Dari Hobi, Kini Content Creator Bisa Jadi Profesi

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 17:00 WIB

Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)
Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat internet sudah cukup merata di Indonesia kemudian fasilitas smartphone sudah cukup mumpuni, setiap orang di era digital sekarang ini bisa manfaatkannya sebagai content marketing. Di mana seiring waktu penggunaan internet, apalagi sejak pandemi makin banyak bermunculan content creator.

"Semuanya berawal dari hobi. Dari konsistensi lalu membuat kita jadi content creator, menjadi komunitas yang melahirkan kesempatan," ujar Penggiat Media Sosial, Boylagi saat webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I, Kota Depok pada Senin (14/6/2021).

Boy lalu bercerita bagaimana awalnya dia memulai sebagai content creator di Instagram. Saat itu tahun 2012 hal yang dia posting pun belumlah seperti sekarang, karena ketika itu Instagram baru dijadikan sebagai media untuk fotografi. Dia pun mengaku baru mengetahui apa sebenarnya fotografi dan seperti apa foto bagus dari Instagram. 

Dari sebuah hobi, Boylagi yang sempat bekerja di beberapa perusahaan sekitar pertengahan 2018 akhirnya resign dan menjadikan profesi content creator sebagai fokusnya. Berbagai brand pun sempat bekerja sama dengannya, termasuk membawanya hingga pergi ke luar negeri untuk sebuah project. 

Selama memanfaatkan Instagram sebagai sebuah peluang baru berkarya, Boy mengaku sempat merasakan malas. Hal itu diakuinya wajar, namun agar tidak berkutat pada “mager” dia memberikan rahasianya. 

"Segala kemungkinan pasti ada, mager itu amat sangat berbahaya. Mager itu memiskinkan," kata Boy.

Dia membagikan tips lainnya untuk para content creator agar terus berkarya. Kuncinya salah satunya konsisten supaya tidak malas. Selain itu terus aktif, kreatif, dan positif, karena dari ketiga hal itu akan memunculkan eksistensi. 

"Foto bagus itu banyak, tapi buat foto yang berbeda. Satu rahasianya kolaborasi dengan instagramers atau content creator dari platform lain, jangan mengejar angka likes atau followers, algoritma pasti nurut sama kita kalau kitanya aktif, membaur dengan komunitas," bebernya lagi. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Jawa Barat I Kota Depok merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Founder The Entrepreneurs Society, Co-Founder Mas Pam Records Noor Kamil, Psikolog & Trainer SEJIWA Hellen Citra Dewi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…