Siap-siap! Hyundai STARIA Rintis Mobil Masa Depan, Futuristik Kayak Pesawat Ruang Angkasa

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 April 2021 - 08:00 WIB

Hyundai Satria
Hyundai Satria

INDUSTRY.co.id - Seoul - Hyundai Motor Company secara resmi meluncurkan lini produk multi-purpose vehicle (MPV) terbaru, STARIA, melalui pemutaran perdana secara digital, dan menetapkan sebuah model masa depan dari Hyundai untuk Purpose Built Vehicle (PBV).

Peluncuran STARIA melanjutkan transformasi Hyundai Motor sebagai Smart Mobility Solution Provider atau Penyedia Solusi Mobilitas Cerdas dan mewujudkan metode desain 'inside-out' Hyundai yang menekankan pada keluasan interior serta kegunaannya.

STARIA merupakan respon dari Hyundai terhadap perubahan kebutuhan konsumen dengan menawarkan fitur-fitur inovatif, penuh makna, dan mendefinisikan kembali pengalaman perjalanan di dalam mobil yang sejalan dengan visi perusahaan, 'Progress for Humanity'.

STARIA hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi[1]dan tersedia dalam dua varian: STARIA dan STARIA Premium yang meningkatkan mobilitas ke level berikutnya dengan peningkatan fitur dan sentuhan akhir eksklusif untuk tampilan dan nuansa yang lebih mewah.

“Kami sangat senang untuk memperkenalkan STARIA, yang mewakili upaya terbaru kami untuk mempelopori evolusi mobilitas, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer, dalam siaran pers yang diterima Redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu (14/4/2021).

“STARIA merupakan sebuah kemajuan dalam menghubungkan kita untuk semakin dekat dengan lingkungan sekitar sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak makna dari kehidupan kita sehari-hari dan melakukan lebih banyak hal untuk diri kita sendiri di setiap perjalanan," sambungnya.

Penataan Desain Exterior yang Premium dan Futuristik

Menghadirkan bentuk seperti pesawat ruang angkasa, desain eksterior yang mulus dari STARIA didefinisikan oleh layaknya sebuah gerakan dari depan ke belakang, terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa.

Bagian depan STARIA dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan sebuah lampu pendukung yang memanjang di bagian depan kendaraan, serta gril radiator dengan kesan yang tebal dan lebar dengan pola yang unik.

Siluet tampilan depan yang bersih semakin diperkuat dengan sepasang lampu depan yang rendah. Hyundai menggunakan warna eksterior yang sama untuk semua bagian depan kendaraan untuk memaksimalkan gaya modern dan orisinil dari STARIA.

STARIA tipe Premium menampilkan aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, grille, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu untuk menekankan tampilan premium dan modern dari kendaraan ini.

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka. Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional 'hanok' dari Korea yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan.

Selain itu, tema desain dari STARIA turut diaplikasikan ke bagian belakang, menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, sedangkan tipe STARIA Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik.

Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

STARIA tersedia dalam delapan warna eksterior: Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Grey Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Grey Metallic dan Gaia Brown Pearl.

Transformasi Mobilitas untuk Waktu Berkualitas saat di Perjalanan

Sisi tnterior STARIA menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV. Interior STARIA juga terinspirasi dari kapal pesiar untuk menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif.

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic menciptakan ruang yang luas dan memberikan semangat bagi semua penumpang.

Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman.

Tata ruang interior STARIA yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang.

Sebuah laci penyimpanan di kursi penumpang baris pertama dipindahkan ke bagian depan untuk memberikan ruang kaki ekstra.

Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan berteknologi tinggi dengan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol.

Kluster digital mobil ini terletak di atas dasbor, memberikan pandangan yang luas dan tidak terhalang bagi pengemudi.

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah.

Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

STARIA Premium menawarkan berbagai fitur interior tambahan yang akan mengubah pengalaman mobilitas para penumpang.

Tipe Premium mobil 7-seater ini dilengkapi dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.

Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman serta membagi berat penumpang dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Meskipun kursi penumpang bagian tengah dapat dibaringkan dengan mode ini, terdapat ruang yang cukup bagi penumpang dewasa untuk duduk dengan nyaman pada baris ketiga, hal ini didukung oleh tata ruang interior STARIA yang luas.

Kemudian, kursi perorangan pada tipe Premium 9-seater, di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga.

Hal ini membuat STARIA tipe Premium ideal untuk kendaraan perusahaan atau berfungsi sebagai tempat kerja di dalam mobil, karena para penumpang dapat membalikkan tempat duduk mereka dan melakukan pertemuan tatap muka.

Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi yang dapat diputar ini karena para penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi pada baris ketiga.

Lampu mood ambient dengan 64 pilihan warna, tersedia pada semua varian STARIA Premium yang memberikan suasana interior yang asri. Pencahayaan langsung dan tidak langsung yang harmonis dapat secara selektif menerangi area kokpit, konsol, pintu, dan bagian penyimpanan barang bawaan. Perasaan premium semakin ditingkatkan dengan sound system Bose

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Afgansyah Reza

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:35 WIB

Ini Rahasia Kulit Kalem Afgan, Somethinc Calm Down Series

Afgansyah Reza yang akrab di panggil Afgan, merupakan seorang penyanyi single yang dikenal luas oleh publik dengan pribadi yang karismatik, calming dan tidak pernah berhenti dalam mengeksplorasi…