Ahli Gizi Sebut Tubuh Manusia Butuh Bodyguard Meski Punya Sistem Imunitas Innate yang Dibawa dari Lahir, Ini Alasanya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Mei 2021 - 15:40 WIB

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa tubuh manusia mempunyai sistem imunitas Innate (yang dibawa dari lahir) dan Adaptif (yang diperoleh setelah lahir misalnya karena terinfeksi atau melalui vaksinasi).

Kendati demikian, sistem imun tubuh ini tetap harus dijaga fungsinya agar tetap kuat. “Penjaganya adalah beberapa zat gizi seperti Protein, Vitamin C, Zink, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin D. Nah, penjaga inilah yang kita sebut bodyguard,” kata Dr. Rita yang dikutip INDUSTRY.co.id pada peluncuran Segar Dingin SDC-1000, Senin (3/5/2021).

Dr Rita mengungkap bahwa, tubuh manusia setiap saat mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Dia juga mengingatkan bahwa aktivitas yang padat akan memberikan berbagai tekanan psikologis yang tentunya akan berpengaruh pada fisiologis tubuh.

"Tak hanya itu, tekanan tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya stres fisiologis dan psikologis yang akan menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas, termasuk dari aktivitas tubuh kita seperti bernafas," tambahnya.

Dr Rita menyampaikan bahwa faktor penyebab lainnya adalah kualitas dan kuantitas tidur yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, selain konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dibutuhkan asupan “bodyguard” agar kondisi tubuh lebih terjaga.

“Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan. Oleh karena itu, memang kita harus memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Setiap orang membutuhkan sekitar 1,5 g vitamin C per kg,” tambahnya.

Vitamin C sendiri mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan  bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi hukum (ist)

Kamis, 06 Mei 2021 - 07:00 WIB

Diulangi Lagi, Kreditur IOI Temui Penyidik Polri yang Paksakan Pasal Pidana

Khawatir dana hilang, sejumlah kreditur produk High Yield Promissory Notes (HYPN) PT IndoSterling Optima Investa (IOI) diketahui kembali menemui penyidik Mabes Polri yang memaksakan pasal pidana…

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat membuka “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:43 WIB

Catat! CSR Perusahaan Berdampak Positif untuk Pencitraan

Perusahaan tidak hanya hadir untuk mencari profit dan imbal hasil untuk para pemegang saham. Perusahaan juga harus memiliki kebermanfaatan lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan. Bagaimana…

Pamglima TNI dan Menkominfo Plate

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:00 WIB

Menkominfo Jonny G Plate dan Panglima TNI Bahas Persiapan Pembangunan 5000 BTS, Termasuk di Papua

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. dan Waasintel…

Prajurit Batalyon Infanteri 2 Marinir

Kamis, 06 Mei 2021 - 05:45 WIB

Prajurit Batalyon Infanteri 2 MarinirTingkatkan Ketangkasan Karate

Meningkatkan kemampuan seorang prajurit yang handal dan selalu mematikan adalah kemampuan bela diri yang selalu diasah dan dilatih secara tepat, seperti anggota Batalyon Infanteri 2 Marinir…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono

Kamis, 06 Mei 2021 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen Suhartono Ikuti Peringatan Nuzulul Quran

Di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) TNI AL Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menghadiri peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan di Mesjid At-Taqwa…