Pergeseran Bahasa di Dunia Digital Sangat Membahayakan Bangsa

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:35 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Menurut laporan UNESCO saja minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen artinya dari 1000 orang hanya 1 saja yang rajin membaca.

Selain itu, data pengguna internet Indonesia selalu naik setiap tahunnya, pada 2020 saja terjadi kenaikan pengguna sebesar 196 juta yang aktif. Jumlah tersebut diketahui meningkat sebanyak 8,9 persen. Namun sayangnya peningkatan masyarakat yang melek digital ini tak diiringi dengan minat baca yang tinggi. 

"Satu sisi teknologinya digencarkan tapi ada penurunan standar etika, bahasa dan budaya. Memang ini tidak berdampak langsung tapi dalam jangka panjang akan menggeserkan persepsi budaya dan mengurangi jati diri bangsa kita," ujar Muhammad Arifin, Kabid Komunikasi Publik Relawan TIK Indonesia, saat webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I, Bandung Barat, Selasa (16/6/2021).

Menurutnya, fenomena tadi telah mengubah pola komunikasi secara menyeluruh. Sebelumnya komunikasi terjadi secara konvensional, lalu menjadi komunikasi daring atau data jaringan seperti lewat email. 

"Pergeseran bahasa sudah dimulai saat ini, banyak penggunaan kata yang sebenarnya tidak paham namun hanya ikut-ikutan saja," ujarnya Arifin lagi.

Fenomena penggunaan bahasa di dunia digital ini mengancam dan menjadi gerbang pintu hilangnya jati diri bangsa, sebabnya literasi digital diperlukan. Ada empat hal yang tidak bisa terpisahkan dari literasi digital, di antaranya bahasa, digital, etika, dan komunikasi. 

Komunikasi utuh yang konvensional setidaknya melibatkan tiga hal yaitu bahasa tubuh berupa gesture, mimik wajah. Sementara suara berupa intonasi dan tempo dan terakhir kata atau kalimat itu sendiri. Namun di internet ada keterbatasan terhadap tiga hal tersebut sehingga rentan untuk salah memaknai suatu komunikasi. 

Arifin mengungkapkan, internet tidak bisa sepenuhnya menggantikan komunikasi langsung, walaupun misalnya dengan platform zoom agak mendekati karena terlihat visualisasi saat berbicara. Ada kiat tersendiri dalam berkomunikasi, yakni dengan memahami jenis media sosial yang digunakan dan mengetahui tujuan, dengan siapa, dan kepada siapa komunikasi ditujukan. 

"Kalau kita baik di dunia digital, maka kita baik di dunia nyata. Maka jaga bahasa dan budaya kita. Kalau bahasa tidak dijaga maka itu jadi pintu gerbang hilangnya jati diri kita," tutur Ariifn.

Webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I, Kabupaten Bandung Barat kali ini menghadirkan pula nara sumber lainnya seperti Creative Concept and Director expert Planet Design Indonesia Oleg Sanchabachtiar, Pimpinan Ombudsman RI 2016-2021 Ninik Rahayu dan Pegiat Pemeriksa Fakta Depi Agung Setiawan. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…