Andik Vermansah dan Timnas Dipastiakan Bugar Hadapi Thailand

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 12:13 WIB

Timnas Indonesia menggelar latihan ringan
Timnas Indonesia menggelar latihan ringan

INDUSTRY.co.id - Dokter Syarif Alwi memastikan kebugaran pemain timnas Indonesia yang akan menghadapi Thailand pada final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12) tidak bermasalah sehingga semuanya bisa diturunkan.

"Kebugaran pemain tidak ada masalah. Saat ini tinggal menjaga saja termasuk menjaga makan. Kondisi mereka sangat bagus," kata dokter Syarif Alwi di sela latihan timnas di lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12).

Timnas Indonesia dalam catatan Antara, untuk melaju ke babak final kejuaraan dua tahunan ini memang membutuhkan kerja keras. Datang sebagai tim bukan unggulan, anak asuh Alfred Riedl sukses mencapai puncak setelah di semifinal mengalahkan Vietnam dengan agregat 4-3.

Untuk meraih hasil ini, Andik Vermansah dan kawan-kawan terutama dipertandingan semifinal kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam beberapa hari lalu. Pada pertandingan tersebut, timnas harus bermain 120 menit untuk menahan gempuran lawan.

Setelah mendapatkan waktu libur, Kurnia Meiga dan kawan-kawan sudah kembali berlatih seperti biasa. Latihanpun sudah seperti biasa dengan mendapatkan porsi latihan yang cukup ketat. Beberapa formasi juga diperagakan saat latihan yang diikuti 23 pemain itu.

Saat latihan, semua pemain sangat serius menjalankan instruksi asisten pelatih Wolfgang Pikal. Beberapa kali, pria asal Austria itu meminta pemain timnas untuk lebih fokus terutama saat mendapatkan tekanan dari lawan. Apalagi latihan yang dilakukan adalah simulasi melawan Thailand.

"Mereka itu pemain senior. Jadi sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata dokter berkumis yang sudah cukup lama memberikan dukungan langsung pada timnas Indonesia itu.

Terkait dengan mental, pelatih Alfred Riedl menegaskan jika Andik Vermansah dan kawan-kawan juga tidak ada masalah. Semua pemain sudah siap diturunkan pada pertandingan final nanti. Hanya saja, pelatih berusia 67 tahun ini belum mau membocorkan pemain inti yang bakal diturunkan.

"Mental mereka bagus.100 persen fit. Psikis mereka untuk menghadapi final juga tidak ada masalah," kata Alfred Riedl saat dikonfirmasi.

Demi mendapatkan formasi terbaik, timnas Garuda akan terus digembleng latihan. Sesuai dengan rencana, latihan akan kembali digelar di lapangan SPH Karawaci, Senin (12/12). Baru satu hari menjelang pertandingan, anak asuh Alfred Riedl ini akan mencoba lapangan Stadion Pakansari.

Sementara itu, timnas Thailand juga sudah tiba di Indonesia. Teerasil Dangda dan kawan-kawan menginap di Aston Hotel Sentul yang lokasinya tidak begitu jauh dengan lokasi pertandingan final pertama kejuaraan dua tahunan ini. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 22:00 WIB

Garuda Indonesia Perkuat Kerja Sama Codeshare Jaringan Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama “codeshare” dengan maskapai global yang menjadi mitranya khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan…

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita Antarkan Kemensos Raih Opini WTP untuk Ketiga Kalinya

Kementerian Sosial kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Kementerian Sosial Tahun 2018 oleh Badan Pemeriksa…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:00 WIB

Bambang Soesatyo Minta Seluruh Elemen Utamakan Kepentingan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta seluruh elemen bangsa mempererat tali silaturahmi untuk mengukuhkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sangat penting mengingat situasi…

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:35 WIB

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Bukalapak dianugerahi penghargaan HR Asia: Best Companies to Work for in Asia 2019 oleh HR Asia, sekaligus menjadikan Bukalapak sebagai satu-satunya perusahaan online marketplace Indonesia yang…

BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas (Foto Rino)

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:14 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I tahun…