S Hotels & Resorts Bukukan THB 182 juta dari Divestasi hotel di Inggris

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Mei 2021 - 14:00 WIB

Dirk De Cuyper, Chief Executive Officer S Hotels & Resorts (Foto Ist)
Dirk De Cuyper, Chief Executive Officer S Hotels & Resorts (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bangkok-S Hotels and Resorts Public Company Limited (SET: SHR), cabang perhotelan unggulan Singha Estate PCL (SET: S), telah mengungkapkan niatnya untuk mendivestasi sejumlah aset hotel berkinerja buruk di Inggris, sebagaimana bagian dari strateginya untuk mengoptimalkan portofolio Inggris dan memaksimalkan keuntungan.

Perusahaan telah mengumumkan untuk menandatangani perjanjian penjualan untuk 73-kamar Mercure Newbury Elcot Park. S Hotels & Resorts senilai GBP 4,25 juta. Selain itu, perseroan juga mempertimbangkan untuk melepas hingga lima hotel Inggris lainnya dalam portofolionya yang telah diidentifikasi sebagai aset non-inti. Hasil penjualan akan digunakan untuk diinvestasikan kembali dalam renovasi aset hotel dalam portofolio untuk meningkatkan produk dan berpotensi meningkatkan profitabilitas mereka.

Dirk De Cuyper, Chief Executive Officer S Hotels & Resorts,dalam siaran persnya kemarin mengungkapkan bahwa transaksi tersebut merupakan bagian dari strategi peningkatan portofolio perusahaan yang terdiri dari tiga elemen:

1.            Peningkatan aset: perusahaan sedang mengevaluasi untuk menempatkan untuk merenovasi aset inti hotel - aset yang secara konsisten memberikan kinerja yang solid dan dapat menghasilkan EBITDA yang lebih tinggi dengan program peningkatan yang tepat. Peningkatan ini akan meningkatkan keunggulan kompetitif hotel dan meningkatkan profitabilitas properti tersebut.

2.            Pelepasan aset: perusahaan bermaksud untuk melepaskan beberapa aset yang memiliki batasan pada perolehan laba, tetapi berpotensi dapat dijual dengan harga pasar. Perusahaan menargetkan penjualan 4-6 hotel yang termasuk dalam kriteria tersebut dan saat ini sedang dalam negosiasi untuk calon pembeli. Transaksi tersebut diharapkan selesai pada 2021-2022.

3.            Optimalisasi aset: 60% dari portofolio termasuk dalam kategori ini. Kami akan mencari peluang lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi grup ini untuk memungkinkan aset menjadi aset inti, misalnya konversi hak milik menjadi aset hak milik.

“Secara strategi, kami yakin jumlah hotel optimal dalam portofolio ini harus sekitar 20-21 hotel dan dalam jangka menengah hingga panjang kami ingin meningkatkan kinerja EBITDA portofolio ini kembali ke level puncak sebesar GBP 18 juta (THB 720 juta setara).

“Ini adalah bagian dari arah strategis kami untuk fokus pada memaksimalkan pengembalian portofolio kami dan menciptakan nilai bagi perusahaan dan investornya.” Mr. De Cuyper berkomentar.

“Secara strategis, kami yakin jumlah hotel optimal dalam portofolio ini harus sekitar 20-21 hotel dan dalam jangka menengah hingga panjang kami ingin meningkatkan kinerja EBITDA portofolio ini kembali ke level puncak sebesar GBP 18 juta (THB 720 juta setara).

“Ini adalah bagian dari arah strategis kami untuk fokus pada memaksimalkan pengembalian portofolio kami dan menciptakan nilai bagi perusahaan dan investornya, ” Mr. De Cuyper berkomentar.

Pada Februari 2021, S Hotels & Resorts menginvestasikan THB 560 juta untuk membeli 50% saham tambahan di 26 dari 29 hotel di Inggris Raya, meningkatkan total kepemilikan properti ini menjadi 100%. Ini menandai komitmen yang signifikan terhadap Inggris, yang mencerminkan kepercayaan perusahaan terhadap masa depan sektor perhotelan negara tersebut. S Hotels & Resorts percaya bahwa pembatasan perjalanan internasional yang sedang berlangsung dan program vaksinasi Inggris yang berhasil akan mendorong permintaan pariwisata domestik pada tahun 2021, diikuti dengan pemulihan perjalanan antar daerah mulai tahun 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 14:07 WIB

Masuk Kategori Industri Hijau, Sektor Petrokimia Kokoh Jadi Pondasi Industri Nasional

Industri Petrokimia di Indonesia adalah salah satu industri yang berfungsi sebagai tulang punggung industri dalam negeri.

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

Hotel Angsana Laguna Phuket Thailand

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Laguna Phuket Berkolaborasi industri untuk Konfirmasi Dibukanya Kembali Phuket pada Pasar Internasional 1 Juli

Tokoh-tokoh terkemuka dari sektor swasta dan pemerintah berkumpul di Angsana Laguna Phuket pada 12 Juni untuk mengkonfirmasi kembali pembukaan kembali Phuket untuk pengunjung internasional pada…

APD tenaga Medis (Foto Antaranews.com)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:57 WIB

Alhamdulilah, Puji Tuhan, Vaksin Terbukti Ampuh! 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Telah Sembuh

Kudus-Kondisi tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar COVID-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.

Sri Mulyani dan Presiden Jokowi

Senin, 21 Juni 2021 - 13:54 WIB

HBD Pak Jokowi! Sri Mulyani: Semoga Allah Selalu Melimpahkan Kekuatan dan Kesabaran Memimpin Indonesia

Hari senin ini menjadi hari yang sepesial bagi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, hari ini merupakan hari kelahiran Presiden Jokowi. Dikutip dari wikipedia, Jokowi…