Graduation Wirakriya Millenial 2020 Bakti Telkom Bangun Ekonomi

Oleh : Wiyanto | Selasa, 11 Mei 2021 - 23:21 WIB

Salah satu peserta program Wirakriya Millenial 2020 yang ditujukan kepada wirausaha yang berada di 5 destinasi kota wisata super prioritas di Indonesia
Salah satu peserta program Wirakriya Millenial 2020 yang ditujukan kepada wirausaha yang berada di 5 destinasi kota wisata super prioritas di Indonesia

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Sebagai bentuk dukungan dalam memajukan para pelaku ekonomi lokal khususnya milenial, Telkom bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Republik Indonesia menggelar rangkaian Program Wirakriya Millenial 2020 yang ditujukan kepada wirausaha yang berada di 5 destinasi kota wisata super prioritas di Indonesia, yakni Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Pada akhir April 2021, telah dilaksanakan graduation untuk Program Wirakriya Millenial 2020 di mana lebih dari 2.000 peserta mendaftar dengan rincian Labuan Bajo 351 proposal, Danau Toba 492 proposal, Mandalika 327 proposal, Likupang 337 proposal, dan Borobudur 500 proposal. Angka tersebut jauh melampaui target yang ditetapkan sebelumnya yaitu 200 peserta per lokasi. Dalam acara Graduation Wirakriya Millenial 2020, Senior General Manager Community Development Center Telkom, Hery Susanto memberikan plakat simbolis secara virtual kepada 23 peserta yang telah menjadi new startup dan telah menyelesaikan keseluruhan rangkaian program.

Program Wirakriya Millenial 2020 memberikan kepada wirausaha muda seperti Website, Webinar, Presentasi Proposal dan Penjurian, Social Media Handling, Social Media Ads, KOL dan Buzzer serta serangkaian pelatihan, workshop, dan pembiayaan modal. Pelatihan yang telah berlangsung sukses sejak bulan Oktober hingga akhir November 2020 digelar di Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Melalui program ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan skala usaha wirausaha muda sehingga mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor wisata dan kreatif di 5 destinasi utama.

Program Wirakriya Millenial 2020 terdiri dari tahap seleksi, tahap pengembangan dan tahap peningkatan. Pada tahap seleksi dilakukan kegiatan webinar untuk wirausaha, pengajuan proposal peserta dan penjurian untuk memilih Top 50. Pada tahap kedua, 50 peserta yang proposalnya terpilih memasuki tahap pengembangan seperti pembekalan, coaching dan mentoring dan sharing expert. Setelah melewati enam bulan tahap seleksi dan pengembangan, terpilih 23 news startup, 10 create cash, dan 16 create product. Selanjutnya peserta terpilih masuk ke tahap ketiga, tahap peningkatan di mana menjadi mitra binaan Telkom dan mengembangkan bisnis.

“Telkom menaruh harapan besar agar Wirakriya Millenial 2020 dapat merubah UMKM yang dikonotasikan jadul dan kolot menjadi UMKM modern yang mengadopsi teknologi digital. Dengan mengoptimalkan peran digitalisasi, semoga para pelaku usaha lokal terutama milenial dapat mengembangkan usaha dan menjadi UMKM yang go digital, go modern, go global. Wirausaha milenial yang merupakan ekonom muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja baru terutama dari lingkungan sekitar, serta dapat menggerakkan ekonomi masyarakat agar semakin memajukan bisnis dan usahanya. Hal ini kelak akan membentuk plasma UMKM baru di sekitarnya dan memunculkan multiplier effect untuk lebih menggerakkan tumbuhnya ekonomi di masyarakat,” ungkap Pujo Pramono, Vice Corporate Communication Telkom di Jakarta (10/5).

Pujo mengharapkan seluruh peserta Wirakriya Millenial 2020 dapat merasakan manfaat program ini seperti menambah wawasan bisnis, meningkatkan motivasi dan inspirasi untuk semakin percaya diri dalam membuka lapangan kerja baru serta lebih siap bersaing dalam bisnis mendapatkan modal usaha dan pelatihan sehingga bisnis dapat lebih berkembang yang berdampak pada peningkatan perekonomian.

“Kita meyakini bahwa digitalisasi memberikan peran yang sangat penting untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tutup Pujo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…