Bahaya! Ini Kesalahan Menyimpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Mei 2021 - 11:15 WIB

SIkat Gigi (Shutterstock)
SIkat Gigi (Shutterstock)

INDUSTRY.co.id - Ternyata menyimpan sikat di dalam kamar mandi itu punya tata caranya, lho! Mungkin ini terlihat sepele dan banyak orang yang asal meletakkan sikat gigi. Padahal jika tidak memperhatikan cara meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi, bisa menjadi sarang perkembangan kuman dan penyakit.

The Journal of Hospital Infection menyebutkan partikel kotoran, kuman setelah buang air besar masih bisa menempel di kursi toilet. Kemudian hal tersebut diperburuk jika jendela terbuka, atau kipas dan udara masuk membuat partikel kotoran tersebut menempel di sikat gigi yang Kamu gunakan. 

Maka dari itu, dilansir dari laman bestlifeonline, Rabu (5/5/2021) berikut yang perlu diperhatikan ketika menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi.

Jauhkan sikat gigi dari toilet

Pertama-tama, simpan sikat gigi sejauh mungkin dari toilet. Semakin jauh menyimpannya, semakin kecil kemungkinan sikat gigi Kamu terkontaminasi kuman dan bakteri. 

Tutup toilet sebelum disiram

Setelah buang air, biasakan untuk menutup tutup toilet terlebih dulu supaya kuman dan bakteri tidak berterbangan dan menempel di sikat gigi kamu. 

Menurut Studi pada 2011 menyebutkan, partikel  tidak ditemukan di permukaan kamar mandi jika toilet tertutup rapat setelah buang air. 

Tutup sikat gigi setelah bulunya kering

The American Dental Association (ADA), mengatakan pastikan bulu halus sikat gigi kering sebelum menutupnya. Hal ini dilakukan agar permukaan bulu halus tersebut kering dengan sempurna dan tidak ada kuman yang menempel di sikat gigi. 

Rutin mengganti sikat gigi

Sikat gigi harus diganti kira-kira setiap tiga hingga empat bulan atau lebih sering jika bulu sudah mulai kotor ataupun rusak. Hal ini dilakukan karena efektivitas sikat menurun saat bulu sikat gigi menjadi rusak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi hukum (ist)

Rabu, 16 Juni 2021 - 07:26 WIB

Komisi III DPR RI Apresiasi Langkah Cepat Kapolri Berantas Mafia Tanah

Anggota Komisi III DPR RI, Santoso mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas respon cepat dalam melakukan penindakan mafia tanah di sejumlah daerah, khususnya di Jawa…

Ketua Hipmi Mardani H.Maming

Rabu, 16 Juni 2021 - 07:00 WIB

HIPMI Persiapkan Anak Muda Berbisnis untuk 50 Tahun ke Depan di Era Bonus Demografi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) telah memasuki usia ke-49 tahun pada 2021 ini. Dalam acara hari ulang tahun yang dihadiri oleh para anggota dan para mantan ketua umum (mantum) HIPMI,…

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir

Rabu, 16 Juni 2021 - 06:00 WIB

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir Laksanakan OlahRaga Bersama

Dalam rangka meningkatkan disiplin prajurit dan upaya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas agar tidak mudah terserang penyakit termasuk virus Covid-19 Prajurit Batalyon…

Prajurit Batalyon Infanteri 4 Marinir

Rabu, 16 Juni 2021 - 05:45 WIB

Prajurit Batalyon Infanteri 4 Marinir Laksanakan Pelajaran Patroli

Dalam rangka meningkatkan naluri tempur, prajurit Batalyon Infanteri 4 Marinir (Yonif 4 Mar) mengasah kemampuan dengan melaksanakan pelajaran drill patroli tempur bertempat di lingkungan Kesatrian…

Prajurit Petarung Gurita Cakti Yonif 5 Marinir

Rabu, 16 Juni 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Petarung Gurita Cakti Yonif 5 Marinir Latihan Menembak

Dalam rangka mengasah dan meningkatkan kemampuan menembak senjata laras panjang (SS-2), prajurit Petarung ‘Gurita Cakti’ Yonif 5 Marinir melaksanakan latihan menembak di lapangan tembak…