Dahsyat, Bukan Kaleng-kaleng! AMNT Berhasil Peroleh Kuota Ekspor Tembaga Baru Capai 579.444 WMT

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 02 April 2021 - 14:05 WIB

Tambang AMNT
Tambang AMNT

INDUSTRY co.id - Jakarta, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) mendapatkan Surat Perpanjangan Ekspor (SPE) baru untuk periode satu tahun ke depan. 

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Rabu, 31 Maret 2021, Kementerian Perdagangan memberikan persetujuan kuota ekspor konsentrat tembaga kepada AMNT sampai dengan tahun 2022 sebesar 579.444 Wet Metric Ton (WMT). 

Asal tau saja, kuota ini lebih tinggi dibandingkan kuota ekspor pada tahun 2020 yang diperoleh perseroan sebesar 373.626 WMT.

Menurut Presiden Direktur AMNT Rachmat Makkasau, hal ini mengindikasikan produktivitas perusahaan yang lebih baik pada tahun 2021.

Selain itu, Ia juga menyatakan kuota ekspor tersebut sesuai dengan pengajuan yang disampaikan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) AMNT tahun 2021. 

“Kami mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah mengeluarkan rekomendasi dan Kementerian Perdagangan yang mengeluarkan perpanjangan, sehingga kami dapat melakukan ekspor yang membawa kontribusi bagi ekonomi nasional, khususnya di masa pandemi COVID-19,” jelas Rachmat kepada redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (2/4/2021).

Rekomendasi tersebut diperoleh AMNT karena telah mencapai kemajuan fisik pembangunan fasilitas pemurnian konsentrat tembaga (smelter) sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan. 

Dimana target enam bulanan yang dicanangkan telah disesuaikan dengan kapasitas input untuk smelter sebesar 900.000 Tonnes Per Annum (TPA), dari sebelumnya 1.300.000 TPA. 

Penyesuaian kapasitas input untuk smelter yang berlokasi di Otakeris, Kabupaten Sumbawa Barat ini dilakukan dengan pertimbangan rencana jangka panjang produksi perusahaan dan tantangan pembangunan akibat pandemi COVID-19.

“Kami harus meningkatkan protokol pencegahan penyebaran virus dengan membatasi akses keluar masuk area smelter yang berada di wilayah operasional kami. Para mitra bisnis kami juga mengalami pembatasan perjalanan dinas. Namun, kami harus cepat beradaptasi untuk terus dapat mencapai target yang sudah ditetapkan. Ini adalah wujud implementasi visi kami, yaitu menjadi sebuah organisasi yang terus menciptakan warisan terbaik," jelas Rahmat.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan terus berinovasi untuk menjadi lebih produktif dan efisien, karena produksi tembaga dari tambang Batu Hijau akan menjadi persahabatan yang sangat penting perannya untuk mendukung teknologi energi bersih, seperti komponen baterai kendaraan listrik. 

"Ini semua adalah warisan yang akan dinikmati generasi berikutnya,” tandasnya.

Perlu diketahui, Kementerian ESDM telah mengeluarkan Peraturan Menteri No. 17 Tahun 2020, di mana pelaku usaha dapat melakukan penyelesaian terhadap jadwal penyelesaian proyek sampai dengan tahun 2023. 

Kebijakan ini dikeluarkan salah satunya untuk menjawab tantangan akibat COVID-19 bagi para pelaku usaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.

Kementan pantau penjualan daging di Pasar Jelang Lebaran Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:29 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal…