Kejahatan Cyber Sudah Meresahkan, Yuk! Mulai Bijak Gunakan Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Juni 2021 - 18:45 WIB

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi menggelar acara webinar Literasi Digital untuk wilayah kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat peluncuran program Gerakan Nasional Literasi Digital mengungkapkan di antara pengguna internet di Indonesia yang semakin tinggi, saat ini kejahatan di ruang digital pun ikut mengkhawatirkan. Terlebih kejahatan yang memanfaatkan data pribadi.

"Tantangan di ruang digital semakin besar seperti adanya konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital," ujar Presiden Joko Widodo.

Salah satu narasumber yang memberikan wawasan terkait literasi digital adalah Aribowo Sasmito dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia yang memaparkan tentang pentingnya untuk melindungi data pribadi. Beberapa data penting biasanya disimpan di ponsel pribadi, namun ketika hilang apa yang tersimpan di dalamnya bisa saja dicuri atau disalahgunakan.

"Sebaiknya tidak menyimpan foto identitas diri seperti KTP atau SIM, serta sandi atau password, dan nomor rekening di dalam HP," kata Aribowo, pada acara Webinar Literasi Digital, Senin (7/6/2021).

Untuk menghindari kejahatan di dunia digital beberapa langkah bisa pencegahan perlu dilakukan. Misalnya dengan membuat password yang rumit kombinasi huruf angka dan tanda baca. Beberapa sistem keamanan di ponsel pribadi kita pun masih memiliki celah bagi para pelaku kejahatan.

Misalnya sandi pola yang dapat dengan mudah terlihat bila handphone dimiringkan dan terkena bias cahaya. Lalu finger print yang juga lemah bisa dipakai pelaku saat korban tak sadarkan diri. Sementara face ID saat ini sudah lebih canggih dengan 3 dimensi, hingga retina pun masih bisa dikelabui penjahat yang professional.

"Pasang autentifikasi dua faktor, supaya saat log in ada langkah tambahan. Hindari penggunaan satu kata kunci untuk semua,
Aribowo mengingatkan bahwa keamanan memang tidak sebanding dengan kenyamanan. Namun hal tersebut akan melindungi seseorang dari upaya peretasan email dan sosial media untuk penyalahgunaan," katanya.

"Masalahnya kalau satu kebobolan bakal kebobolan semua. Kelalaian kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan penyedia layanan," lanjutnya.

Saat ini banyak juga upaya penipuan lewat tautan yang diberikan lewat email maupun sms, sehingga disarankan untuk tidak sembarangan membuka tautan. Selain itu jangan bagikan kode OTP aktivasi, termasuk yang mengaku dari pihak penyedia layanan. Belakangan hacking pun bisa dilakukan dengan teknik sosial yang mengecoh pengguna.

"Apabila hp kita hilang, kadang ada yang berpikir bisa ganti nomor saja. Tapi kejadian ini bukan semata-mata lapor saja tapi untuk keselamatan diri kita, karena penjahat yang mengambil alih, pada saat dilacak tidak ketemu malah diri kita yang bisa dirugikan," tuturnya lagi.

Webinar Literasi Digital di Kota Depok, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada webinar kali ini hadir juga nara sumber lain seperti Ryan Juniardi dan Alditama Zain yang berbai ilmu tentang literasi digital. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…

Direktur PT Buana Finance Tbk (BBLD), Herman Lesmana, ketika memberikan informasi mengenai kinerja perseroan dalam acara paparan publik secara virtual usai RUPST di Jakarta, Jumat (18/06/2021). (Foto: Bang Abe)

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:42 WIB

32 Persen Laba Bersih 2020 Buana Finance Dibagikan sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Pemegang saham PT Buana Finance Tbk (BBLD) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (17/06/2021), menyetujui pembagian dividen tunai bernilai total Rp6,58 miliar…