Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Oleh : Wiyanto | Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan
EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik mulai menjadi pilihan utama para praktisi bercocok tanam.

Jika dilihat dari pengertiannya, hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air. Dalam metode ini, tidak diperlukan media tanah dan dalam prakteknya lebih ditekankan kepada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Nah meningkatnya tren hidroponik, tentu harus dibarengi dengan pengetahuan tentang perawatan tanaman hidroponik. Selain harus memperhatikan kondisi air dan wadah, para pegiat hidroponik juga harus memantau keamanan tanaman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi tanaman hidroponik adalah dengan bantuan kamera pintar. Perangkat canggih ini memiliki banyak keuntungan dari sisi kemudahan instalasi hingga fitur yang canggih.

EZVIZ sebagai brand smart home security terdepan di global, berkomitmen untuk menghadirkan layanan pengawasan terbaik ke penggunanya. Dalam sebuah Instagram live bersama Hidroponikpedia @hidroponikpedia, EZVIZ berkesempatan untuk memamerkan C3N yang merupakan kamera pengawas outdoor dengan beragam fitur yang bermanfaat untuk mengawasi tanaman hidroponik.

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk perlindungan yang lebih proaktif di setiap saat. Mode tersebut memungkinkan pengguna untuk menentukan area pengawasan secara manual, dimana seketika terdeteksi gerakan dari tamu tak diundang perangkat EZVIZ C3N akan memperingatkan pengguna melalui notifikasi di aplikasi EZVIZ. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang tersemat di dalam EZVIZ C3N memberikan kapabilitas kepada perangkat untuk secara spesifik mendeteksi pergerakan manusia, sehingga meningkatkan efektivitas peringatan pada pengguna.

"EZVIZ C3N sangat bermanfaat untuk menjaga kebun hidroponik. Selain menjaga dari perilaku tak bertanggung jawab, saya juga dapat dengan mudah memantau perkembangan tanaman hidroponik, memantau tumbuh kembangnya dan dapat memantau dari serangan hama seperti burung maupun binatang seperti serangga, maupun dari manusia yang ingin merusak atau mencuri tanaman tersebut. Setiap gerakan mencurigakan akan langsung dikirim ke smartphone,” ujar Bayu Widhi Nugroho selaku Founder Hidroponikpedia.

Untuk kondisi malam hari yang cukup gelap, EZVIZ C3N juga mampu menangkap tayangan jernih dengan resolusi hingga Full High Definition 1080p berkat dua lampu inframerah dan dua lampu sorot terintegrasi ke dalam perangkat. Kombinasi lampu sorot dan inframerah memberikan kapabilitas EZVIZ C3N untuk 3 mode penglihatan malam, mode pertama black and white yang memanfaatkan lampu inframerah, mode kedua color night vision yang memberikan penglihatan malam berwarna dengan memanfaatkan lampu sorot, dan mode ketiga smart night vision yang secara otomatis beralih dari tayangan hitam putih ke tayangan berwarna dengan menyalakan lampu sorot seketika terdeteksi gerakan manusia di area sekitar. Fungsi otomatis ini dapat memberikan perlindungan lebih proaktif kepada pengguna untuk mengusir kedatangan tamu tak diundang yang berniat mencuri tanaman hidroponik atau mengamati perkembangan tanaman hidroponik tersebut.

"EZVIZ C3N mampu merekam hingga 1080p sehingga pengguna mendapatkan hasil rekaman yang jernih. Perangkat ini juga secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi malam hari yang gelap. EZVIZ C3N adalah pilihan terbaik keluarga Indonesia untuk mengawasi area outdoor,” ujar Oktavia Mega Wati, Marketing Manager EZVIZ Indonesia.

Pengalaman EZVIZ sejak 2013 telah melayani masyarakat Indonesia akan produk smart camera dan CCTV terbaik bagi para konsumen. Pengalaman yang kaya dan kualitas produk yang baik membuat EZVIZ menjadi pilihan merek yang cocok untuk para pegiat hidroponik. Smart camera yang ditawarkan EZVIZ merupakan solusi mudah, cepat, dan terjangkau yang dapat dipraktekkan oleh seluruh orang baik yang sadar akan teknologi maupun tidak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan kelapa sawit yaitu Stearin dan Olein yang dilakukan secara virtual antara PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas SaranaTbk)

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:23 WIB

Citra Borneo dan Grand Resources Teken Kontrak Kerjasama Jual Beli Stearin dan Olein

Pangkalan Bun - PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group (Singapore)Pte, Ltd. (GRGS) menandatangani perjanjian kerjasama jual-beli (Offtake Agreement) penyediaan produk turunan…

Presiden Jokowi tinjau Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:11 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Mencapai 73 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional, kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pembangunan proyek tersebut saat…

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…