3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Juni 2021 - 17:13 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dari sekitar 64 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia, hanya 16% diantaranya yang terhubung ke platform digital, berdasarkan data dari Kementerian UMKM dan Koperasi.

Selama pandemi, semakin banyak pelaku UMKM yang menyadari pentingnya go digital, sehingga jumlah UMKM yang menjual produk secara online meningkat hingga 30%. Lebih lanjut, Menurut Survei Mandiri Institute, UMKM yang go digital terbukti mencatatkan peningkatan omzet sebesar 9%, lebih tinggi dari UMKM offline yang hanya 4%.

Dengan semakin tingginya jual-beli online, transaksi pembayaran digital pun meningkat sebesar 37,8% year-on-year. [Sumber]

Ada banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal. Banyak pelaku UMKM yang memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas. Mereka berharap seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, nantinya mereka bisa merekrut karyawan profesional, serta membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik, untuk bisa semakin memajukan bisnisnya.

Tapi di era modern ini, ada banyak jalan untuk bisa sukses tanpa modal besar. Dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga. Sebagai contoh, Xendit sebagai perusahaan payment gateway terkemuka di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan Program Xendit Level Up, dimana para pelaku UMKM dapat mendaftar dan berkesempatan untuk menggunakan layanan payment gateway selama setahun tanpa harus membayar biaya.

Nah, untuk yang belum tahu, payment gateway atau gerbang pembayaran berfungsi sebagai “jembatan” yang memfasilitasi dan memproses berbagai metode pembayaran digital, mulai dari Virtual Account, kartu kredit/debit, dompet digital, sampai outlet ritel. Dengan payment gateway, kini pembelimu bisa memilih metode pembayaran favorit mereka!

Ingin tahu lebih jauh? Simak di sini beberapa tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan usaha!

Manfaatkan software gratis yang tersedia secara cuma-cuma

Ada pepatah yang mengatakan “tidak ada yang gratis di dunia ini”. Tapi sebenarnya, ada banyak software gratis yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan bisnis, mulai dari software untuk mengurus keuangan, sumber daya manusia, digital workspace, pemasaran media sosial, hingga manajemen proyek. Beberapa contohnya:

Canva.co untuk desain grafis

BukuKas untuk catatan keuangan

Trello untuk manajemen proyek

Hootsuite untuk manajemen media sosial

Manfaatkan fitur-fitur gratis ini semaksimal mungkin sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk berlangganan software berbayar. Kalau ada yang gratis kenapa bayar?

Bergabunglah dengan kelas gratis dan dapatkan kesempatan pendanaan

Seiring dengan semakin maraknya acara virtual, kini sudah sangat banyak webinar yang dapat kamu ikuti tanpa biaya, terutama untuk mendapatkan insight praktis yang dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. UKMIndonesia.id, sebuah situs web khusus UMKM oleh Universitas Indonesia, mengumpulkan semua program dan kesempatan pendanaan yang dapat diikuti, sebagian besar tanpa perlu bayar sama sekali.

Sebagai contoh, jika kamu baru saja membeli mesin atau peralatan untuk mendukung operasi bisnis sejak Agustus 2020, kamu berhak untuk mendapatkan penggantian biaya dari Kementerian Perdagangan. Atau mungkin kamu membutuhkan desain kemasan baru yang menarik? Kamu bisa mendapatkan konsultasi dan desain gratis dari Klinik Desain Merek Kemas. Semua tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun! Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas, webinar, atau acara gratis dari Xendit payment gateway, hanya dengan mengikuti akun Instagram atau Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru.

Jangan ragu untuk mengikuti kompetisi bisnis

Kompetisi bisnis bisa menjadi peluang baik untuk menambah modal usaha, baik secara material maupun non-material. Kamu bisa mendapatkan eksposur dan koneksi, serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama.

Misalnya saja, untuk mengikuti Program Xendit Level Up yang dibuka hingga 30 Juni 2021, pelaku UMKM hanya perlu mengunggah video berdurasi 3 menit yang menjelaskan bisnis mereka dan alasan mengapa mereka membutuhkan program bebas biaya dari Xendit. Hanya dengan mengunggah video, kamu memiliki peluang besar untuk memenangkan kompetisi ini. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah ada untuk menjelaskan bisnismu, atau membuat video baru sederhana hanya dengan menggunakan handphone.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memanfaatkan tools dan program gratis untuk mengembangkan bisnismu? Yuk mulai dengan berpartisipasi dalam Program Xendit Level Up dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan layanan bebas biaya payment gateway senilai 1 miliar rupiah!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Menperin Agus Ajak Industri Semen Berpartisipasi Kelola Limbah Medis

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah dalam proses menggerakkan industri semen untuk berpartisipasi dalam mengelola limbah medis di dalam negeri yang volumenya semakin meningkat.

dr soap luncurkan kampanye penyelamatan bumi

Rabu, 04 Agustus 2021 - 22:04 WIB

Ajak Masyarakat Cintai Bumi, dr soap Adakan Program Return & Earn untuk Daur Ulang Sampah

Upaya untuk menyelamatkan bumi terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan formula yang ramah lingkungan. Selain tentu saja secara aktif ikut dalam upaya…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Menperin Agus Sebut Insentif Fiskal untuk Industri Hijau Tengah Digodok Antar Kementerian/Lembaga

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memacu penerapan industri hijau di Tanah Air, salah satunya upayanya melalui pemberian insentif fiskal. Menteri Perindustrian (Menperin)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:52 WIB

Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 Menghadirkan Lebih dari 120 Perusahaan Penyedia Teknologi dan Solusi Bagi Industri 4.0

Jakarta-Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 04 Agustus 2021 - 21:30 WIB

Menperin Agus Bakal Percepat Industri Nasional Bertransformasi Terapkan Teknologi Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu implementasi industri 4.0 di berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry…