Bahaya! Ini Kesalahan Menyimpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Mei 2021 - 11:15 WIB

SIkat Gigi (Shutterstock)
SIkat Gigi (Shutterstock)

INDUSTRY.co.id - Ternyata menyimpan sikat di dalam kamar mandi itu punya tata caranya, lho! Mungkin ini terlihat sepele dan banyak orang yang asal meletakkan sikat gigi. Padahal jika tidak memperhatikan cara meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi, bisa menjadi sarang perkembangan kuman dan penyakit.

The Journal of Hospital Infection menyebutkan partikel kotoran, kuman setelah buang air besar masih bisa menempel di kursi toilet. Kemudian hal tersebut diperburuk jika jendela terbuka, atau kipas dan udara masuk membuat partikel kotoran tersebut menempel di sikat gigi yang Kamu gunakan. 

Maka dari itu, dilansir dari laman bestlifeonline, Rabu (5/5/2021) berikut yang perlu diperhatikan ketika menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi.

Jauhkan sikat gigi dari toilet

Pertama-tama, simpan sikat gigi sejauh mungkin dari toilet. Semakin jauh menyimpannya, semakin kecil kemungkinan sikat gigi Kamu terkontaminasi kuman dan bakteri. 

Tutup toilet sebelum disiram

Setelah buang air, biasakan untuk menutup tutup toilet terlebih dulu supaya kuman dan bakteri tidak berterbangan dan menempel di sikat gigi kamu. 

Menurut Studi pada 2011 menyebutkan, partikel  tidak ditemukan di permukaan kamar mandi jika toilet tertutup rapat setelah buang air. 

Tutup sikat gigi setelah bulunya kering

The American Dental Association (ADA), mengatakan pastikan bulu halus sikat gigi kering sebelum menutupnya. Hal ini dilakukan agar permukaan bulu halus tersebut kering dengan sempurna dan tidak ada kuman yang menempel di sikat gigi. 

Rutin mengganti sikat gigi

Sikat gigi harus diganti kira-kira setiap tiga hingga empat bulan atau lebih sering jika bulu sudah mulai kotor ataupun rusak. Hal ini dilakukan karena efektivitas sikat menurun saat bulu sikat gigi menjadi rusak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…