Tujuh Hotel Segera Beroperasi di KEK Mandalika NTB

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 Mei 2017 - 13:29 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, memastikan tujuh hotel siap beroperasi di wilayah tersebut pada 2019.

"Tujuh hotel yang dibangun tahun ini, bisa deliver di 2019-2020," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer seusai menandatangani nota kesepahaman dengan lima investor baru KEK Mandalika di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/5/2017)

Abdulbar menjelaskan pembangunan tujuh hotel yang akan menyediakan sebanyak 2.000 kamar itu akan didukung pengembangan lapangan golf maupun sirkuit balap untuk Motogp untuk mendorong sektor pariwisata di kawasan Lombok dan sekitarnya.

"Rencana penyediaan 10 ribu kamar dalam lima tahun, tapi jangka pendek 1.500 kamar dalam dua tahun. Kita juga siapkan kluster besar untuk sirkuit Motogp, hotel dan convention center seperti di Nusa Dua. Untuk studi, kita anggarkan 500 juta dolar untuk membangun seluas 120 hektare," katanya kepada awak media.

Dalam kesempatan tersebut, Abdulbar menandatangani lima Nota Kesepahaman, disaksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Dewan Nasional KEK Darmin Nasution, dengan lima investor dengan total sebesar Rp2 triliun di KEK Mandalika.

Dari lima investor tersebut terdapat dua investor asing, yaitu Sky Wealth dari Malaysia yang akan membangun hotel berbintang lima di area tepi pantai Tanjung Aan Mandalika, dan Jeju Olle Foundation dari Korea yang akan membangun Meresek Trail, jalan setapak jarak jauh di Bukit Meresek, Mandalika.

Sedangkan tiga investor lainnya merupakan investor lokal yaitu PT Bangun Megatama Wisata dan PT Metro Lestari Utama yang akan membangun hotel berbintang lima dan PT Alam Hijau Permata yang akan berinvestasi pada penyertaan modal di Hotel Pullman yang sedang dibangun oleh ITDC.

Penandatanganan lima kesepakatan ini menambah jumlah investor yang bekerja sama dengan ITDC dalam pemanfaatan lahan di Mandalika.

Saat ini, selain pembangunan badan jalan dan penataan kawasan, sebanyak empat investor telah bekerja sama dengan ITDC dalam membangun akomodasi bintang empat dan lima serta satu investor telah membangun fasilitas pengolahan air laut dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis atau SWRO.

ITDC juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Vinci Construction, BUMN konstruksi dari Prancis, untuk pembangunan Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektare, dilengkapi sirkuit balap kelas dunia, convention center, dan tujuh hotel.

Dalam lima tahun, KEK Pariwisata Mandalika diharapkan secara bertahap bisa menyediakan lapangan kerja baru bagi sekitar lima ribu pekerja.

Selain itu, industri kreatif masyarakat diperkirakan tumbuh pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan suplai bahan-bahan yang diperlukan untuk operasional properti yang akan berdiri di lahan kawasan seluas 1.175 hektare tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Minggu, 16 Juni 2019 - 10:00 WIB

Menperin: Perang Dagang Untungkan Indonesia

Indonesia dinilai memiliki peluang di tengah bergulirnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Sebab, Indonesia masih memiliki fundamental ekonomi yang kuat dalam menghadapi situasi…

Pembangunan drainase jalan nasional

Minggu, 16 Juni 2019 - 07:50 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional

Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan.

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Minggu, 16 Juni 2019 - 06:36 WIB

Libur Lebaran 2019 Transaksi Electronic Channel Mandiri Syariah Naik 60%

Jakarta -- Selama libur lebaran Mei 2019 transaksi electronic channel PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) naik 60% (year on year) dari Mei 2018.

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

Sabtu, 15 Juni 2019 - 18:00 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali Turun 7,83 Persen

BPS Provinsi Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing ke beberapa destinasi pariwisata di Bali mengalami penurunan hingga 7,83 persen untuk bulan April 2019 jika dibandingkan dengan bulan…

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:04 WIB

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendirikan layanan Dapur Umum untuk melayani pengungsi banjir bandang di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dapur umum…