Akan Jadi Kota Mandiri Masa Depan, Adhi City Sentul Hadirkan Fasilitas Kesehatan Premium di Dalam Kawasan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:37 WIB

Rumah sakit didalam kawasan
Rumah sakit didalam kawasan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Adhi Commuter Properti (ACP), anak perusahaan dari BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) kian mantap untuk mengembangkan kota mandiri masa depan lewat project terbarunya yakni Adhi City Sentul.

Diproyeksikan sebagai sebuah kawasan mixed-use township yang mengadaptasi konsep Transit Oriented Development (TOD), Adhi City Sentul memiliki total pengembangan seluas 150 ha dan lokasi yang sangat strategis yakni hanya 0 km dari Pintu Tol Sirkuit Sentul, Adhi City Sentul dapat dijangkau dalam jangka waktu 20 menit dari Jakarta atau 5 menit dari Kota Bogor, serta terintegrasi langsung dengan rencana Stasiun LRT Sentul.

Berada tepat di pintu gerbang kawasan Sentul yang masih asri dan segar, dengan pemandangan langsung Gunung Pancar, Gunung Salak, dan Gunung Gede-Pangrango, Adhi City Sentul akan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung hunian dalam sebuah kawasan township masa depan, seperti apartemen, hotel, perkantoran, mall, rumah sakit, sekolah, area rekreasi dan leisure, area sportainment, edu-tainment, hingga titik stasiun intermoda, integrasi park and ride, shuttle bus, dan moda lainnya ke Stasiun LRT Sentul, di tengah nuansa alam Sentul yang masih asri.

Selain Adhi City Sentul, di sekitar kawasan ini juga terdapat pengembangan LRT City Sentul oleh PT Adhi Commuter Properti yang ketiganya akan menjadi CBD masa depan di pintu gerbang kawasan Sentul dan Kabupaten Bogor dengan tajuk New Gate of Sentul.

Kawasan ini nantinya  akan diproyeksikan sebagai pusat bisnis, destinasi wisata baru, dan tentunya kawasan hunian yang berkualitas tinggi di Sentul dan Semua kegiatan bisnis akan dipusatkan sepanjang Tol Jagorawi, dimulai dari Sirkuit Sentul hingga Sentul Selatan, dengan tetap mempertahankan nuansa alam dan leisure.

Menurut Nanang Safrudin, Project Director Adhi City Sentul, dalam pengembangannya Adhi City Sentul mengadaptasi 5 prinsip TOD Adhi Commuter Properti diantaranya yang pertama adalah Walkable, di mana area pengambangan diwujudkan sebagai kawasan yang terjangkau oleh pejalan kaki, pesepeda, ataupun  pengguna non-motorised transport (NMT) lainnya.

"Sehingga penghuni ataupun pengunjung menjadi lebih sehat, udara kawasan menjadi lebih segar, dan kegiatan yang vibrant membuat area menjadi lebih aman, selain kemudahan yang tetap terjaga selama berkegiatan. Adhi City Sentul memiliki jaringan organic walkways dan bike line khusus untuk pedestrian serta pesepeda," kata Nanang yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (1/5/2021).

Yang kedua, menurut Nanang, adalah Mixed-Use di mana kawasan menyediakan kegiatan yang beragam, mulai dari hunian, komersial, pendidikan, kesehatan, keagamaan, perkantoran, hotel, hingga ruang-ruang hijau untuk berekreasi yang terjangkau dan terkoneksi satu sama lain.

"Ketiga Densify, di mana dalam mewujudkan keterjangkauan diperlukan struktur kawasan yang padat dan efektif, sehingga masih menjaga ruang hijau dan lingkungan alam yang lestari," ungkap Nanang.

Ke empat adalah Connect, di mana koneksi terbaik dengan beragam pilihan adalah salah satu hal paling menarik yang ditawarkan oleh Adhi City Sentul. Kawasan berlokasi hanya 0 km/ 1 menit dari Pintu Tol Sirkuit Sentul dan di masa depan akan terintegrasi langsung dengan stasiun LRT. "Selain itu kawasan juga didesain untuk menyediakan area bagi pesepeda, shuttle bus, dan tentunya area bagi pejalan kaki," tambahnya.

Yang terakhir, lanjut Nanang, adalah Shift & Transit, di mana setelah ada beragam opsi transportasi, keleluasaan untuk berpindah-pindah moda disediakan melalui area shift and transit yang nyaman, yang berorientasi ke transit area Stasiun LRT Sentul sebagai titik utama.

“Segala konsep dan fasilitas yang dikembangkan di Adhi City Sentul tentunya menjadi kesempatan yang menarik bagi calon penghuni untuk mendapatkan lingkungan dan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif di kawasan yang terintegrasi ke titik-titik kegiatan utama kawasan Jabodetabek. Kawasan Sentul menjadi ‘the last piece of natural serenity’, kawasan yang bentang alamnya masih terjaga, namun tetap terintegrasi dengan baik ke area Jabodetabek. Potensi ini tentunya mendukung calon penghuni untuk mendapatkan work-life balance, tetap aktif berkarir di tengah kawasan dengan lingkungan natural yang terjaga untuk meraih hidup yang sehat dan seimbang.” tambah Nanang

Adhi City Sentul berada di titik terbaik pengembangan kawasan Sentul, tepat di bibir tol, atau 0 KM Pintu Toll Sirkuit Sentul dan terintegrasi dengan Stasiun LRT Sentul di masa depan. Pada tahap pengembangan pertama, Adhi City Sentul meluncurkan cluster rumah tapak terbaru, Bhumi Anvaya, dengan total 352 unit.

Merespons situasi kesehatan masyarakat terkini terhadap pandemi yang tengah kita lalui setahun terakhir, Putu Praditya, sekalu Project Marketing Manager memaparkan bahwa Adhi City Sentul menawarkan konsep #StaySafeatAdhiCity.

Dimana Adhi City Sentul menyediakan fasilitas-fasilitas yang menjamin kesehatan, hygiene, keselamatan, dan kenyamanan calon penghuni, mulai dari handwashing spot di banyak titik, pengecekan suhu secara berkala, fasilitas publik yang menunjang distancing, hingga spot-spot wifi dan Co-Hub sehingga penghuni masih bisa nyaman dan produktif jika bekerja dari rumah ataupun di sekitar kawasan.

“Selain fasilitas yang telah disebutkan di atas, Kawasan Adhi City Sentul direncanakan akan melakukan pembangunan Rumah Sakit di atas lahan Kawasan, bekerjasama dengan mitra strategis yang berpengalaman di bisnis Rumah Sakit. Alasan didirikannya Rumah Sakit di dalam Kawasan Adhi City Sentul yaitu meningkatnya kebutuhan atas layanan kesehatan yang ramah dan bergaya namun tetap mengutamakan kualitas. Serta mampu mempermudah dan memberi kenyamanan penghuni Adhi City Sentul terkait dengan akses yang mudah dan dekar menuju fasilitas kesehatan.” ucap Putu.

Saat ini Adhi City Sentul sedang memulai pembangunan cluster pertama Bhumi Anvaya dengan produk berkonsep Minimalist House, ARUNA. ARUNA tersedia dalam tiga ukuran bangunan dan tanah, yaitu LB/LT 40/60 (standard), LT/LB 50/60 (deluxe), serta LT/LB 70/60 (prime). Tersedia juga variasi ukuran tanah di tipe-tipe hook.

Adhi City Sentul, melalui Minimalist House ARUNA menghadirkan desain Rumah Sehat dengan penggunaan jendela besar di setiap ruang untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami agar ruangan tetap sehat dan tidak lembab. ARUNA didesain dengan sistem cross-ventilation dan hi-ceiling agar sirkulasi udara di dalam rumah dapat berputar dengan baik. Selain itu, lokasi ARUNA juga dikelilingi oleh kawasan hijau yang memberikan kenyamanan dan kesegaran untuk beraktivitas di luar rumah.

Minimalist House ARUNA memiliki layout rumah yang efektif dan fungsional, dengan aksen fasad minimalist namun tegas. ARUNA memiliki potensi pemanfaatan ruang yang beragam untuk produktivitas penghuni rumah. Ruang tersebut dapat difungsikan sebagai extra-ruang untuk berbagai kegiatan sesuai kebutuhan penghuni.

Minimalist House ARUNA juga memungkinkan untuk dapat dikembangkan sebagai sebuah rumah tumbuh. ARUNA dapat dibangun secara bertahap menyesuaikan kebutuhan, waktu dan kondisi penghuni. Penambahan massa bangunan sebagai Rumah Tumbuh dapat dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal.

ARUNA dengan standar desain 2 lantai, dapat menjadi dasar yang fungsional, sehingga penambahan ruang dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih ringan. Meskipun memerlukan waktu lebih, namun dari segi pembiayaan konsep Rumah Tumbuh terbukti sangat efektif untuk mewujudkan rumah impian dengan menyesuaikan jumlah anggaran dari penghuninya.

Tambahan ruang juga bisa dimanfaatkan beragam sesuai keinginan penghuni, mulai dari kids playing room, hobby room, study room, kamar anak, ruang ibadah, atau extra space untuk work-from-home.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…