Kesepakatan Telah Ditandatangani, Sarinah dan Parna Raya Kini Miliki Saham 50/50 Pada Property Sari Pacific Hotel

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 Mei 2021 - 12:57 WIB

Penandatanganan kesepakatan antara Sarinah dan Parna Raya
Penandatanganan kesepakatan antara Sarinah dan Parna Raya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah melalui penantian yang cukup panjang, akhirnya kesepakatan antara PT Sarinah (Persero) dan PT Parna Raya telah ditandatangani. Keduanya merupakan mitra bisnis pemilik dan pengelola Sari Pacific hotel Jakarta.

Kesepakatan ini merupakan penegasan kembali terhadap akta kerjasama para pihak yang disahkan pada 25 Juli 2007, dimana pada intinya adalah para pihak mendapatkan dan menempatkan saham secara equal atau 50/50 pada property Sari Pacific hotel.

Hotel Sari Pacific sebagai salah satu pionir hotel internasional di Jakarta adalah aset bisnis yang menjanjikan selain karena lokasinya, hotel ini telah memiliki banyak pelanggan dan jejaring kerjasama dengan industri travel dan tourism baik di dalam maupun di luar negeri.

Hal ini merupakan pertimbangan kuat bagi kedua pihak mendasari settlement ini, karena prospek bisnis yang masih cerah dan akan lebih bermakna jika kemitraan ini berlanjut (sustain) dengan azas yang saling menguntungkan.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa instansinya sedang terus menggalakan sinerji BUMN dan melakukan berbagai usaha perampingan dan fokus bisnis pada core dan kelompok usahanya.

"Khusus untuk hotel, banyak BUMN yang memiliki aset dan mengoperasikan hotel. Maka hotel Sari Pacific ini juga nanti akan dikelompokkan pada klaster hotel BUMN sehingga potensi bisnis bisa dicapai melalui sinerji dan knowledge maupun wealth sharing," kata Erick Thohir yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (7/5/2021).

Yang perlu terus dijaga, menurut Erick Thohir, adalah aset yang paling bernilai yaitu mutual trust antara para mitra dan saling percaya ini tentunya tidak mudah didapatkan karena banyak ujiannya.

"Alhamdulillah segala bentuk perselisihan antara Sarinah dan Parna Raya kini telah usai. Mari bersama kita transformasi aset dan bisnis Sari Pacific hotel untuk meraih potensi pasar masa depan. Jangan lupa, Sari Pacific hotel pernah memiliki masa jaya dan masih memiliki ekuitas bisnis dan ekuitas brand yang menjanjikan," ungkap Erick.

Sementara itu, Fetty Kwartati Direktur Utama PT Sarinah (Persero) sangat berharap Sari Pacific hotel dapat bertransformasi seperti yang Sarinah sedang kerjakan sehingga pusat perhatian dan sumber daya pengembangan bisnis Sarinah dan Sari Pacific hotel bisa sejalan dalam spirit transformatif dengan mengedepankan visi terbarukan Sarinah yaitu Nurturing Excellence. 

Fetty berharap kelak dalam klaster hotel BUMN agar menyerap sebanyak mungkin produk UMKM dan produk nusantara dimana Sarinah akan berperan sebagai kurator dan promotor nation brand.  

"Saya menghargai dan berterima kasih kepada Pak Erick Thohir dan jajarannya, serta pimpinan dan seluruh karyawan PT Parna Raya dan berharap agar kemitraan strategis yang telah berjalan selama ini dapat menjadi lebih baik, lebih bermakna dan saling menguntungkan. Let us move ahead together," kata Fetty.

Penandantangan kesepakatan antara PT Sarinah (Persero) dan PT Parna Raya ini dilakukan pada Selasa, 4 Mei 2021, di kantor Kementerian BUMN dan disaksikan oleh Menteri BUMN dan jajaranannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…