Ketua IMI Dukung Pegokart Kanaka Gusasi Bertarung di Kejuaraan Dunia FIA CIK Karting Academy Trophy 2021

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Mei 2021 - 14:00 WIB

Pegokart Kanaka Gusasi
Pegokart Kanaka Gusasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung kiprah pegokart muda Indonesia, Kanaka Gusasi, mengikuti kejuaraan dunia FIA CIK Karting Academy Trophy 2021 di Eropa. Rencananya, Kanaka dan tim akan berangkat pada 7 Juni 2021 dari Jakarta menuju Munich, Jerman, untuk mengikuti putaran pertama kejuaraan tersebut. 

Kanaka akan berada di Jerman pada 7 Juni hingga 21 Juni 2021. Setelah itu ia akan berada di Italia pada 9 Agustus hingga 16 Agustus 2021, kemudian Sweden pada 28 Agustus hingga 6 September 2021. 

"FIA Karting Academy Trophy 2021 akan diikuti 51 pegokart muda usia 12-14 tahun dari 50 negara. Mereka akan berkompetisi menggunakan chassis, mesin, dan ban yang sama. Keikutsertaan Kanaka Gusasi dalam ajang tersebut sangat membanggakan Indonesia. Kita patut mendukung dan mendoakan, semoga ia bisa mengasah keterampilan sekaligus mengambil banyak pelajaran dari ajang kompetisi internasional tersebut. Sehingga bisa terus memberikan hasil terbaik bagi dirinya dan juga bagi bangsa Indonesia," ujar Bamsoet usai menerima Kanaka Gusasi, di Jakarta, Kamis (27/5/21). 

Turut hadir antara lain Wakil Ketua Umum IMI Ananda Mikola serta manajer sekaligus ayah Kanaka Gusasi, Andre Gusasi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Kanaka Gusasi memulai olahraga gokart sejak tahun 2013, saat berusia 4 tahun 8 bulan. Mengikuti kompetisi pertama saat berusia 6 tahun, di Sentul International Carting Circuit. Pada tahun 2017 dan 2018, Kanaka juga berkesempatan mengikuti kejuaraan ROK Super Final di Italia. 

"Pada tahun 2019, Kanaka berhasil merebut gelar Juara Nasional di kelas mini. Pada tahun 2020, Kanaka menjadi Juara Umum di kelas Junior sekaligus menjadi juara umum termuda di kelasnya," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menekankan, melahirkan pembalap berkualitas internasional bukanlah pekerjaan instan. Bukan pekerjaan satu atau dua tahun. Melainkan pekerjaan jangka panjang yang berkesinambungan. Butuh proses pembinaan jangka panjang. 

"Dimulai dengan mengasah bibit muda dari usia 4 tahun. Karenanya IMI berkomitmen memfasilitasi sebanyak mungkin kejuaraan, dari mulai level junior sampai kejuaraan nasional dan internasional untuk mengasah kemampuan pembalap muda Indonesia," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…