PHRI: Jelang Ramadhan dan Lebaran 2017, Okupansi Hotel Akan Menurun

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Mei 2017 - 14:22 WIB

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2017, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukmandani mengatakan, bahwa akan ada penuruan di kuartal II, yakni pada bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Haryadi mengatakan kepada INDUSTRY.co.id, di Jakarta Selasa (16/5/2017), bahwa, "Untuk kuartal I terjadi penuruan untuk okupansi hotel. Jika dibandingkan tahun 2016, kuartal pertama di tahun 2017 terjadi penurunan tipis," jelasnya.

Ia menambahkan, adapun penuruan di kuartal I ini disebabkan adanya over supply kamarnya lebih banyak, adanya pemangkasan anggaran dari pemerintah serta banyaknya hari libur.

"Di kuartal II nanti kita akan mengalami penurunan di bulan puasa selama hampir lima minggu, untuk hotel yang terdapat di kota-kota besar," sambungnya.

Pada bulan Ramadhan di kuartal II okupansi hotel di kota besar akan menurun, tetapi yang akan menikmati peningkatan okupansi yang tinggi hanya di daerah tujuan wisata saja, tambahnya.

"Jadi mungkin akan membaik di kuartal III atau ke IV. Untuk mensiasati penurunan di kuartal sebelumnya memang agak berat, tetapi memang kita akan membuat rencana, salah satunya dengan mendorong turis untuk datang ke Indoneisa serta melakukan pergerakan perjalanan wisatawan domestik, di tahun depan," pungkasnya Haryadi Sukmandani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:00 WIB

Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

Sebuah helikopter gagal mendarat tidak jauh dari Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu sore (6/6/2020).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:55 WIB

Operasi Pengendalian Transportasi Berakhir, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Kembali Dibuka Secara Bertahap Mulai Malam Ini

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyatakan bahwa pengoperasian kembali Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap.

Aice

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:30 WIB

Respon Kunjungan UPTDK Kemnaker Terkait PHK Sejumlah Karyawan, Aice Group Rampungkan Empat Poin Perbaikan Nota Pengawasan Ketenagakerjaan

“Per hari ini kami menyatakan Aice Group telah merampungkan semua poin dalam nota pengawasan ketenagakerjaan. Berbagai perbaikan yang perusahaan jalankan membuktikan bahwa perusahaan selalu…

Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:26 WIB

Dukung Konservasi Satwa, Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

HERO Group membantu meringankan beban operasional Taman Safari Indonesia akibat dampak COVID-19 sebagai perwujudan tanggung jawab sosial perusahaannya (CSR)

Pengusaha Basuki

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:13 WIB

Gelontorkan Ratusan Juta, Bos Airmas Group Ingin Anak Muda Kuasai Industri Digital

Basuki Surodjo Pengusaha Airmas Group membagikan hadiah mencapai ratusan juta rupiah.