Pemerintah Terbitkan Sukuk Wakaf Ritel SWR002, Kemenkeu: Hasil Investasi Bakal Digunakan Membantu Ekonomi Umat

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 09 April 2021 - 19:49 WIB

Ilustrasi Beli Sukuk Ritel
Ilustrasi Beli Sukuk Ritel

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah kembali menerbitkan penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR002. Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 9 April-3 Juni 2021. 

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman, penerbitan CWLS ini merupakan komitmen Pemerintah untuk mendukung Gerakan Wakaf Nasional, membantu pengembangan investasi sosial, dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

Selain itu, CWLS merupakan upaya Pemerintah mendorong diversifikasi bisnis perbankan syariah melalui optimalisasi peran perbankan syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU). 

Hal ini dikarenakan melalui CWLS, perbankan syariah mendapat kesempatan memperoleh nasabah baru.

Kehadiran CWLS diharapkan juga dapat membantu memfasilitasi pewakaf untuk dapat menempatkan wakaf uangnya pada instrumen investasi yang aman dan produktif. 

“Penerbitan perdana CWLS dilakukan secara private placement pada Bulan Maret 2020 dan menghasilkan nilai nominal sebesar Rp50,8 miliar,” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman pada Launching CWLS seri SWR002, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Jumat (09/04).

Menurutnya, hasil investasi ini akan disalurkan Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai nazir untuk digunakan membantu ekonomi umat. 

"Antara lain, renovasi dan pembelian alat kesehatan di retina center Rumah Sakit Achmad Wardi, pelayanan operasi katarak gratis bagi kaum dhuafa dengan target 2500 pasien, dan pengadaan mobil ambulance," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BWI, Imam Teguh Saptono menyatakan pihaknya mendukung penerbitan CWLS ini.

“Dalam konteks menjaga nilai pokoknya, Pemerintah hadir sebagai wujud komitmen dan keterlibatannya untuk mengembangkan perwakafan dalam arti khusus dan ekonomi syariah dalam arti luas. Karena dengan adanya instrumen ini, maka nazir akan mendapatkan alternatif yang mudah dan imbal hasil yang kompetitif dengan risiko yang sangat rendah bahkan zero risk,” paparnya.

Untuk CWLS seri SWR002, nazir telah menyusun program kegiatan. Di bidang pendidikan, seperti program beasiswa dan bantuan kepada guru ngaji yang terdampak COVID-19. 

Di bidang kesehatan, seperti pengadaan mobile screening retina dan katarak untuk ditempatkan di seluruh puskesmas di Provinsi Banten. Di bidang ekonomi, dengan mendorong atau membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

"Kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi dari seluruh pihak sangat diharapkan untuk mewujudkan pengembangan wakaf. Kementerian Keuangan siap bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pengembangan wakaf produktif," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Menbanpur 1 Mar Berbuka 650 Takjil Sebagai Berkah Ramadhan

Dalam rangka berbagi kebaikan dalam Bulan Ramadhan ini, Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) membagikan takjil dan hidangan nasi kotak untuk berbuka puasa kepada Yayasan…

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.