Kabar Baik bagi Pelaku Usaha yang Ingin Panen Duit dari Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kini Beri Kemudahan Izin Berusaha

Oleh : Kormen Barus | Senin, 14 Juni 2021 - 10:42 WIB

Ilustrasi aktivitas nelayan. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi aktivitas nelayan. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) belum lama ini membuka Gerai Perizinan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL) guna memfasilitasi pelaku usaha maupun pemerintah/pemerintah daerah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Gerai perizinan yang dibuka bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten dilaksanakan di Serang Banten pada 31 Mei hingga 1 Juni 2021.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Tb. Haeru Rahayu menjelaskan para pemangku kepentingan yang akan melakukan kegiatan pemanfaatan ruang laut nantinya akan diberikan izin dalam bentuk Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut bagi pelaku usaha dan dalam bentuk Konfirmasi Kesesuaian Ruang Laut bagi pemerintah/pemerintah daerah.

“Dibukanya Gerai Perizinan KKPRL dimaksudkan untuk memberikan layanan tatap muka berupa koordinasi, konsultasi, dan asistensi permohonan KKPRL bagi para pelaku usaha maupun pemerintah/pemerintah daerah yang memanfaatkan ruang laut di Provinsi Banten,” terang Tebe.

Hal ini merupakan tindak lanjut kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang menegaskan bahwa seluruh kegiatan pemanfaatan ruang laut yang menetap wajib memiliki Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Sementara itu, Kepala LPSPL Serang Syarif Iwan Taruna Alkadrie menyampaikan sebanyak 13 pelaku usaha maupun pemerintah/pemerintah daerah mendatangi gerai perizinan KKPRL untuk melakukan konsultasi.

“Para pelaku usaha mengaku terbantu dengan gerai ini karena mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam dan terdorong untuk mengajukan permohonan,” ujar Iwan.

Iwan juga berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kemudahan bagi para pelaku usaha maupun pemerintah dalam mengajukan permohonan KKPRL. Selain itu KKPRL juga diharapkan dapat mendorong tertib dan terpantaunya perencanaan ruang laut serta berperan dalam meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…