Andik Vermansah dan Timnas Dipastiakan Bugar Hadapi Thailand

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 12:13 WIB

Timnas Indonesia menggelar latihan ringan
Timnas Indonesia menggelar latihan ringan

INDUSTRY.co.id - Dokter Syarif Alwi memastikan kebugaran pemain timnas Indonesia yang akan menghadapi Thailand pada final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12) tidak bermasalah sehingga semuanya bisa diturunkan.

"Kebugaran pemain tidak ada masalah. Saat ini tinggal menjaga saja termasuk menjaga makan. Kondisi mereka sangat bagus," kata dokter Syarif Alwi di sela latihan timnas di lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12).

Timnas Indonesia dalam catatan Antara, untuk melaju ke babak final kejuaraan dua tahunan ini memang membutuhkan kerja keras. Datang sebagai tim bukan unggulan, anak asuh Alfred Riedl sukses mencapai puncak setelah di semifinal mengalahkan Vietnam dengan agregat 4-3.

Untuk meraih hasil ini, Andik Vermansah dan kawan-kawan terutama dipertandingan semifinal kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam beberapa hari lalu. Pada pertandingan tersebut, timnas harus bermain 120 menit untuk menahan gempuran lawan.

Setelah mendapatkan waktu libur, Kurnia Meiga dan kawan-kawan sudah kembali berlatih seperti biasa. Latihanpun sudah seperti biasa dengan mendapatkan porsi latihan yang cukup ketat. Beberapa formasi juga diperagakan saat latihan yang diikuti 23 pemain itu.

Saat latihan, semua pemain sangat serius menjalankan instruksi asisten pelatih Wolfgang Pikal. Beberapa kali, pria asal Austria itu meminta pemain timnas untuk lebih fokus terutama saat mendapatkan tekanan dari lawan. Apalagi latihan yang dilakukan adalah simulasi melawan Thailand.

"Mereka itu pemain senior. Jadi sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata dokter berkumis yang sudah cukup lama memberikan dukungan langsung pada timnas Indonesia itu.

Terkait dengan mental, pelatih Alfred Riedl menegaskan jika Andik Vermansah dan kawan-kawan juga tidak ada masalah. Semua pemain sudah siap diturunkan pada pertandingan final nanti. Hanya saja, pelatih berusia 67 tahun ini belum mau membocorkan pemain inti yang bakal diturunkan.

"Mental mereka bagus.100 persen fit. Psikis mereka untuk menghadapi final juga tidak ada masalah," kata Alfred Riedl saat dikonfirmasi.

Demi mendapatkan formasi terbaik, timnas Garuda akan terus digembleng latihan. Sesuai dengan rencana, latihan akan kembali digelar di lapangan SPH Karawaci, Senin (12/12). Baru satu hari menjelang pertandingan, anak asuh Alfred Riedl ini akan mencoba lapangan Stadion Pakansari.

Sementara itu, timnas Thailand juga sudah tiba di Indonesia. Teerasil Dangda dan kawan-kawan menginap di Aston Hotel Sentul yang lokasinya tidak begitu jauh dengan lokasi pertandingan final pertama kejuaraan dua tahunan ini. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India

Rabu, 13 November 2019 - 08:30 WIB

Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe melakukan kegiatan ekspor perdana komoditas Crude Palm Oil (CPO) sebanyak 5.442 Metrik Ton yang akan dikirimkan ke Pelabuhan…

OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank

Rabu, 13 November 2019 - 08:20 WIB

Permudah Transaksi, OttoPay Jalin Kerja Sama dengan Aplikasi Pembayaran Digital dari Bank

Aplikasi pembayaran non tunai, OttoPay menjalin kerja sama dengan berbagai bank yang memiliki aplikasi pembayaran digital.

Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian

Rabu, 13 November 2019 - 08:02 WIB

Mentan SYL Lawan Alih Fungsi Lahan Pertanian Dengan Insentif

Jakarta - Adanya kecenderungan meluasnya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian saat ini, telah menyebabkan susutnya lahan pertanian secara progresif. Sejatinya pemerintah telah memiliki…

Pupuk Indonesia Salurkan Bantuan Program Rehabilitasi Orangutan

Rabu, 13 November 2019 - 08:00 WIB

Pupuk Indonesia Salurkan Bantuan Program Rehabilitasi Orangutan

Sebagai wujud kepedulian terhadap satwa yang dilindungi, PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak usahanya, PT Pupuk Kaltim dan PT Rekayasa Industri (Rekind) menyalurkan bantuan mobil operasional…

PT Dahana Persero

Rabu, 13 November 2019 - 07:30 WIB

DAHANA Tawarkan Layanan Total Explosives Solution

-Industri bahan peledak menawarkan medan yang kompetitif bagi para pelakunya. Inovasi menjadi kata kunci untuk terus memenangkan persaingan dalam industri ini. Dengan beragam sektor pengguna,…