PHRI: Jelang Ramadhan dan Lebaran 2017, Okupansi Hotel Akan Menurun

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Mei 2017 - 14:22 WIB

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2017, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukmandani mengatakan, bahwa akan ada penuruan di kuartal II, yakni pada bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Haryadi mengatakan kepada INDUSTRY.co.id, di Jakarta Selasa (16/5/2017), bahwa, "Untuk kuartal I terjadi penuruan untuk okupansi hotel. Jika dibandingkan tahun 2016, kuartal pertama di tahun 2017 terjadi penurunan tipis," jelasnya.

Ia menambahkan, adapun penuruan di kuartal I ini disebabkan adanya over supply kamarnya lebih banyak, adanya pemangkasan anggaran dari pemerintah serta banyaknya hari libur.

"Di kuartal II nanti kita akan mengalami penurunan di bulan puasa selama hampir lima minggu, untuk hotel yang terdapat di kota-kota besar," sambungnya.

Pada bulan Ramadhan di kuartal II okupansi hotel di kota besar akan menurun, tetapi yang akan menikmati peningkatan okupansi yang tinggi hanya di daerah tujuan wisata saja, tambahnya.

"Jadi mungkin akan membaik di kuartal III atau ke IV. Untuk mensiasati penurunan di kuartal sebelumnya memang agak berat, tetapi memang kita akan membuat rencana, salah satunya dengan mendorong turis untuk datang ke Indoneisa serta melakukan pergerakan perjalanan wisatawan domestik, di tahun depan," pungkasnya Haryadi Sukmandani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…