Ketua IMI Dukung Pegokart Kanaka Gusasi Bertarung di Kejuaraan Dunia FIA CIK Karting Academy Trophy 2021

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Mei 2021 - 14:00 WIB

Pegokart Kanaka Gusasi
Pegokart Kanaka Gusasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung kiprah pegokart muda Indonesia, Kanaka Gusasi, mengikuti kejuaraan dunia FIA CIK Karting Academy Trophy 2021 di Eropa. Rencananya, Kanaka dan tim akan berangkat pada 7 Juni 2021 dari Jakarta menuju Munich, Jerman, untuk mengikuti putaran pertama kejuaraan tersebut. 

Kanaka akan berada di Jerman pada 7 Juni hingga 21 Juni 2021. Setelah itu ia akan berada di Italia pada 9 Agustus hingga 16 Agustus 2021, kemudian Sweden pada 28 Agustus hingga 6 September 2021. 

"FIA Karting Academy Trophy 2021 akan diikuti 51 pegokart muda usia 12-14 tahun dari 50 negara. Mereka akan berkompetisi menggunakan chassis, mesin, dan ban yang sama. Keikutsertaan Kanaka Gusasi dalam ajang tersebut sangat membanggakan Indonesia. Kita patut mendukung dan mendoakan, semoga ia bisa mengasah keterampilan sekaligus mengambil banyak pelajaran dari ajang kompetisi internasional tersebut. Sehingga bisa terus memberikan hasil terbaik bagi dirinya dan juga bagi bangsa Indonesia," ujar Bamsoet usai menerima Kanaka Gusasi, di Jakarta, Kamis (27/5/21). 

Turut hadir antara lain Wakil Ketua Umum IMI Ananda Mikola serta manajer sekaligus ayah Kanaka Gusasi, Andre Gusasi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Kanaka Gusasi memulai olahraga gokart sejak tahun 2013, saat berusia 4 tahun 8 bulan. Mengikuti kompetisi pertama saat berusia 6 tahun, di Sentul International Carting Circuit. Pada tahun 2017 dan 2018, Kanaka juga berkesempatan mengikuti kejuaraan ROK Super Final di Italia. 

"Pada tahun 2019, Kanaka berhasil merebut gelar Juara Nasional di kelas mini. Pada tahun 2020, Kanaka menjadi Juara Umum di kelas Junior sekaligus menjadi juara umum termuda di kelasnya," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menekankan, melahirkan pembalap berkualitas internasional bukanlah pekerjaan instan. Bukan pekerjaan satu atau dua tahun. Melainkan pekerjaan jangka panjang yang berkesinambungan. Butuh proses pembinaan jangka panjang. 

"Dimulai dengan mengasah bibit muda dari usia 4 tahun. Karenanya IMI berkomitmen memfasilitasi sebanyak mungkin kejuaraan, dari mulai level junior sampai kejuaraan nasional dan internasional untuk mengasah kemampuan pembalap muda Indonesia," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…