PLN Gelontorkan Investasi Sebesar Rp 9,38 Milyar untuk Listriki Tiga Pulau Bersejarah di Kepulauan Banda

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 April 2021 - 11:01 WIB

Pembangunan Jaringan Listrik PLN
Pembangunan Jaringan Listrik PLN

INDUSTRY.co.id - Maluku Tengah - PLN berhasil menghadirkan listrik pada 3 pulau yang berada di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Adapun ketiga pulau tersebut antara lain Pulau Rhun, Pulau Ay dan Pulau Hatta. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara mengatakan, langkah ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari PLN dalam mendukung pariwisata dan perekonomian masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada para stakeholder, khususnya masyarakat yang telah antusias membantu kami dalam proses penurunan mesin sehingga sesuai jadwal yang kami harapkan," kata Adams dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (27/4/2021).

Dengan investasi senilai Rp 9,38 milyar, PLN menyediakan 4 (empat) mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan kapasitas masing-masing 40 (kilo watt) kW dan 100 kW di Pulau Rhun, 100 kW di Pulau Ay serta 40 kW di Pulau Hatta. 

Selain itu, PLN juga membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dengan panjang total 8,2 kilo meter sirkuit (kms) untuk melistriki 989 pelanggan di ketiga pulau tersebut. 

Dengan terlistrikinya ketiga pulau tersebut, PLN berharap dapat mendukung sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Diketahui, Kepulauan Banda terkenal dengan destinasi yang eksotis bagi wisatawan domestik dan mancanegara.  Menilik dari sisi sejarah, Kepulauan Banda juga dikenal dengan kekayaan rempahnya.

Pulau Rhun bahkan pernah tercatat dalam Perjanjian Breda yang merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…

Love Lake di Laguna Al Qudra, Dubai (Instagram/faz3)

Senin, 17 Mei 2021 - 14:00 WIB

Love Lake, Laguna Berbentuk Hati di Gurun Dubai

Dubai menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan asing untuk berlibur. Memiliki kota yang mewah dan megah serta pemandangan yang indah, Dubai menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi.…