Bamsoet Berharap Proyek Jembatan Bintan-Batam Terealisasi Guna Mendukung Sirkuit Balap Internasional Lagoi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Juni 2021 - 17:00 WIB

 Rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan
Rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan

INDUSTRY.co.id - Bintan - Ketua MPR Ri Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap pembangunan jembatan Bintan-Batam yang akan menghubungkan Pulau Bintan dan Pulau Batam, Kepulauan Riau bisa segera dilaksanakan.

Pasalnya, pembangunan jembatan tersebut akan memberikan manfaat sangat besar bagi perekonomian Pulau Bintan dan Pulau Batam. Khususnya, bagi rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus, pelabuhan peti kemas, kawasan industri di Tanjung Sauh, serta pengembangan pariwisata.

"Pembangunan jembatan Bintan-Batam akan memacu pertumbuhan ekonomi wilayah serta meningkatkan konektivitas di wilayah Kepulauan Riau. Mengurangi biaya transportasi dan waktu tempuh orang serta barang," ujar Bamsoet usai meninjau kawasan  Lagoi Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (3/6/21).

Turut serta Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar dan General Manager Bintan Resort Abdul Wahab. Hadir pula pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat antara lain Dewan Pembina Tinton Soeprapto, Dewan Pengawas Kombes (Pol) Syamsul Bahri, Hubungan antar Lembaga Junaedi Elvis serta Publikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho.

Ketua DPR RI ke-20 menuturkan, Bintan merupakan salah satu wilayah yang sangat cocok untuk mengembangkan sport tourism ataupun adventure tourism. Bintan memiliki pesona alam yang sangat Indah serta didukung infrastruktur penunjang yang sangat memadai.

"Tidak salah jika IMI bersama pemerintah daerah Kepri berencana membuat sirkuit balap internasional di Lagoi Bintan. Sirkuit Lagoi ini nantinya akan dipergunakan untuk berbagai ajang dan kegiatan otomotif. Mulai dari balap motor Formula 1, Moto GP, hingga balap mobil internasional," kata Bamsoet. 

Ketua Umum IMI ini memaparkan, pihak Bintan Resort telah menyiapkan lahan seluas 250 hektar untuk pembangunan sirkuit balap internasional Lagoi. Keberadaan sirkuit internasional diyakini Lagoi akan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Lagoi.

"Lokasi Bintan yang bersinggungan dengan Singapura dan Malaysia sangat strategis untuk dibuat sirkuit internasional. Apalagi saat ini banyak pemilik mobil sport Singapura dan Malaysia masih menggunakan jalur perbatasan antara Singapura dan Johor Baru Malaysia untuk bermain. Sebab, sirkuit khusus mobil sport tidak ada disana," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini optimis keberadaan sirkuit internasional Lagoi akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Bintan. Saat ini PAD Bintan 60 persennya berasal dari sektor pariwisata. 

"Bintan telah memiliki 2.000 kamar hotel yang siap menampung wisatawan dalam dan luar negeri. Salah satu hotel yang sangat unik adalah kapal pesiar Doulos Phos yang disulap menjadi hotel, bernama  Doulos Phos The Ship Hotel. Kapal berusia lebih dari 105 tahun ini memiliki 104 kamar dengan beragam fasilitas mulai dari restoran, kolam renang, bar hingga tenpat spa," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…