aspenku.com, IndonesiaInYourHand.com, GoPlay dan juga beberapa platform digital lainnya.

GETI sendiri merupakan singkatan dari Global Edukasi Talenta Inkubator dan telah menjadi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terakreditasi pada tahun 2020. GETI juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan 5 Skema Kompetensi yang berlisensi BNSP berikut; Sertifikasi Online Store Operation, Sertifikasi Digital Marketing, Sertifikasi Digital Creative, Sertifikasi Global E-Commerce dan Sertifikasi Logistics Administration.

Di dalam APDEI, Kepala LPK GETI Incubator Amalia Prabowo dipercaya menjadi Ketua Program Pendampingan dan Pelatihan untuk seluruh pemangku kepentingan di industri ekspor.

“Kami mendengar keprihatinan Bapak Presiden Jokowi mengenai marketplace yang dipenuhi barang import, karenanya kami berinisiasi mencetak sebanyak-banyaknya anak muda yang memiliki kompetensi sebagai E-Commerce Expert,” kata Amalia dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id ,Selasa (29/6/2021).

“Anak-anak muda ini akan kami ‘kawinkan’ dengan UKM yang telah memiliki toko online.  Perkawinan ini akan mendorong produk-produk UKM agar memiliki toko online baik di skala lokal maupun global yang aktif dan produktif,” tambah Wanita yang pernah dinobatkan sebagai ‘Pejuang Tangguh’ oleh Kick Andy ini. 

“Namun yang terpenting adalah Indonesia membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham Global E-commerce ini untuk mendorong ekspor, khususnya melalui platform digital,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:31 WIB

BRI Insurance Raih Penghargaan Pertumbuhan Premi Sesi 2023 Terbesar

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dengan dianugerahi penghargaan dari MAIPARK Award 2024. Penghargaan yang diraih adalah Penghargaan ketegori Cedant…

Tecno Pova 6

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:36 WIB

Dibekali Baterai 6.000 mAh, Smartphone Tecno Pova 6 Bikin Gaming Always Menyala

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terbesar pada seri Pova, Tecno Pova 6 membawa Super-Endurance Power System untuk memastikan daya tahan lama dengan pengisian ultra cepat untuk pengalaman…

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (Tengah) bersama dengan Direktur LJ Hooker Indonesia Oka Mahendra Kauripan (paling kiri), Direktur Lamudi Indonesia Mart Polman (dua dari kiri), Co Founder Ringkas Ilya Krastov (tiga dari kiri), Direktur Raywhite Indonesia Turky J. Bugri (tiga dari kanan), Direktur Era Indonesia Aan Andriani Sutrisno (dua dari kanan), dan Direktur Century 21 Indonesia Daniel Handojo.

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:40 WIB

Gandeng 17 Developer, BSI Tawarkan Promo Menarik Margin Setara 2,22%

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng 17 developer terkemuka di Tanah Air untuk memberikan akses pembiayaan rumah siap huni bagi masyarakat pada gelaran BSI International Expo 2024.…

Kawasan Industri Kendal

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:13 WIB

Sektor Industri Terkait Teknologi Terus Aktif Mencari Lahan Industri

Pertumbuhan industri modern cenderung memerlukan lahan yang lebih luas untuk menampung peralatan produksi dan fasilitas yang canggih.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:58 WIB

Kinerja Moncer, Pengamat: Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng

Pengamat Politik Herry Mendrofa menilai jika Bupati Kendal Dico Ganinduto layak dipasangkan dengan siapapun untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 mendatang.