Ahli Gizi Sebut Tubuh Manusia Butuh Bodyguard Meski Punya Sistem Imunitas Innate yang Dibawa dari Lahir, Ini Alasanya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Mei 2021 - 15:40 WIB

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa tubuh manusia mempunyai sistem imunitas Innate (yang dibawa dari lahir) dan Adaptif (yang diperoleh setelah lahir misalnya karena terinfeksi atau melalui vaksinasi).

Kendati demikian, sistem imun tubuh ini tetap harus dijaga fungsinya agar tetap kuat. “Penjaganya adalah beberapa zat gizi seperti Protein, Vitamin C, Zink, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin D. Nah, penjaga inilah yang kita sebut bodyguard,” kata Dr. Rita yang dikutip INDUSTRY.co.id pada peluncuran Segar Dingin SDC-1000, Senin (3/5/2021).

Dr Rita mengungkap bahwa, tubuh manusia setiap saat mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Dia juga mengingatkan bahwa aktivitas yang padat akan memberikan berbagai tekanan psikologis yang tentunya akan berpengaruh pada fisiologis tubuh.

"Tak hanya itu, tekanan tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya stres fisiologis dan psikologis yang akan menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas, termasuk dari aktivitas tubuh kita seperti bernafas," tambahnya.

Dr Rita menyampaikan bahwa faktor penyebab lainnya adalah kualitas dan kuantitas tidur yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, selain konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dibutuhkan asupan “bodyguard” agar kondisi tubuh lebih terjaga.

“Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan. Oleh karena itu, memang kita harus memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Setiap orang membutuhkan sekitar 1,5 g vitamin C per kg,” tambahnya.

Vitamin C sendiri mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan  bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan kelapa sawit yaitu Stearin dan Olein yang dilakukan secara virtual antara PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas SaranaTbk)

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:23 WIB

Citra Borneo dan Grand Resources Teken Kontrak Kerjasama Jual Beli Stearin dan Olein

Pangkalan Bun - PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (GRGS) menandatangani perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan…

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…