Wow! Pertamedika IHC Bersama Google Cloud Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi di 73 Rumah Sakit BUMN

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 13 April 2021 - 11:42 WIB

Pertamedika IHC Bersama Google Cloud
Pertamedika IHC Bersama Google Cloud

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pertamedika IHC mengumumkan peluncuran Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi yang diberi nama One Solution System (OSS) di seluruh jaringan rumah sakit yang terdiri dari 73 rumah sakit BUMN.

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC dan menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi teknologi perawatan kesehatan untuk meningkatkan pengalaman pasien dan memajukan penelitian di bidang medis.

Implementasi ini didukung penuh oleh Google Cloud Indonesia dengan memberikan bantuan teknologi melalui EBconnect.

Satu sumber tepercaya untuk data pasien

Mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin (check-up) hingga pencitraan medis, industri pelayanan kesehatan sangat mengandalkan data untuk mendorong peningkatan kualitas perawatan pasien.

Sebagai akibatnya, industri layanan kesehatan menghadapi tantangan data yang semakin meningkat: membuat data, menyimpan data, dan menganalisis data untuk menemukan insight yang bermanfaat.

Platform OSS yang dimiliki oleh Pertamedika IHC akan membuat satu sumber tepercaya bagi informasi medis pasien dalam bentuk digital--termasuk alergi, penyakit, hasil pemeriksaan laboratorium, pengobatan, prosedur bedah, sekaligus data dari aplikasi Telemedis Seluler berbasis Android yang baru saja diluncurkan, IHC Telemed.

Melalui sudut pandang yang komprehensif terkait data perawatan kesehatan setiap pasien, dokter dapat mendiagnosis penyakit pasien dengan lebih baik. Dengan membangun sistem OSS di Google Cloud, Pertamedika IHC juga dapat memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yang aman, fleksibel, dan terhubung untuk memperluas skala penerapan sistem ini ke seluruh jaringan rumah sakit secara nasional.

Melindungi privasi dan keamanan data layanan kesehatan dengan Google Cloud
Keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi merupakan hal yang sangat penting bagi penyedia layanan kesehatan.

Melalui kemitraan ini, Pertamedika IHC akan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yang sangat mengutamakan keamanan, strategi pertahanan mendalam, manajemen identitas yang komprehensif, keamanan jaringan, serta kemampuan untuk mendeteksi dan merespons ancaman.

Selain itu, Google Cloud region Jakarta juga akan membantu Pertamedika IHC memenuhi persyaratan kepatuhan dari pemerintah.

“Selama puluhan tahun, data perawatan kesehatan tersimpan dan tersebar di berbagai tempat, padahal interoperabilitas data kesehatan sangatlah penting untuk memberikan kualitas perawatan yang lebih baik, terutama di masa sekarang ini ketika perawatan virtual semakin diminati. Kemampuan sistem OSS Pertamedika IHC untuk menyelaraskan berbagai sumber data yang sebelumnya tersebar itu akan membantu para dokter membuat keputusan medis yang lebih baik, dan memungkinkan kami untuk memajukan strategi inovasi digital dengan percaya diri dalam hal kepatuhan dan keamanan data,” ucap dr. Fathema Djan Rachmat, Direktur Utama Pertamina IHC dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (13/4/2021).

“Bekerja sama dengan Google, kami juga berkesempatan untuk mengeksplorasi bagaimana smart data analytics mereka, solusi kecerdasan buatan,dan bahkan Google Maps dan YouTube dapat membantu kami memajukan operasional dan layanan yang dapat ditawarkan rumah sakit kami kepada pasien.”ungkapnya.

Memajukan penelitian medis dan hasil pelayanan kesehatan dalam skala besar

Mendigitalkan data pasien dan hasil pengobatan melalui sistem OSS akan memberikan manfaat tambahan dalam memajukan upaya Pusat Penelitian Digital Pertamedika IHC.

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat IoT dan aplikasi kesehatan digital, Pertamedika IHC akan mengeksplorasi bagaimana solusi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) Google Cloud dapat mempercepat laju penemuan dengan menjalankan algoritme pada data pasien yang telah disamarkan guna mengungkap metode perawatan dan protokol baru untuk perawatan pasien.

“Kami bangga menjadi mitra transformasi digital Pertamedika IHC dan dapat membantu organisasi rumah sakit yang berwawasan ke depan ini untuk menata kembali pelayanan kesehatan di sepanjang prosesnya. Dengan cara ini, kami juga dapat membantu meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Megawaty Khie, Country Director Google Cloud di Indonesia.

Dikutip dari pernyataan Direktur Keuangan Pertamedika IHC Catur Dermawan mengatakan “Kerja sama kami dengan Google Cloud sangat penting untuk roadmap jangka panjang IHC. Dengan memanfaatkan smart data analytics dan keahlian di bidang AI dari Google Cloud, Pertamedika IHC tidak perlu membuat mesin AI sendiri sehingga kami bisa memfokuskan sumber daya teknologi kami untuk memberikan insight yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih akurat kepada para dokter dan pasien guna mendukung proses pengambilan keputusan.”

Juga dikemukakan oleh San Emirza Harahap, Digital Lead di Pertamedika IHC, “Solusi jangka panjang adalah solusi paling penting untuk mengakselerasi evolusi perawatan kesehatan di Indonesia. IHC Digital Research Center kami baru permulaannya saja. Pekerjaan rumah terbesar kami adalah memanfaatkan data yang sudah ada, memaksimalkannya, serta memastikan anak dan cucu kita mewarisi petta, exa, atau bahkan zettabyte data yang bermanfaat, sehingga mereka dapat melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi perawatan kesehatan baru untuk memberikan nilai lebih kepada masyarakat di masa depan.”

“Dari perspektif operasional, pekerjaan kami dengan Google cloud sangat produktif. Berkat teknologi baru yang disediakan oleh Google Cloud, kami di Pertamedika-IHC dapat dengan mudah melakukan proses otomasi dalam hal penerapan sistem, perubahan skala server, dan mengelola aplikasi secara real-time. Di sisi lain kami akan berupaya sangat meminimalkan pengelolaan infrastruktur IT yang masih dilakukan secara tradisional. Dengan begitu, kami dapat fokus menghadirkan lebih banyak values dalam produk pelayanan kesehatan digital," demikian ditandaskan VP IT Pertamedika IHC Dedy Wijanarko

Komentar Berita

Industri Hari Ini

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.