Hankook Tire Ajak Kendaraan Niaga Tetap Waspada Saat Berkendara

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Mei 2021 - 15:00 WIB

Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia
Pabrik Ban Hankook Tire Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kendaran niaga pengangkut barang adalah salah satu dari moda transportasi yang diizinkan beroperasi saat periode Idul Fitri tanggal 6-17 Mei 2021. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021.

Keterbatasan mobilitas masyarakat, serta kebutuhan logistik yang meningkat menjelang hari raya membuat keberadaan kendaraan niaga semakin penting. Awal Mei ini, dikabarkan volume angkutan logistik di Pelabuhan Merak bahkan sempat meningkat hingga 70%.

President Director PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoon Soo Shin mengajak para pemilik dan pengelola kendaraan niaga termasuk fleet customer dari Hankook Tire untuk tetap waspada saat beroperasi di hari raya meskipun jumlah kendaraan penumpang diprediksi berkurang seiring adanya larangan mudik.

“Rem yang tidak berfungsi dengan baik dan kerusakan pada ban menjadi salah satu  penyebab kecelakaan paling umum. Inspeksi kendaraan sebelum berangkat wajib dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan dan meminimalisir risiko yang disebabkan kelalaian pribadi,” ungkap Yoon Soo Shin.

Sebagai produsen ban yang aktif menggarap pasar kendaraan niaga, Hankook Tire Sales Indonesia membagikan beberapa hal yang perlu diantisipasi oleh operator dan pengendara selama perjalanan.

National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni menyatakan, pengendara perlu menghitung beban dan muatan barang yang akan diangkut dengan akurat. “Setiap kendaraan niaga punya kapasitas dan dimensi masing-masing. Demikian juga dengan ban, ada kapasitas beban dan kecepatan maksimal. Maka sangat penting untuk memperhatikan muatan barang yang diangkut supaya tidak menyebabkan kerusakan pada kendaraan maupun beban. Perhatikan juga aturan pemerintah mengenai batas kapasitas armada, agar mencegah terjadinya ODOL (Over Dimension dan Over Loading),” jelas Ahmad.

Menurut Ahmad, pecah ban menjadi salah satu insiden kecelakaan truk yang cukup banyak terjadi di jalan tol. “Penyebab terjadinya pecah ban dapat dilatarbelakangi dari beberapa faktor. Namun yang terpenting, pengendara perlu memahami bahwa setiap ban memiliki ketahanan atau batasan yang berbeda terhadap kecepatan maksimum atau beban maksimum dari kendaraan itu sendiri,” jelasnya.

Demi meminimalisir terjadinya pecah ban saat kendaraan niaga melintasi jalan tol, kenali speed index (indeks kecepatan) dan load index (indeks muatan) pada ban. Kedua indeks ini dapat diketahui pada kode yang menempel di dinding ban. Dikarenakan banyak kode yang tertera, speed index digambarkan pada huruf. MIsalnya, huruf J yang juga sebagai simbol kecepatan dan juga berarti ban mampu berjalan dengan kecepatan 100kpj dengan menanggung buatan sesuai load index.

Sementara itu, untuk kapasitas atau load index, perhatikan angka tiga digitnya. Sebagai contoh, 146/143 menggambarkan load index atau kemampuan ban menanggung muatan. Selanjutnya, terdapat dua load index yakni tunggal untuk bagian depan dan ganda untuk ban belakang. Jika menurut tabel load index, kode 146 dapat menanggung berat hingga 3.000 kg sedangkan 143 mampu hingga 2.725 kg.

“Dengan memperhatikan load index dan speed index, pengendara diharapkan dapat memahami kemampuan kendaraan dan dapat memilih ban  yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi. Sehingga pecah ban pun juga dapat diminimalisir.” pungkas Ahmad.

Selain pecah ban, Ahmad memaparkan roda truk copot juga tak luput menjadi salah satu insiden yang terjadi di jalan tol. Selain dapat membahayakan pengendara, ban roda copot juga bisa membahayakan pengemudi lain. “Penyebabnya macam-macam, bisa karena pemasangan yang tidak sempurna, baut dan murnya kurang kencang atau bahkan baut yang putus,” ungkapnya.

Hankook Tire selalu berupaya untuk mendampingi kebutuhan logistik dan niaga masyarakat. Beberapa produk andalan di antaranya adalah model AH31 dan AH30 yang menjadi pilihan utama perusahaan angkutan bus dan truk di Indonesia karena dilengkapi dengan pola tapak yang sesuai untuk kondisi on-road atau jalan halus. Selain itu, AM09 dan AM81 bagi truk ringan maupun berat serta DM04 yang biasa digunakan kendaraan pertambangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…