Akhirnya, Sri Mulyani Bawa Kabar Gembira Buat Jutaan Pelaku UMKM! Pemerintah Anggarkan Bantuan Rp184 T dan Insentif Usaha Rp58 T

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 18 April 2021 - 19:23 WIB

Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)
Menkeu Sri Mulyani (foto Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa UMKM telah mengalami pukulan keras karena pembatasan mobilitas masyarakat saat pandemi Covid-19.

"Padahal mereka memiliki porsi besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Menkeu Sri Mulyani, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di instagram @smindrawati pada Minggu (18/4/2021).

Menurutnya, untuk menjaga daya tahan UMKM, pemerintah ditahun 2021 ini mengalokasikan bantuan anggaran untuk UMKM dan korporasi.

"Pemerintah mengalokasikan anggaran dukungan sebesar Rp184,83 triliun, serta dukungan insentif usaha sebenar Rp58,46 T triliun untuk UMKM dan Koperasi," tandasnya.

Pasalnya, UMKM berperan penting dalam menciptakan kesempatan kerja dan memacu kreativitas masyarakat dalam membuat sebuah produk yang berkualitas. 

Selain dukungan itu, acara-acara yang mempromosikan UMKM, seperti UMKM Fest seperti yang diselenggarakan oleh Bank BCA diharapkan UMKM mampu dapat semakin terpacu semangatnya untuk terus berkarya dan meningkatkan produktivitasnya.

"Saya mengapresiasi inisiatif yang sangat baik dari sektor swasta ini karena telah berpartisipasi bersama pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional," kata Sri Mulyani.

Semoga, sambungnya, ke depan akan ada forum-forum lain bagi UMKM untuk saling bertukar pengalaman, menggali ide-ide kreatif baru, meningkatkan kualitas produk, mengembangkan akses pasar baru, dan terpenting berbagi pengetahuan dalam menanggulangi tantangan seperti pandemi ini.

"Kepada seluruh pelaku UMKM, terus bersemangat, terus berjuang, dan terus tekuni bidang yang telah Anda pilih dengan seluruh kemampuan pikiran. Yakinlah perjuangan ini akan membuahkan hasil yang baik, sehingga produk-produk UMKM kelak dapat menembus pasar domestik maupun global," papar Sri Mulyani.

"Bangkitnya UMKM adalah bangkitnya ekonomi Indonesia!," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.