Kulit Berjerawat? Cobain Masker Wajah Dari Lidah Buaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 18 Mei 2021 - 12:30 WIB

Lidah Buaya (Ist)
Lidah Buaya (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kulit berjerawat memang sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Segala macam dilakukan untuk menhilangkan jerawat yang membandel, misalnya pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan kulit.

Namun biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan kulit berjerawat bisa dibilang cukup mahal dan menguras dompet. Maka, lebih baik perawatan kulit di rumah dengan lidah buaya. Mengapa?

Dilansir dari mdacne, Selasa (18/5/2021), lidah buaya merupakan tumbuhan tropis yang memiliki kandungan sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang dapat memperbaiki berbagai masalah kulit seperti jerawat. Berikut manfaat lidah buaya untuk perawatan kulit yang wajib Kamu coba di rumah.

Anti-inflamasi

Anti-inflamasi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lainnya dari kulit untuk menghindari iritasi kulit yang dapat menyebabkan peradangan. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan di sekitar kulit wajah dan membuat penyembuhan luka dan jerawat yang lebih cepat.

Memiliki sifat antibakteri

Ketika diaplikasikan langsung ke kulit, lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Lidah buaya dapat menenangkan kulit

Magnesium laktat yang ditemukan dalam gel lidah buaya adalah bahan kimia alami yang dapat melindungi dari sengatan matahari, peredam gatal, dan obat untuk kulit ruam. Kandungan tersebut juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan jerawat dan dapat menghentikan iritasi kulit.

Lidah buaya dapat meringankan bekas jerawat dan hiperpigmentasi

Aloesin merupakan senyawa yang terdapat di lidah buaya yang membantu mengurangi munculnya jaringan parut dan bintik-bintik gelap. Lidah buaya juga mengandung bahan kimia yang disebut antrakuinon yang membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi, yang mengarah pada pergantian sel untuk menciptakan kulit yang sehat dan bercahaya.

Dapat melembabkan kulit

Berkat tingginya jumlah mucopolysaccharides, tanaman lidah buaya memiliki sifat hidrasi yang luar biasa. Terdiri dari 98 persen air, sehingga lidah buaya memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu.

Lidah buaya dapat memperlambat tanda-tanda penuaan

Lidah buaya merangsang aktivitas fibroblas yang meningkatkan serat elastin dan produksi kolagen, menghaluskan keriput dan membuat kulit lebih elastis. Lidah buaya juga mengandung 18 asam amino dan beberapa vitamin lainnya untuk melawan radikal bebas yang mengarah pada keriput dan bintik-bintik.

Cara menggunakan lidah buaya di rumah

Ada berbagai cara yang bisa Kamu lakukan untuk menggunakan lidah buaya sebagai rutinitas di rumah. Meskipun kemungkinan tidak semua metode perawatan tidak akan efektif untuk semua orang, tapi kandungan yang terdapat di lidah buaya terbukti ampuh untuk perawatan kulit. Penelitian telah menemukan bahwa lidah buaya memiliki banyak kandungan baik yang menjadikannya pengobatan efektif untuk melawan jerawat.

Berikut cara membuat masker lidah buaya dengan tea tree oil (minyak pohon teh) di rumah. 

Pertama, siapkan gel lidah buaya di dalam wadah lalu teteskan dua hingga tiga tetes tea tree oil dan beri sedikit air. Lalu aduk hingga rata. 

Kemudian campuran tersebut dioleskan ke wajah secara merata. Tunggu hingga lima menit. Setelah itu, cuci atau bilas wajah dengan pembersih wajah. Diketahui, masker ini dipercaya dapat menyembuhkan jerawat ringan hingga sedang serta membuat kulit lebih terhidrasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…