Sagu daerah Ini Jadi Perbincangan Dunia! BPPT Siap Sulap Sagu Lingga Menjadi Pusat Industri Ketahanan Pangan

Oleh : Kormen Barus | Senin, 14 Juni 2021 - 12:16 WIB

Perkebunan sagu
Perkebunan sagu

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dalam rangka penjajakan kerja sama sinergitas peningkatan peran inovasi teknologi pangan antar Lembaga, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan menerima kunjungan Bupati Lingga Muhammad Nizar di Gedung BPPT, Jakarta pekan lalu.

Seperti diketahui, Kabupaten Lingga memiliki sumberdaya alam yang berpeluang untuk meningkatkan produksi pangan lokal seperti sagu, dengan sub sektor perkebunan yang mampu mengentaskan kemiskinan dan menyerap tenaga kerja yang banyak.

Secara geografis Kabupaten Lingga juga memiliki posisi strategis untuk mengembangkan sektor perkebunan secara komprehensif dan berkelanjutan, tentunya dengan optimalisasi perkebunan sagu.

Sagu Lingga dapat dijadikan sebagai sumber pangan guna mendukung ketahanan pangan karena nilai gizinya tak kalah dengan sumber pangan lain seperti beras, jagung, ubi kayu dan kentang. Disisi lain, kebutuhan akan pati sagu ditingkat nasional dan internasional mengalami peningkatan yang cukup besar.

Soni mengatakan, ini merupakan titik awal dari rencana kerja sama antara BPPT dan Kabupaten Lingga, khususnya di sektor perkebunan dan pangan yang berfokus pada bidang perkebunan Sagu.

Menurutnya, selain sektor perkebunan dan pangan kita juga harus mulai bahan ke budidaya ikan Nila. Ia   berharap dari kunjungan kerja ini dapat menghasilkan sebuah kerja sama, khususnya dibidang inovasi pangan dan perternakan yang merupakan salah satu fokus teknologi di BPPT.

BPPT sebut Soni siap mendukung Kabupaten Lingga untuk inovasi teknologi pengolahan pangan lokal guna mendukung pemanfaatan sumberdaya lokal serta diversifikasi pangan dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan seperti produk olahan pangan sehat, kaya serat dan rendah IG seperti beras analog, mie, macaroni.

Selain itu juga akan dilakukan kerjasama peningkatan SDM dalam bentuk pelatihan di bidang pertanian, perikanan dan peternakan serta beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama seperti melalui seminar dan diseminasi teknologi.

Sementara, Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, potensi Kabupaten Lingga luar biasa namun untuk kemampuan SDM masih minim sehingga meminta dukungan BPPT dengan prarekayasanya dalam mengolah sumberdaya alam yang ada.

Menurut Rizal, sagu Lingga dalam perdagangan terkenal dengan sagu yang putih bersih, halus serta memiliki rasa yang khas, tetapi saat ini sagu yang diolah masih sebatas industri rumah tangga yang dijadikan produk pangan siap saji seperti lakse, mie sagu, keripik sagu, dan kue sagu.

Hasil kajian tentang keunggulan sagu Linga ini perlu ditindaklanjuti dengan dukungan kebijakan serta upaya yang konkrit untuk menigkatkan nilai kearifan lokal yang dimiliki, ujarnya.

Ia berharap, pertemuan ini dapat segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama dalam upaya mengatasi permasalahan yang ada dan bagaimana dapat menarik investor agar dapat menginvestasikan usahanya untuk kegiatan pengolahan sagu menjadi produk dengan pangsa pasar regular dan nasional sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani perkebunan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…