Apakah Boleh Habis Vaksin Covid-19 Lalu Suntik Vitamin C? Ini Kata Ahli

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 16:30 WIB

Ilustrasi Suntik Vitamin C (Ist)
Ilustrasi Suntik Vitamin C (Ist)

INDUSTRY.co.id - Vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di Indonesia. Ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk menekan angka kenaikan Covid-19. Namun, selain vaksin, bentuk lain untuk memperkuat imunitas tubuh adalah dengan mendapatkan suntikan vitamin C agar, terhindar dari virus yang berbahaya ini. 

Mengonsumsi atau suntik vitamin C merupakan salah satu keberhasilan kinerja vaksin Covid-19. Namun, apakah boleh melakukan suntikan vitamin dan vakin Covid-19 secara bersamaan dalam satu hari?

Dr. Robert Sinto, SpPD-KPTI, Dokter Konsultan Tropik Infeksi RSCM dan Carolus menjelaskan, jika di antara vaksin dan vitamin tidak ada kontra indikasi atau fungsinya tidak saling merugikan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. 

"Jadi tidak ada batasan, bisa diberikan jika tidak ada interaksi yang merugikan dari keduanya. Jika pagi vaksin, sore suntik vitamin C, itu boleh saja. Tapi, jika tidak diperlukan pada saat yang bersamaan akan lebih bijak tidak dilakukan bersamaan," katanya dalam acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).   

Meskipun tidak ada kontra indikasi, ia tetap menyarankan untuk memberi jeda beberapa hari untuk suntik vitamin C dan vaksin Covid-19. Sebab, menurutnya ini akan membantu proses pemantuan efek dari vaksinasi dan vitamin C.

"Misalnya, jika pagi disuntik vaksin Covid-19, lalu sore suntik vitamin C, namun setelah itu mengalami efek samping seperti gejala demam. Nanti yang ada jadi bingung apakah ini dikarenakan sehabis vaksinasi atau karena suntik vitamin C. Akibatnya, nanti akan jadi takut mengulang suntik vitamin C dan mengira ini dikarenakan efek dari suntik vitamin C. Padahal, efek itu bisa terjadi karena vaksinasi bukan karena suntik vitamin C," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Akan Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…

Ilustrasi Perjalanan Udara (Shutterstock)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:30 WIB

Krisis Covid-19, India Perpanjang Larangan Penerbangan Internasional Hingga 31 Agustsus 2021

India sekali lagi telah memperpanjang larangan penerbangan internasional hingga 31 Agustus 2021. Hal ini sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan oleh regulator penerbangan Direktorat Jenderal…