Tujuh Hotel Segera Beroperasi di KEK Mandalika NTB

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 Mei 2017 - 13:29 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, memastikan tujuh hotel siap beroperasi di wilayah tersebut pada 2019.

"Tujuh hotel yang dibangun tahun ini, bisa deliver di 2019-2020," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer seusai menandatangani nota kesepahaman dengan lima investor baru KEK Mandalika di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/5/2017)

Abdulbar menjelaskan pembangunan tujuh hotel yang akan menyediakan sebanyak 2.000 kamar itu akan didukung pengembangan lapangan golf maupun sirkuit balap untuk Motogp untuk mendorong sektor pariwisata di kawasan Lombok dan sekitarnya.

"Rencana penyediaan 10 ribu kamar dalam lima tahun, tapi jangka pendek 1.500 kamar dalam dua tahun. Kita juga siapkan kluster besar untuk sirkuit Motogp, hotel dan convention center seperti di Nusa Dua. Untuk studi, kita anggarkan 500 juta dolar untuk membangun seluas 120 hektare," katanya kepada awak media.

Dalam kesempatan tersebut, Abdulbar menandatangani lima Nota Kesepahaman, disaksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Dewan Nasional KEK Darmin Nasution, dengan lima investor dengan total sebesar Rp2 triliun di KEK Mandalika.

Dari lima investor tersebut terdapat dua investor asing, yaitu Sky Wealth dari Malaysia yang akan membangun hotel berbintang lima di area tepi pantai Tanjung Aan Mandalika, dan Jeju Olle Foundation dari Korea yang akan membangun Meresek Trail, jalan setapak jarak jauh di Bukit Meresek, Mandalika.

Sedangkan tiga investor lainnya merupakan investor lokal yaitu PT Bangun Megatama Wisata dan PT Metro Lestari Utama yang akan membangun hotel berbintang lima dan PT Alam Hijau Permata yang akan berinvestasi pada penyertaan modal di Hotel Pullman yang sedang dibangun oleh ITDC.

Penandatanganan lima kesepakatan ini menambah jumlah investor yang bekerja sama dengan ITDC dalam pemanfaatan lahan di Mandalika.

Saat ini, selain pembangunan badan jalan dan penataan kawasan, sebanyak empat investor telah bekerja sama dengan ITDC dalam membangun akomodasi bintang empat dan lima serta satu investor telah membangun fasilitas pengolahan air laut dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis atau SWRO.

ITDC juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Vinci Construction, BUMN konstruksi dari Prancis, untuk pembangunan Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektare, dilengkapi sirkuit balap kelas dunia, convention center, dan tujuh hotel.

Dalam lima tahun, KEK Pariwisata Mandalika diharapkan secara bertahap bisa menyediakan lapangan kerja baru bagi sekitar lima ribu pekerja.

Selain itu, industri kreatif masyarakat diperkirakan tumbuh pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan suplai bahan-bahan yang diperlukan untuk operasional properti yang akan berdiri di lahan kawasan seluas 1.175 hektare tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…