Ini Beberapa Hal yang Perlu dilakukan Orangtua Agar Anak Aman Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 24 Juni 2021 - 17:30 WIB

Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)
Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)

INDUSTRY.co.id - Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak. Digunakan untuk melakukan pembelajaran secara daring, mencari hiburan hingga berkomunikasi dengan teman sebaya. Peran orangtua sangat penting untuk melindungi anak di era internet seperti sekarang.

“Perasaan aman dan nyaman berinternet bisa didapatkan orangtua dengan menjaga komunikasi dengan anak. Komunikasikan dengan tenang mengenai kebutuhan, tanggung jawab dan resiko berinternet. Lalu buat aturan bersama terkait penggunaan internet di rumah,” Elly Nurul dari Kumpulan Emak Blogger saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Beikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua agar anak aman berinternet dimulai dengan pemahaman dasar internet yang aman dan bahaya dalam jaringan internet bagi anak.

Pertama, berikan kepercayaan pada anak. Dengan begitu anak akan makin terbuka kepada orangtua dan ingatkan anak untuk langsung memberitahu orang tua jika mengalami situasi daring yang tidak menyenangkan. 

Lebih lanjut, bekali diri dengan belajar mengenai internet. Jangan anti teknologi pelajari semua tentang internet, jangan ada alasan untuk tidak bisa atau gaptek. Jadilah tempat pertama untuk anak-anak bercerita tentang apapun yang dihadapinya di dunia nyata maupun internet. 

Jelajahi internet bersama anak, untuk menghindari anak mengakses atau terpapar konten yang tidak pantas, jangan biarkan anak berselancar sendirian di dunia maya.

Selanjutnya, internet sebagai media komunikasi bersama anak, cari tahu hal-hal baru yang menarik bersama anak. Belajar bersama anak, jangan ragu atau malu belajar bersama anak. 

Ajarkan anak menjaga data privasi. Bahwa tidak semua hal bisa dibagikan di dunia maya atau sosial media. Dorong anak untuk menjaga reputasi baik di media sosial. Dorong anak untuk menjaga sandi password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Tanamkan pentingnya jejak digital. Kemudian orang tua juga perlu menggunakan fitur keamanan berinternet seperti google safesearch membantu filter konten eksplisit dari semua jenis pengaturan.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Digital Strategist Hello Monday Morning Syarief Hidayatulloh, Heni Mulyati dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, dan Duta Bahasa Jawa Barat, Anggi Auliyani. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…