DPRD NTB Imbau Pemprov Ambil Sikap Tegas Terkait Pemutusan Kontrak GTI

Oleh : Baiq Alfia Nur Chandra Mustika | Kamis, 06 Mei 2021 - 14:45 WIB

Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (Foto:tripsavvy)
Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (Foto:tripsavvy)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Terkait kasus pengelolaan tata kelola aset Pemprov NTB di Gili Trawangan dengan PT Gili Trawangan Indah (GTI), DPRD NTB beranggapan bahwa Pemprov NTB sudah mengambil keputusan yang tepat.

DPRD NTB juga mengapresiasi sikap tegas yang diambil pemerintah NTB dengan melakukan pemutusan kontrak kerja tersebut.

“Saya meyakini pemprov memiliki perencanaan dan konsep tata kelola aset tanah Gili Trawangan. Itu tetap kita tunggu dan liat,” kata salah satu anggota fraksi Gerindra DPRD NTB, Sudirsah Sujanto yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (6/5/2021).

DPRD NTB percaya bahwa pemerintah NTB sejak awal sudah memiliki data jumlah pengelola lahan, namun disarankan untuk segera membentuk tim khusus untuk melakukan verifikasi dan validasi ulang semua pengelola lahan terkait.

“Langkah ini penting, untuk mendapatkan kejelasan data fakta sekaligus guna mendapat bahan yang akurat untuk realokasi dan pengelolaan kedepannya,” kata politisi dengan daerah Dapil KLU tersebut.

Sudirsah menegaskan, pemerintah NTB juga perlu untuk mempertimbangkan lahan-lahan yang sudah dikelola oleh pihak GTI dalam kurun waktu satu dekade terakhir, baik oleh pihak asing yang berbasis PMA, PMDN dengan nilai investasi sejumlah miliaran rupiah melalui sistem kerjasama  kontrak tahunan dengan para penggarap, meski tidak mengantongi izin legal.

Oleh karena itu, perlu kehati-hatian pada saat proses asesmen, karena diprediksi bahwa proses pendataan ulang tentunya akan membuat suasana gaduh dan mengganggu investasi khususnya pada sektor pariwisata di daerah Lombok.

Jika merujuk pada aturan yang berlaku, tentunya pemerintah NTB mempunyai hak dan kewenangan dalam pengelolaan kembali aset Pemprov NTB tersebut, dan hal ini tidak boleh sampai berlarut-larut karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru dan merepotkan stakeholder terkait.

“Kondisi sepi akibat pandemi COVID-19 saat ini bisa dimanfaatkan pemprov untuk melakukan pendataan atau berbagai hal perbaikan,” sambungnya.

DPRD NTB juga menaruh harapan besar kepada gubernur terkait pembuatan surat keputusan atas kembalinya aset pihak GTI ke pemerintah NTB. Selain itu, pemerintah daerah dihimbau untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya warga Gili Trawangan dan pihak GTI terkait status lahan tersebut.

Hal ini diharapkan akan membantu memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat, serta agar dapat menjaga kestabilan sektor pariwisata pada daerah Tiga Gili.

Terkait belum adanya reaksi yang diberikan oleh pihak PT GTI terhadap pemutusan kontrak tersebut, Sudirsah menyebut bahwa pemerintah memoliki langkah dan strategi sendiri. “Kita sebagai pemerintah tentu memiliki strategi dan langkah secara yuridis maupun sebagai pemerintah daerah untuk mempertahankan hak milik daerah.” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

Hotel Angsana Laguna Phuket Thailand

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Laguna Phuket Berkolaborasi industri untuk Konfirmasi Dibukanya Kembali Phuket pada Pasar Internasional 1 Juli

Tokoh-tokoh terkemuka dari sektor swasta dan pemerintah berkumpul di Angsana Laguna Phuket pada 12 Juni untuk mengkonfirmasi kembali pembukaan kembali Phuket untuk pengunjung internasional pada…

APD tenaga Medis (Foto Antaranews.com)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:57 WIB

Alhamdulilah, Puji Tuhan, Vaksin Terbukti Ampuh! 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Telah Sembuh

Kudus-Kondisi tenaga kesehatan (nakes) di Kudus, Jawa Tengah, yang sempat terpapar COVID-19 akibat menangani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan kini telah berangsur pulih.

Sri Mulyani dan Presiden Jokowi

Senin, 21 Juni 2021 - 13:54 WIB

HBD Pak Jokowi! Sri Mulyani: Semoga Allah Selalu Melimpahkan Kekuatan dan Kesabaran Memimpin Indonesia

Hari senin ini menjadi hari yang sepesial bagi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, hari ini merupakan hari kelahiran Presiden Jokowi. Dikutip dari wikipedia, Jokowi…

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi

Senin, 21 Juni 2021 - 13:45 WIB

Miliki Potensi Sangat Besar, Kemenperin Bakal Pacu Standarisasi Industri di Riau

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya untuk mendorong pengembangan dan peningkatan daya saing industri di Provinsi Riau.