Sirkuit Road Race Padalarang Dukung Sport Automotive Tourism Bandung Barat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 April 2021 - 14:00 WIB

Sirkuit Road Race Padalarang (Dok JabarNews)
Sirkuit Road Race Padalarang (Dok JabarNews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo mendukung rencana Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bekerjasama dengan IMI membuat sirkuit road race di Padalarang. Memanfaatkan lahan seluas lebih dari dua hektar di kawasan Gunung Bentang, perbatasan Padalarang-Cipatat, posisinya sangat strategis karena berada di dekat akses Tol Padalarang. 

"Terlebih pembangunan sirkuit direncanakan tidak terlalu mengandalkan dana APBD Bandung Barat. Melainkan menggandeng kerjasama dengan para investor. Keberadaan sirkuit road race bisa dimanfaatkan menjadi sarana memindahkan balapan liar ke arena lintasan balap. Sehingga para anak muda di daerah Bandung Barat dan sekitarnya bisa mengembangkan potensi balapan mereka di jalur yang sebenarnya," ujar Bamsoet nge-vlog dan Ngobras (ngobrol Asyik) sampai Ngompol (Ngomong Politik) dengan Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, di Studio Podcast Bamsoet Channel, Jakarta, Selasa (6/4/21) yang akan ditayangkan di Kanal Youtube Bamsoet Channel pekan depan.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, memiliki panorama alam yang indah, Kabupaten Bandung Barat sangat cocok dikembangkan menjadi salah satu kawasan sport automotive tourism di kawasan Jawa Barat. Keberadaan sirkuit road race juga semakin memaksimalkan potensi pariwisata di Bandung Barat. 

"Membangun sirkuit road race tidak semata membangun infrastruktur fisik saja. Melainkan juga membangun ekosistem dunia balap, dan yang terpenting membangun mental juara," jelas Bamsoet. 

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menekankan, komposisi demografi penduduk Bandung Barat yang 30 persennya diisi kalangan muda, sangat menjanjikan untuk pengembangan olahraga balap. Begitupun bagi Indonesia, yang saat ini memiliki jumlah pemuda berusia 16 sampai 30 tahun mencapai 64,5 juta jiwa. 

"Jika diperluas lagi, Indonesia kini memiliki 75,49 juta jiwa Generasi Z kelahiran 1997-2012 yang kini berusia 8-23 tahun. Mereka adalah harapan emas Indonesia. Dengan usia mudanya, bisa berkontribusi banyak bagi bangsa, termasuk bagi olahraga balap. Tugas kitalah para senior untuk memfasilitasi, salah satunya dengan menyiapkan sarana dan prasarana seperti pembangunan sirkuit," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:38 WIB

Sambut Babak Baru Dunia Bisnis, Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Universitas Prasetiya Mulya melepaskan 1.022 lulusan terbaiknya dengan menggemakan “Pemupukan Persepsi Sains yang Positif dan Pemajuan Bisnis Berbasis STEM di Indonesia”

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:30 WIB

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, kegiatan Polwan peduli erupsi Gunung Semeru ini dipimpin oleh Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Apriastini Baktibugiansri selaku…

Royal Malewane, Afrika Selatan

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:25 WIB

Gegara Omicron, Sektor Pariwisata dan Safari di Afrika Selatan Mengalami Kekacauan

Setelah varian terbaru dari Covid-19, Omicron ditemukan di Afrika, semua negara di seluruh dunia mulai memberlakukan pembatasan perjalanan di Afrika Selatan. Larangan perjalanan baru-baru ini…

Ilustrasi turbin

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:20 WIB

Energi Terbarukan dan Tenaga Gas Dinilai Jadi Kombinasi yang Sesuai untuk Dorong Transisi Energi Indonesia

Teknologi energi terbarukan dan energi yang lebih bersih, termasuk turbin gas berbahan bakar hidrogen, akan menjadi pendorong utama pertumbuhan pembangkit listrik yang berkelanjutan dalam waktu…

Bencana Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:02 WIB

3697 Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Lumajang

Penanganan darurat paska awan panas guguran Gunung Semeru masih berlangsung pada hari keempat. Bencana letusan tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga…