Kabar Gembira! Menko Airlangga Berjanji Akan Mencari Solusi Terbaik bagi Pelaku Industri Musik Tanah Air

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 15 April 2021 - 19:48 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu perwakilan industri musik tanah air
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu perwakilan industri musik tanah air

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa upaya untuk memulihkan ekonomi nasional terus dilakukan Pemerintah.

Berbagai stimulus lintas sektor telah diberikan demi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Setelah menerima audiensi para pelaku industri kreatif khususnya animasi dan komik serta insan perfilman beberapa waktu yang lalu. Menko Airlangga kembali menerima audiensi para musisi Indonesia.

“Terkait kegiatan seni budaya ini mulai PPKM Mikro Periode ke empat tanggal 23 Maret 2021 - 5 April sudah diizinkan beroperasi 25% dengan protokol kesehatan. Pada dasarnya Pemerintah terbuka yang penting tetap menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE),” katanya dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (15/4/2021).

Pada kesempatan ini, para promotor musik dan musisi menyampaikan bahwa meskipun konser virtual sudah digaungkan sebagai bentuk adaptasi ketika masa pandemi, tetapi Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia Dino Hamid mengatakan bahwa achievement industri musik secara keseluruhan ada pada kehadiran penonton secara langsung.

Dalam banyak hal, terutama terkait para pekerja yang di industri musik, konser secara virtual masih sulit menggantikan konser yang digelar secara langsung.

Selanjutnya, Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia Chandra Darusman beserta para promotor musik dan musisi lainnya menyampaikan usulan-usulan konstruktif yang diharapkan dapat memulihkan industri musik Indonesia.

Beberapa usulan tersebut terkait dengan sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk melibatkan para musisi dalam projek-projek Pemerintah yang sedang dikerjakan atau pemberian stimulus berupa bantuan langsung terhadap projek yang dilakukan.

Selain itu, para penggerak industri musik tersebut tetap berharap agar Pemerintah mengupayakan terselenggaranya konser yang digelar secara langsung dengan tetap menerapkan ketentuan CHSE dan adanya bantuan berupa alat screening (Swab Test Antigen atau Genose) yang bisa digunakan untuk membantu berlangsungnya pertunjukan.

Upaya tersebut diharapkan dapat menciptakan snowball effect dan citra kuat kembali hidupnya industri musik dan pertunjukan.

Sementara Menko Airlangga sendiri menyatakan pada intinya menerima  usulan-usulan yang disampaikan oleh para pegiat musik serta akan dibicarakan lebih lanjut antara tim teknis dari Pemerintah dan tentunya juga bersama para pelaku industri musik.

Pada pembahasan teknis tersebut Menko Airlangga mengharap usulan-usulan yang bersifat praktis dapat disampaikan kepada Pemerintah untuk bahan mencari jalan keluar bersama-sama.

“Terima kasih saya ucapkan kepada para musisi dan promotor musik. Saya sangat mengapresiasi, mengingat musik adalah hal yang begitu dekat dengan masyarakat. Tiada hari tanpa musik," kata Airlangga.

"Tentu kita juga akan carikan jalan yang terbaik untuk industri ini,” pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anak Kecanduan Gadget (Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 15:00 WIB

Solusi Dari Psikolog Jika Anak Mengalami Krisis Identitas hingga Bullying di Ruang Digital

Saat ini gadget dapat digunakan oleh semua kalangan bahkan, anak-anak pun sudah mahir menggunakannya. Kondisi ini tentunya sangat memprihantikan terlebih, di masa pandemi ini anak-anak mungkin…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 21 Juni 2021 - 14:30 WIB

Menperin Agus Bawa Kabar Gambira! Ekspor Industri Pengolahan Naik 30% Capai USD 66,70 Miliar

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai USD66,70 miliar, naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar…

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 14:07 WIB

Masuk Kategori Industri Hijau, Sektor Petrokimia Kokoh Jadi Pondasi Industri Nasional

Industri Petrokimia di Indonesia adalah salah satu industri yang berfungsi sebagai tulang punggung industri dalam negeri.

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

Hotel Angsana Laguna Phuket Thailand

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Laguna Phuket Berkolaborasi industri untuk Konfirmasi Dibukanya Kembali Phuket pada Pasar Internasional 1 Juli

Tokoh-tokoh terkemuka dari sektor swasta dan pemerintah berkumpul di Angsana Laguna Phuket pada 12 Juni untuk mengkonfirmasi kembali pembukaan kembali Phuket untuk pengunjung internasional pada…